CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Setuju atau Tidak, Tahun Ajaran Baru Ditunda?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecf3c6ba72768578f1966ed/setuju-atau-tidak-tahun-ajaran-baru-ditunda

Setuju atau Tidak, Tahun Ajaran Baru Ditunda?

Memasuki bulan mei, Juni, dan Juli, biasanya para orang tua disibukkan dengan mengurus anak-anak yang akan masuk (pendaftaran) sekolah. Tak terkecuali ane nih gan, beberapa minggu ini pun sudah mondar-mandir cari info akan pendaftaran sekolah, maklum anak sulung sudah akan menginjak Sekolah Dasar (SD).

Setuju atau Tidak, Tahun Ajaran Baru Ditunda?
Sumber gambar Kompas


Namun sekarang ini lagi ramai petisi kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim viral di berbagai platform media sosial hingga aplikasi perpesanan WhatsApp. Menyalin pemberitaan di CNBC Indonesia, dari laman change.org, seorang ibu bernama Hana Handoko meminta Nadiem agar pembukaan tahun ajaran baru ditunda selama pandemi Covid-19.

"Pengalaman adalah guru berharga, jika kita bisa belajar dari negara lain bahwa ternyata tidak aman untuk membuka kembali lingkungan sekolah ditengah pandemi Covid-19, alangkah baik dan bijaksana, jika pemerintah, khususnya menteri pendidikan, berpikir sebijaksana mungkin tentang dibukanya kembali tahun ajaran baru," tulis petisi itu seperti dikutip cnbcindonesia.com, Kamis (28/5/2020).

Petisi itu juga menulis, meski sekolah dibuka dengan protokol new normal, namun penularan Covid-19 secara masif juga masih menghantui. Nadiem diminta mengambil pelajaran dari Prancis atau Finlandia dimana setelah sekolah-sekolah di dibuka, anak-anak banyak yang terpapar Covid-19.

Sampai berita tersebut dipublikasikan, petisi itu sudah ditandatangai oleh 16.370 orang dari target 25.000 orang.
Quote:


Yuk obrolin di mari, atau agan sista yang punya adik, anak, atau saudara masih sekolah.. dan mau berbagi opini kalian, Cusss bisa komentar di bawah ini.

Polling

Poll ini sudah ditutup - 122 Suara

Tahun Ajaran Baru Ditunda, Agan Gimana? 
Tahun Ajaran Baru Ditunda, Agan Gimana? 
70.49%
Setuju
29.51%
Tidak Setuju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh whitehats
Halaman 1 dari 7
kalo mnrt ane si mending sekolah sama kampus emg ntr dulu aja siii. ga ada salahnya jg kok mundurin bentar. seengganya sampe udh agak mendingan aja. jangan sampe ngorbanin banyak nyawa anak anak emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
petisinya sudah banyak yg menandatangani. keputusan final ada di pihak yg mengambil keputusan. mw di undur atau tetap seperti biasa.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Iya sih gan, apalagi anak ane masih kecil baru mau kelas 1 Sd. Kan masih blom paham caranya jaga diri biar ga kena pirus.
Sejauh ini cuman ane ajarin pakai masker dan cuci tangan,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aprilice dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Agan lain, Mana Suaranya?
profile-picture
profile-picture
ipangperalta dan kakekane.cell memberi reputasi
gimana yaa, kalo belajar di rumah gak efektif banget, apalagi yang di plosok itu gimanaa belajarnya kalo daring huft. tapi keadaan juga ga memungkinkan kalo belajar normal
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 7 balasan
lebih baik keselamatan yang utama, ditunda lebih baik. tapi balik lagi yang bikin keputusan pejabat yang berkuasa
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
No.1
Alasan kesehatan,
Udah disebut kaskuser di atas.

No.2
Alasan ekonomi,
Masuk sekolah butuh biaya yang tidak sedikit.
Kondisi sekarang, di mana PHK massal, pemotongan gaji, kehilangan pemasukan, tentu menambah beban rumah tangga.

Tahun ajaran baru diundur sampai pandemi berakhir, setidaknya awal tahun depan, jelas lebih banyak manfaatnya baik secara kesehatan anak-anak maupun ekonomi keluarga.
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh junaedi1982new
Lihat 6 balasan
kalau ditunda kmungkinan ngaruh ke faktor umur...
profile-picture
profile-picture
dieq41. dan kakekane.cell memberi reputasi
Sesuaikan dengan:

situasi
kondisi
toleransi
pandangan
jangkauan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mangazatria dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tunda sampai kapan?
Pandemi saja belum jelas kapan selesai.
profile-picture
profile-picture
dieq41. dan kakekane.cell memberi reputasi
Yep, ide yg bagus menurut ane, cmn apakah emang hal yg bener buat menunda sekolah itu ?

Pertimbangan lainnya itu waktu, dengan diundur otomatis periode pembelajaran jadi bergeser dan waktu kelulusan siswa juga bergeser.

Pertimbangan selanjutnya adalah momentum, apakah dengan menunda sekian waktu, siswa akan tetap belajar di rumah untuk menghindari lupanya materi materi yg telah diajarkan, libur semester aja kadang siswa dah lupa pelajaran materi sebelumnya, gmn ini hrs ditunda ?

Pertimbangan lainnya, apakah tidak ada alternatif lain selain menunda tahun ajaran baru ? Entah mencari cara mengajar yg baru, mengurangi biaya sekolah, ato apalah asal tidak mengorbankan kualitas pendidikan generasi sekarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aprilice dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 23hocuspocus
Lihat 4 balasan
Ane nga setuju gan soalnya mungkin saja menyebabkan penyebaran corona semakin ganas 😪 apalagi ntar kalo yang kena anak² sekolah kan kasian juga 🙏
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
setuju, ditunda dulu, kasihan anak anak, masih banyak kasus positif dan belum turun drastis.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tunda dulu sajalah ya sepertinya untuk saat ini sepertinya situasi masih belum aman kalau mau new normal takutnya malah nanti kasus positif makin meningkat emoticon-Cape d...
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
menurut ane si gimana ya, tunda baik dr kesehatan, tp anak2 lama di rumah juga malah pada main jadinya gada kegiatan
profile-picture
profile-picture
aprilice dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bingung juga sih mau ngomong gimana, disatu sisi angka penyebaran di Indonesia belum menunjukkan tanda penurunan, tapi di sisi yang lain anak-anak yang gak sekolah malah pada main semua, mana juga gak pakai masker atau apa gitu emoticon-Frown ini kejadian di daerah ane malah anak-anak sekarang sibuk mainan burung dara emoticon-Frown dikasih tugas sama guru, tapi kayaknya nggak dikerjain dah emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aprilice dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tahun ajaran baru ditunda gak papa lah.. daripada kenapa2 tu anaknya kan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Industri pendidikan dan bimbel bakal banyak yg mati. Begitu juga sekolah swasta yg nanggung. Ortu bakal ogah bayar banyak kalo ketemu cuma zoomemoticon-Embarrassment
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 5 balasan
kalau ditunda ke januari bakalan jadi pengangguran dong 6 bulan ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Demi keselamaat bersama setuju bray, asal setelah masuk buat bagaimana supaya siswa cepat beradaptasi apabila om nadiem punya kurikulum baru emoticon-2 Jempol
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di