CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed076a710d29512c5340f84/kemampuan-pelajar-cina-dan-singapura-teratas-indonesia-peringkat-6-dari-bawah

Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah

Negara-negara Asia mendominasi peringkat kemampuan pelajar versi OECD. Yang dinilai adalah kemampuan membaca, matematika dan sains para siswa dari 79 negara. Indonesia duduki peringkat 6 dari bawah.

Empat provinsi di Cina, Beijing, Shanghai, Jiangsu dan Zhejiang, menduduki peringkat teratas dalam survei kemampuan pelajar PISA (Programme for International Student Assessment) versi OECD yang hasilnya dirilis di Paris. Ke-empat provinsi itu mencapai skor 555, diikuti oleh Singapura dengan 549, Macao (525) dan Hong Kong (524).
Survei PISA dilakukan Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan OECD setiap tiga tahun di antara 37 negara anggotanya ditambah 42 negara mitra dagang dan ekonomi. Survei terbaru memuat data-data dari tahun 2018.
Jerman menduduki peringkat 20 dengan skor 498. Indonesia hanya mencapai skor 371 dan menduduki peringkat ke-6 terbawah. Peringkat ini didasarkan pada penilaian kemampuan membaca, yang dinilai jadi faktor terpenting.
Survei PISA dilakukan berdasarkan tes dua jam yang melibatkan 600.000 siswa berusia 15 tahun dari negara-negara peserta. Yang diuji adalah kemampuan membaca dan memahami materi yang dibaca, kemampuan matematika dan kemampuan sains.


Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah



Guru berkualitas dan pendidikan yang adil?
"Di banyak negara Asia, pendidikan anak-anak adalah prioritas nomor satu," kata Eric Charbonnier, pakar pendidikan di OECD. "Guru memiliki pelatihan berkualitas tinggi dan ada investasi di sekolah yang mengalami kesulitan," tambahnya.
Dalam kemampuan membaca dan memahami, yang dianggap OECD sebagai indikator utama potensi pendidikan, negara dengan kinerja terbaik adalah negara Baltik kecil Estonia, diikuti oleh Kanada, Finlandia dan Irlandia.
Sedangkan negara-negara Eropa yang lebih besar berada jauh di belakang, Inggris di peringkat 14, Jerman ke-20 dan Prancis ke-23. Amerika Serikat berada di peringkat ke-13.
Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria mengatakan, para siswa dari empat provinsi di Cina telah "mengungguli sebagian besar rekan-rekan mereka dari 78 sistem pendidikan yang berpartisipasi (dalam survei)".
Selain itu, 10 persen siswa yang paling "miskin" secara sosial-ekonomi di empat wilayah ini "juga menunjukkan keterampilan membaca yang lebih baik daripada rata-rata siswa di negara-negara OECD, serta keterampilan yang mirip dengan 10 persen siswa yang paling diuntungkan di beberapa negara ini," katanya dalam konferensi pers di Paris.


masing-masing wilayah luasnya setara dengan negara OECD pada umumnya, meskipun pendapatan mereka jauh di bawah rata-rata OECD.

Status ekonomi sering menentukan kinerja siswa
"Kami juga melihat peningkatan luar biasa di beberapa negara yang kinerjanya jauh di bawah rata-rata OECD, tetapi mereka meningkat sangat cepat," katanya, merujuk pada Albania, Moldova, Peru dan Qatar.
Melihat hasil survei dari negara-negara maju anggota OECD, Angel Gurria menyebut hasilnya "mengecewakan". Di  sebagian besar negara anggota "hampir tidak ada peningkatan dalam kinerja siswa mereka" sejak survei PISA pertama pada tahun 2000.
Bahkan di Jerman, sekalipun menduduki peringkat lumayan baik, skor di ketiga kategori yang diperiksa memburuk dibandingkan angka-angka dari tahun 2015. Namun status ekonomi di Jerman masih sangat menentukan kinerja siswa.
OECD memuji Brasil, Indonesia, Meksiko, Turki dan Uruguay karena telah mendaftarkan lebih banyak anak berusia 15 tahun dalam pendidikan menengah "tanpa mengorbankan kualitas pendidikan yang disediakan".
Angel Gurria mengatakan, sementara beberapa negara telah menunjukkan bahwa latar belakang sosial ekonomi seharusnya tidak menjadi indikator kinerja pendidikan, namun bagi banyak negara, kesetaraan dalam pendidikan belum tercapai.
"Adalah sangat mengecewakan, bahwa di banyak negara kode pos siswa tetap menjadi indikator terpenting mengenai prestasinya," tandasnya.

https://www.dw.com/id/survei-kemampu...20/a-51524700

ya akhi

china diatas amerika?
uda pasti ini bukan PISA
tapi CISA

emoticon-Matabelo 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nasbung.idiot
Halaman 1 dari 7
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 11 balasan
pelacur eh pelajar indonesia kalo buka internet yg di liat cuma video2 ga jelas di grup WA, tik tok'an atau nonton konten2 dangdut atau konten unfaedah di youtube
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dipoaji90 dan 47 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Salah jokowi apa anis
yg kemarin ikut olimpiade fisika ga di itung?

Kemampuan Pelajar: Cina dan Singapura Teratas, Indonesia peringkat 6 dari bawah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurbagusl dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
Lihat 37 balasan
Yang diuji adalah kemampuan membaca dan memahami materi yang dibaca, kemampuan matematika dan kemampuan sains.



Coba bikin parameter yang lain, mungkin hasilnya berbeda emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Salah jokowi apa anies nih emoticon-Wakaka
Banyak yg sombong dengan status China dan meremehkan Kadrun.
Padahal di luar sana banyak Amoy China yg takluk kepada Kadrun.

Quote:
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan jeffm12 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
yg di china yg di tes cuman propinsi gede atau kota maju nya ya jelas kedongkrak jauh nilai2 test pelajarnya. coba yg propinsi kecil dan terbelakang jg di-ikutkan macem prov xinjiang, guangxi, ningxia, guizhou dll pasti hasilnya jauh berbeda
profile-picture
profile-picture
darck91 dan tepsuzot memberi reputasi
Lihat 17 balasan
bentul itu kalau selangkangan mah no 1
jarang jarang kadrun jujur

+62 mah harga otak paling mahal , masih orisinil jarang di pakai

emoticon-Ngakak
profile-picture
diamondchest memberi reputasi
Diubah oleh ThinSkunk
yang penting berpikir kritis tapi tanpa niat jelek. biar kalo udah maju ga jatoh moralnya..... ahh sudahlah.... ane kebanyakan retorika
yg ikut olimpiade fisika bisa di pastiken nama belakangya hartono atau wijaya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gosal1929 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
buset dah peringkat 6 dari bawah...
emng ane akuin sih ane juga pas dlu di sekolah ga pinter...
profile-picture
profile-picture
nurbagusl dan pannotia.server memberi reputasi
Komen kritis cari kesalahan orang... kita paling pinter sedunia bos....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
PISA gak penting, Indonesia yg penting pelajaran agama.
Mau pikiran terbelakang gak pa2, apa2 tinggal doa nunggu mukjizat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hanzkl dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
surveynya ngambil daerah timur pasti, biasalah ortu hobi mabok pasti anaknya pada gak bener
profile-picture
profile-picture
slider88 dan jeffm12 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:



Kalo urusan selangkangan memang kadrun jagonya tetep aja banyak yg jadi kacung cinak pepek aja yg dipikirin mending mikir masa depan biar kagak dikacungin ma cinak

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mr.TunaKarya dan 2 lainnya memberi reputasi
Wah ini....Coba bandingkan tingkat KEIMANAN juga dong...Penentu masuk surga kan IMAN bukan PENDIDIKAN...Lebih penting mana? emoticon-Bingung
Yang kedua KAFIRUN mau seBAIK apapun, seCERDAS apapun tidak akan masuk SURGA...emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Jeffraid
Lihat 1 balasan
tapi sering menang kompetisi sains/matematika dsb.parah jg 6 terbawah.

habis PT indo skr buka jurusan merakit bom dan pendidikan dasar kilafuck sih,dosrn nya langsung dari IPB...emoticon-Betty
Lihat 5 balasan
Coba kriteria materinya diubah jd pelajaran Sejarah, Geografi, Bahasa, dan kemampuan mencatat buku sampai habis, mungkin hasilnya bisa berbeda emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di