CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Bosnya Bos Lab Wuhan yang Kontroversial Akhirnya Bicara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecf49e688b3cb0a5f70d76a/bosnya-bos-lab-wuhan-yang-kontroversial-akhirnya-bicara

Bosnya Bos Lab Wuhan yang Kontroversial Akhirnya Bicara

Bosnya Bos Lab Wuhan yang Kontroversial Akhirnya Bicara

Lab Wuhan yang kontroversial, identik dengan Profesor Shi 'Batwoman' Zhengli. Namun ada yang lebih bos dari dia, dan akhirnya buka suara soal virus Corona.

Orang ini adalah Direktur Wuhan Institute of Virology, Wang Yanyi. Dia lebih tinggi lagi jabatannya dari Shi Zhengli yang merupakan direktur departemen, bukan direktur institutnya secara keseluruhan.

Selama ini Shi Zhengli yang bicara dimana-mana. Shi Zhengli juga yang diincar oleh Pemerintah Amerika. Ini lantaran penelitian virus kelelawar memang menjadi tanggung jawab Zhengli.

Zhengli dianggap tahu soal virus Corona. Namun dia sudah beberapa kali membantah virusnya bocor dari laboratorium. Kini giliran Wang Yanyi yang sama-sama perempuan, buka suara kepada media di China.

"Cerita virus Corona berasal dari Wuhan Institute of Virology adalah rekayasa. Lembaga kami tidak tahu, meneliti atau menyimpan virus ini sebelumnya," kata Yanyi dilansir News.com Australia yang dilihat Kamis (28/5/2020).

Yanyi mengatakan pihaknya baru diberi sampel 30 Desember 2019. Setelah diteliti barulah mereka mengatakan ini adalah virus Corona baru.

"Faktanya, seperti orang lain, kami tidak tahu keberadaan virus ini. Bagaimana bisa dibilang ini bocor dari lab kalau kita tidak pernah punya?" kata dia.

Pemerintah AS sebelumnya selalu menuduh Lab Wuhan sebagai sumber kebocoran virus Corona. Sementara Zhengli mengatakan COVID-19 beda sekuens genetik dengan sampel yang ada di lab.

"Riset mereka (tim Shi Zhengli) adalah melacak sumber SARS. Genome SARS-CoV-2 cuma 80 persen sama dengan SARS. Jadi jelas berbeda," kata Yanyi.

Yanyi menegaskan pihaknya yakin virus Corona berasal dari hewan liar. Tapi mereka belum tahu virus apa saja yang bisa dibawa hewan liar di seluruh dunia dan dimana saja yang mirip dengan virus SARS-CoV-2.

"Masalah melacak asal virus adalah pertanyaan ilmiah yang butuh ilmuwan untuk menilainya berdasarkan fakta dan data ilmiah," pungkasnya.

Kebanyakan ilmuwan mengatakan COVID-19 yang sudah menulari 5,3 juta orang dan membunuh sekitar 342 ribu orang ini ditularkan dari kelelawar kepada manusia dengan perantara hewan yang dijual di pasar Wuhan.
detik.com

Akhirnya ngemeng juga


Peringatan Bos Lab Wuhan: COVID-19 Hanya Puncak Gunung Es

Bosnya Bos Lab Wuhan yang Kontroversial Akhirnya Bicara

Direktur Center for Emerging Infectious Diseases di Wuhan Institute of Virology (WIV), Shi Zhengli, tampil dalam siaran televisi China setelah tidak muncul beberapa lama. Ia membahas soal COVID-19 sekaligus memberi peringatan.

COVID-19 yang ia sebut menular dari hewan hanyalah puncak dari gunung es. Artinya, ada kemungkinan wabah serupa bakal terjadi di masa depan jika kita tidak waspada. Maka, virus di alam liar harus terus dipelajari.

"Jika kita ingin melindungi manusia dari virus-virus atau mencegah wabah kedua dari penyakit menular baru, kita harus mempelajari virus tak dikenal yang dibawa hewan liar di alam dan memberikan peringatan dini," tegasnya.

"Virus tersebut eksis di alam apakah Anda mengakuinya tau tidak. Jika kita tidak mempelajarinya, ada kemungkinan munculnya wabah lain dan kita tidak akan tahu," imbuh Shi.

Shi dan laboratorium Wuhan jadi sasaran teori konspirasi bahwa COVID-19 dibuat atau bocor dari sana. Memang, laboratorium tersebut sering meneliti virus Corona dan Shi sendiri dijuluki sebagai bat woman lantaran sering meneliti virus pada kelelawar.

Soal itu, Shi membela diri bahwa pekerjaan mereka di lab berkontribusi besar dalam mengidentifikasi virus baru sekaligus mengantisipasi wabah masa depan. Contohnya setelah kasus pertama COVID-19 muncul di Wuhan, mereka langsung dapat memahami penyebabnya.

Setelah sampel didapat pada 30 Desember, tim Zhengli meyakini biangnya adalah jenis baru virus Corona. Pengalaman mereka selama 15 tahun berguna untuk kejadian semacam itu.

"Contohnya, metode deteksi antibodi dan nucleic acid kami, dan teknologi isolasi virus, membutuhkan waktu eksplorasi lama tapi membuat kami mampu mengidentifikasi patogen saat kami sudah punya sampelnya," papar dia.

Shi sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun di laboratorium itu meneliti virus corona dari kelelawar. Setelah meneliti gua kelelawar untuk mencari sampel, Shi dan timnya berhasil mengidentifikasi asal muasal virus SARS yang mewabah di China dari tahun 2002 sampai 2003.

Mengenai tudingan COVID-19 ada sangkut pautnya dengan laboratoriumnya, Shi sudah beberapa kali melontarkan bantahan. Kini pun, dia menyesalkan munculnya teori tersebut dan menilainya sebagai politisasi.

Dia berharap dunia internasional bersatu untuk menghadapi virus semacam ini dan memperoleh manfaat bersama. "Pekerjaan di lab, mengumpulkan sampel dan membuat model peringatan dini membutuhkan ilmuwan dari bidang berbeda dan pengalaman berbeda," cetusnya.

"Satu tim kecil tidak bisa melakukan hal ini sendirian," tambahnya, seperti dikutip detikINET dari South China Morning Post.

detik.com

emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
Halaman 1 dari 6
Bosnya Bos Lab Wuhan yang Kontroversial Akhirnya Bicara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aguswahyu86 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
Lihat 5 balasan
memang harus diusut asal mula corona itu
biar china tidak lagi dijadikan kambing hitam oleh amerika

amerika juga harus jujur pada dunia
kenapa bio-lab militer AS Fort Detrick ditutup bulan agustus 2019
kenapa begitu byk warga AS yg tewas akibat vape di bulan september 2019
apa korban vape itu menderita virus corona
amerika adalah negara dgn jumlah terbesar no 1 di dunia yg terjangkit corona virus
kemungkinan besar,bisa jadi asal mula corona itu di amerika
china cuma dijadikan kambing hitam oleh amerika


dulu irak dituding punya senjata pemusnah massal oleh amerika
amerika langsung minta bantuan sekutu2 untuk keroyok serang hancurkan irak

sekarang china dituding yg buat virus corona oleh amerika
kenapa sampai sekarang amerika tak berani serang china
sana amerika minta bantuan sekutu2 untuk keroyok serang hancurkan china
kalau amerika tak berani ...pertanda china memang tak ada buat virus corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarutama44 dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Akong.Jiugui
Lihat 7 balasan
Bosnya Bos Lab Wuhan yang Kontroversial Akhirnya Bicara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NCovid19 dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Bosnya Bos Lab Wuhan yang Kontroversial Akhirnya Bicara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RadeonHD4670 dan 15 lainnya memberi reputasi
dia mah bukan bos lab wuhan, salah satu scientist saja

bos nya lab wuhan adalah orang-orang partai komunis cinak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NCovid19 dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
gimana kalo lu pada makan yang normal normal aja
nasi asli, telur asli, jangan makan yang aneh aneh kayak salamander, megalodon, atau ular sendok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
plavixactos dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Makanya stop makan dan pliara hewan liar. Yg liar biarkan di hutan, jangan diganggu, apalagi dimakan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
China adalah korban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bebeb48 dan 22 lainnya memberi reputasi
makan itu yang wajar saja. Yang sudah pasti aman dimakan. Jangan serakah, jangan nggragas, segala nya mau dimakan. Semua penyakit kebanyakan datang dari makanan. Kalau kelelawar dan hewan liat kagak dimakan kan aman .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Hampir sinkron nih ya dg hasil wawancara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DeVilZo1 dan 2 lainnya memberi reputasi
maybe you can start by stop eating disgusting animals.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
goKiL amat meme d pos thread k 3.. presiden xi.. seperti ksih bumbu masaKan gtu y.. huahua..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NCovid19 dan 2 lainnya memberi reputasi
teryata kerusakan umat manusiadi dunia bukan oleh isis..ternyata dari ras kulit putih n cina....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.rio04 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Jangan makan hewan liar.
Jangan makan lives stock dari hasil transgenik.
Makan sayuran alami aja.
Btw kalau ikan ikan dilaut itu liar atau bukan???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saya.kira dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 19 balasan
profile-picture
joki.ngepot memberi reputasi
uwooogh 😱😱😱😱
Kerusakan disebabkan ulah manusia itu sendiri
Akhirnya bicara juga ya.
Lihat 3 balasan
si biang kerok
profile-picture
NCovid19 memberi reputasi
yg penting skrg adalah mencegah penyebaran, dari siapa atau apa virus ini gak terlalu penting bagi masyarakat awam,
Sibuk berdebat soal darimana asal virus ini justru memperkeruh keadaan
profile-picture
profile-picture
NCovid19 dan 01am memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di