CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Pandangan Ulama Mengenai Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecf7114f4ae2f3cae4b2c2c/pandangan-ulama-mengenai-virus-corona

Pandangan Ulama Mengenai Virus Corona

Apa yang terlintas di benak kalian, saat mendengar kata azab, ujian atau siksaan? Mayoritas akan menjawab bahwa itu semua merupakan balasan atas kesalahan.
Tapi beberapa orang mengemukakan pendapat, bahwa virus Corona merupakan tentara-tentara Allah Swt yang diturunkan untuk mengazab atau menguji atau menyiksa orang-orang di dunia ini.
Lalu apa pandangan para ulama mengenai pendapat itu?

Ditayangkan pada channel YouTube Najwa Shihab bahwa Prof Dr. H. Muhammad Quraish Shihab Lc., M.A. berkata

"Abi lebih senang untuk menyatakan bahwa ini adalah bencana yang merupakan ujian dan peringatan dari Allah untuk umat manusia, yang dewasa ini seringkali angkuh dan merasa diri mampu melakukan segala sesuatu. Memang, di dalam Al-Quran surat Al-Anfal Allah berfirman,

وَٱتقُوا۟ فِتْنَةً لا تُصِيبَن ٱلذِينَ ظَلَمُوا۟ مِنكُمْ خَآصةً ۖ

Wattaqụ fitnatal lā tuṣībannallażīna ẓalamụ mingkum khāṣṣah.

Hati-hatilah, datangnya suatu becana, ujian, yang bisa menimpa bukan hanya orang-orang durhaka dan zalim di antara kamu. Jadi bencana ini berupa ujian.
Memang kita harus sadar bahwa orang-orang yang tidak bersalah, orang-orang yang dekat kepada Allah Swt, yang wafat karena bencana ini, itu akan mendapat nikmat dan ganjaran dari Allah Swt. Di dalam hadits nabi menyatakan bahwa mereka yang wafat karena tha'un, suatu penyakit yang mewabah pada masa nabi, atau sahabat-sahabat nabi, mereka yang wafat itu, dinilai sebagai syahid. Tentu saja syahidnya tidak sama dengan mereka yang gugur dalam peperangan membela kebenaran. Tapi syahidnya ini, dinamai syahdul akhirah. Jadi, mereka tetap dimandikan, disalatkan, dikafankan. Berbeda dengan yang gugur di jalan Allah, tidak dikafankan, tidak dimandikan dan seterusnya. Tetapi, ganjaran yang diperoleh dari Allah Swt karena kematian akibat virus corona ini, itu serupa dengan ganjaran orang-orang yang meninggal di medan perang. Ya, selanjutnya kita bisa berkata begini, bahwa virus corona itu sebenarnya dapat juga dinamai sebagai setan-setan. Karena itu Abi tidak sependapat dengan mereka yang menamai virus corona itu sebagai tentara-tentara Allah Swt. Di dalam Al-Quran dan di dalam hadits-hadits nabi, kita menemukan bahwa penyakit diakibatkan oleh setan. Mari kita baca ayat Al-Quran yang bercerita tentang Nabi Ayyub dan menayatakan "massaniyasy-syaithaanu binushbin wa 'adzaab(in)," setan telah menimpa aku dengan penyakit yang melelahkan dan menyiksa. Dia namai penyakit itu disebabkan oleh setan atau dengan kata lain virus-virus. Nabi juga mengisyaratkan bahwa virus-virus tha'un itu adalah ulah setan, ulah jin dan kita ketahui bahwa jin adalah sesuatu yang bersembunyi, salah satu di antaranya adalah virus-virus itu. Demikian banyak ulama mengartikan makna jin. Dan karena itu, kalau dia setan kita harus musuhi, kita harus hindari dan kita harus perangi." Ujar beliau.

emoticon-Jempol

Apa yang telah disampaikan Abi Quraish Shihab sebaiknya kita tidak sembarang berspekulasi tentang virus ini.

Sekian thread singkat dari saya, semoga bermanfaat, barakallahu.

Pandangan Ulama Mengenai Virus Corona
Pandangan Ulama Mengenai Virus Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DikiRamadhan14
tuh gan dengerin kata Abi Quraish
yuk baca :')
Kalo kata kadrun,
Quraish Shihab adalah Syiah.
emoticon-Ngakak
profile-picture
DikiRamadhan14 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Begitu menyejukkan hati jika prof Quraish Shihab sudah berbagi ilmunya kepada kita, rasanya selalu damai yang muncul di hati.
profile-picture
DikiRamadhan14 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di