CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Penawaran Kerjasama & Investasi /
Perbedaan Venture Capital dan Angel Investor
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecfa2008d9b1778a87da29d/perbedaan-venture-capital-dan-angel-investor

Perbedaan Venture Capital dan Angel Investor

Pengertian Venture Capital
Venture Capital adalah modal dalam bentuk uang yang diberikan kepada startup yang potensial dan sedang berkembang. Venture Capital adalah uangnya, dan Venture Capitalist adalah bisnisnya. Venture Capitalist sederhananya, punya proyeksi keuntungan dari kepemilikan yang mereka dapatkan dari perusahaan yang mereka berikan investasi. Mereka sendiri bisa punya uang untuk alokasi investasi startup karena mereka diinvestasi juga dari investor mereka yang biasa disebut Limited Partners. Beberapa perusahaan yang sudah melakukan investasi tersebut seperti Angin dan Indogen Capital yang biasanya adalah para orang-orang super kaya, perusahaan keluarga, dana pensiun, dana mengendap (endowment).

Pengertian Angel investor
Angel Investor merupakan individu dengan kekayaan bersih yang tinggi memberikan dukungan berupa keuangan untuk perusahaan rintisan atau startup kecil atau seorang pengusaha. Seringkali, angel investor ditemukan di antara keluarga dan teman pengusaha. Angel investor berfokus pada membantu startup mengambil langkah pertama mereka, daripada keuntungan yang mungkin mereka dapatkan dari bisnis. Pada dasarnya, angel investor adalah kebalikan dari pemodal ventura. Sebutan untuk angel investor ada beraneka macam, antara lain investor informal, penyandang dana malaikat, investor swasta, investor benih, atau malaikat bisnis. Beberapa malaikat bisnis baik secara aktif berpartisipasi dalam bisnis mereka menyuntikkan uang mereka sementara beberapa hanya menyediakan uang. Ada sejumlah besar investor malaikat yang memberikan uang kepada startup dengan cara crowdfunding.

Jenis Bisnis Venture Capital
Para pemilik modal di venture capital selalu mengawasi startup-startup yang sedang tumbuh dan memiliki risiko tinggi, seperti startup aplikasi dan software. Jenis lain yang masih masuk dalam radar VC adalah startup dengan manajemen kuat yang menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan di pasar dan berpotensi untuk memberikan keuntungan yang besar.

Jenis Bisnis Angel investor
Tidak seperti venture capital yang cenderung memilih-milih jenis bisnis untuk didanai, angel investor terbuka untuk semua jenis bisnis. Bahkan membuka kemungkinan untuk bisnis yang sudah berjalan beberapa tahun. Angel investor biasanya berisi orang-orang dengan berbagai profesi seperti dokter, pengacara, pengusaha yang ingin menginvestasikan uangnya ke startup yang membutuhkan suntikan dana.

Modal Bisnis Venture Capital
VC menawarkan modal yang cukup tinggi. VC dapat memberikan investasi hingga jutaan dolar ke dalam sebuah startup.

Modal Bisnis Angel investor
Angel investor memiliki batasan jumlah modal yang dapat disuntikkan. Angel investor memiliki batasan antara USD 25.00 hingga USD 100.000 per perusahaan.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di