CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Beredar Tarif Penerbitan Surat Keterangan Dokter di Klaten, Ini Faktanya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecfb019f4d69557a90cba76/beredar-tarif-penerbitan-surat-keterangan-dokter-di-klaten-ini-faktanya

Beredar Tarif Penerbitan Surat Keterangan Dokter di Klaten, Ini Faktanya

Beredar Tarif Penerbitan Surat Keterangan Dokter di Klaten, Ini Faktanya
Foto: Tangkapan layar edaran tarif surat ketarengan rapid test di RS Klaten (dok. Istimewa)

Klaten - Surat edaran tarif penerbitan surat keterangan dokter dari RSD Bagas Waras Klaten beredar di media sosial. Dalam surat itu tertera sejumlah tarif surat keterangan rapid test dengan harga ratusan ribu. Bagaimana faktanya?

Foto surat edaran tarif surat kesehatan itu diunggah di beberapa akun media sosial Facebook dan Twitter. Di grup ISK- Info Seputar Klaten, akun Diyanto mem-posting edaran dengan kalimat "mohon pencerahan luuur...Niki leres mboten (ini benar atau tidak)" sambil menyertakan foto edaran tarif tersebut.

Unggahan itu mendapatkan 457 komentar dari netizen. Ada yang berkomentar tarif itu sudah wajar, namun ada pula yang menilai tarif tersebut mahal.

Surat tersebut berkop Rumah Sakit Daerah Bagas Waras Kabupaten Klaten. Di bagian bawah kop, tertulis 'Tarif Penerbitan Surat Keterangan Dokter RSD Bagas Waras, Kab. Klaten'.

Kemudian dalam surat itu tertera keterangan rincian tarifnya yakni yang pertama, KIR kesehatan umum. Rinciannya, pendaftaran Rp 8 ribu dan pemeriksaan Poli Umum Rp 18 ribu, sehingga totalnya Rp 26 ribu.

Kedua, Surat Keterangan Rapid Test sebesar Rp 371 ribu. Rinciannya pendaftaran Rp 8 ribu, pemeriksaan dokter spesialis Rp 33 ribu, dan rapid test sebesar Rp 330 ribu.

Ketiga, Surat Keterangan Dokter senilai Rp 531 ribu. Rinciannya pendaftaran Rp 8 ribu, pemeriksaan dokter spesialis Rp 33 ribu, rapid test Rp 330 ribu, pemeriksaan Ro Thorax senilai Rp 100.500, dan pemeriksaan darah lengkap Rp 60.100.

Sementara itu, Koordinator Aliansi Rakyat Anti Korupsi Klaten (ARAKK), Abdul Muslih mengaku sudah mencermati edaran tersebut. Dia pun mempertanyakan dasar hukum tarif tersebut.

"Seharusnya dalam edaran juga dicantumkan dasar hukumnya. Jadi masyarakat tidak bertanya dalam kondisi ini," kata Muslih saat dihubungi detikcom, Kamis (28/5/2020).

Muslih menyebut di masa pandemi Corona ini sebaiknya pihak rumah sakit tidak memasang tarif terlalu tinggi. Sebab, banyak masyarakat yang membutuhkan akses kesehatan namun terkendala biaya.

"Kondisi saat ini, masyarakat terdampak dan terbebani keadaan. Kalaupun itu untuk kepentingan person malah lebih baik jika digratiskan," lanjut Muslih.

Diwawancara terpisah, Direktur Utama RSD Bagas Waras Klaten dokter Limawan Budi Wibowo membenarkan surat edaran itu memang diterbitkan rumah sakitnya. Namun, dia membantah jika tarif dikatakan mahal.

"Itu tarif biasa. Mahal bagaimana to?" kata Limawan saat ditemui detikcom di RSD Bagas Waras Klaten hari ini.

Dia menyebut tarif tersebut sudah termasuk dengan keperluan perjalanan. Dia pun menilai tarif itu termasuk normal.

"Itu tarif yang mandiri dan untuk yang rujukan tidak bayar. Itu untuk orang sehat perjalanan, penerbangan pakai itu dan kalau gratis duitnya siapa?" ujar Limawan.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 2 lainnya memberi reputasi
sudah ku duga
Lihat 1 balasan
Normal aja menurut ane. emoticon-Bingung
itu tarif yang biasa kata Direktur Utama RSD Bagas Waras Klaten
Wemoticon-Big Grin W
Atas nama rakyat, pokoknya kami minta gratis.. !! emoticon-Ngamuk
lah murah itu... emoticon-Wakaka
Ribet amat jd org, klo mahal dan tdk mau bayar ya jgn ke rumah sakit.

Rumah sakit itu hanya ada 1 yaitu rumah sakit pemerintah, yg buat untuk bantu rakyatnya, klo gratis atau rugi itu biasa sj. Rumah sakit swasta itu rumah sakit tambahan yg tujuan pembuataannya untuk bisnis. Klo mau prioritas ya ke rumah sakit swasta. Istilahnya lu klo mau dpt senyum ya bayar. Klo mau antri ya kerumah sakit pemerintah, jgn harap senyum ya, sdh bayar murah malah mau minta fasilitas bagus.
wajar kan rs pungut biaya?
tinggal pilih paket a atau......emoticon-Betty
rapid test mandiri ya emang segitu biayanya, yang aneh apanya?
Gak heran sarang pki & congor banteng emoticon-Ngakak
profile-picture
alisson.13 memberi reputasi
Masa tes laga mau bayar?
Lah ya ada biayanya dong
Apa yg aneh / salah
Rs swasta pasti lebih mahal
Mau gratis dites pake jarum bekas mau?
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
kmrm liat di toped ada kit dari rumah sakit swasta di jakarta juga kira2 segitu harganya
Diubah oleh chisaa
setuju harus ada dasar hukumnya, walikota atau bupati bikin perda mengatur tarif supaya jelas
seperti biaya administrasi di rsud juga selalu ada perda ketika ada penyesuain tarif baru


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di