CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hak Perempuan: Dalih Pamungkas Bernama Syariah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecf2a44a7276870354cf913/hak-perempuan-dalih-pamungkas-bernama-syariah

Hak Perempuan: Dalih Pamungkas Bernama Syariah

Reformasi hukum demi melindungi perempuan di negara muslim sering dijegal dengan alasan Syariah Islam. Namun politisasi agama demi merawat tradisi patriarkat itu kian ditolak, termasuk dari kalangan ulama Fiqh. 

Nasib perempuan di Mauritania adalah sederet panjang tanda tanya. Ketika pemerintah mengusulkan rancangan legislasi perlindungan perempuan, untuk kesekian kali parlemen menolak mengesahkannya. 
Padahal RUU tersebut bisa membantu “mengikis prasangka dan sikap diskriminatif terhadap perempuan dan remaja putri,“ begitu bunyi salah satu bagian naskah yang disusun pemerintah.  
Pengesahan UU Perlindungan Perempuan termasuk dimotori oleh Menteri Kehakiman Haimouda Ould Ramdane yang menyebut tindak kekerasan terhadap perempuan sebagai “kejahatan.“ Menurut naskah RUU tersebut, korban pelecehan seksual kelak bisa mendakwa pelaku di pengadilan. 
Pada 2018 silam pemerintah gagal meyakinkan parlemen buat meloloskan legislasi tersebut. Kelompok oposisi mengritik kesetaraan hak bagi perempuan bertentangan dengan Syariah Islam. Kini pemerintah menyusun rancangan baru untuk melunakkan sikap partai-partai konservatif. 

Kontroversi seputar hak perempuan di bawah bayang-bayang Fiqh Islam juga terjadi di negara muslim lain. Di Indonesia misalnya, Undang-undang Penghapusan Tindak Kekerasan terhadap Perempuan (RUU-PKS) dituduh melegalkan zina.  
Padahal cekcok ideologi seperti itu diyakini akan kian menyudutkan perempuan. Akibatnya legislasi yang awalnya diniatkan untuk membantu, malah justru berdampak sebaliknya. 

Lobi politik dari langit 
Diskursus seputar hak perempuan banyak dicampuri oleh “lobi agama” yang berusaha menggalang dukungan politik, keluh Saad Eddin al-Hilali, Guru Besar Perbandingan Hukum di Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir. 
Termasuk ke dalam “lobi agama“ adalah “ulama tua yang muncul di media untuk mempengaruhi opini publik, tanpa mengindahkan mereka yang berpandangan lain dan terlepas dari apakah pendapat mereka sejalan dengan ajaran agama atau tidak,“ kata dia. 
Dengan kata lain, kaum oposan menggunakan Syariah Islam sebagai alat untuk meredam upaya memperkuat hak perempuan. Siapapun yang menentang akan mudah terseret ke dalam tuduhan melawan perintah Tuhan. 

“Seakan pendapatnya datang dari Allah“ 
Al-Hilali geram menyimak lobi kaum konservatif. “Kita harus mencegah, bahwa setiap individu bisa berlaku seakan-akan pendapatnya langsung datang dari Allah,“ tukas dia. 
“Pada dasarnya setiap fatwa Fiqh bisa mengandung kebenaran atau kekeliruan, bahkan jika ia dikeluarkan oleh level tertinggi sekalipun.“ 


Mauritania termasuk negara yang marak praktik sunat perempuan. Namun legislasi yang dibuat untuk melindungi perempuan berulangkali dijegal partai-partai konservatif di parlemen.

Hal serupa diungkapkan Marwa Sharafeldin. Menurut guru besar ilmu hukum di Universitas Harvard itu, praktik menggunakan dalih “bertentangan dengan ajaran agama“ buat menolak sebuah undang-undang yang melindungi perempuan, tidak bisa diterima. 
Tuduhan ini hanya memperkuat pandangan Islamofobia, bahwa Islam ikut mendukung kekerasan terhadap perempuan. Terkadang ada yang sengaja memicu bimbang antara legislasi hukum dan agama untuk mencapai sasaran politik lain, kata Sharafeldin. 
“Dengan cara itu sejumlah perwakilan Islam Politik berusaha mencari untung di atas nasib perempuan.“ 

Minimnya perlindungan hukum 
Proses legislasi yang terlunta-lunta turut memicu dampak negatif pada nasib perempuan. Di Mauritania misalnya, konstitusi belum mendefinisikan atau mengkriminalisasi kekerasan seksual secara layak, tulis organisasi HAM Human Rights Watch dalam sebuah studinya. 
Dan karena hukum pidana tidak mendefinisikan secara gamblang praktik pemerkosaan atau serangan seksual lain, justru korban sendiri yang sering mendapati diri menjadi kejaran aparat.    
“Jika perempuan tidak mampu meyakinkan lembaga kehakiman, bahwa hubungan seksual tidak dilakukan secara sukarela, maka si pendakwa bisa berubah menjadi yang terdakwa,” tulis HRW. 
Pun di Mesir perdebatan tentang hak perempuan berulangkali meruak di gedung parlemen. Sejak beberapa bulan terakhir wakil rakyat di Kairo sudah membahas rancangan Undang-undang Pencatatan Sipil. Terutama partai-partai konservatif menuduh RUU tersebut lebih mengutamakan perempuan ketimbang laki-laki, sesuatu yang dianggap bertentangan dengan agama dan tradisi. 

Oleh Azza Soliman, aktivis HAM dan pendiri LSM “Pusat Bantuan Hukum Perempuan Mesir,” praktik mencampurkan agama dalam pembahasan hak sipil perempuan dianggap tidak bermanfaat, “kalau saya melibatkan diri dalam pembahasan itu, saya kan tidak melakukannya atas dasar Syariah,” kata dia kepada DW, “melainkan merujuk pada penderitaan perempuan.” 

Menurutnya defisit perundang-undangan berdampak secara langsung terhadap kehidupan perempuan. “Undang-undang Pernikahan misalnya mengakibatkan proses perceraian memakan waktu bertahun-tahun. Hal serupa terjadi dalam proses hukum yang melibatkan hak perempuan, kebebasan menggunakan uang atau hak menjenguk anak setelah perceraian.” 
Terutama proses persidangan kekerasan terhadap perempuan berlangsung terlalu lambat, keluh Soliman. 

Dia terutama menyayangkan perilaku politisi konservatif yang hampir selalu menggunakan Syariah Islam sebagai “argumen tandingan“ dalam pembahasan hak perempuan atau keluarga.  
Tradisi kuno seperti konsep “harga diri laki-laki” dan keluarganya seringkali disamarkan dengan jubah agama. “Kalau yang dibahas adalah isu lain seperti ekonomi atau kriminalitas, Syariah kan juga tidak digunakan untuk menolak amandemen perundang-undangan.“ 

https://www.dw.com/id/hak-perempuan-...ah/a-53586265

ya akhi


sungguh memuliakan wanita

emoticon-Matabelo 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 9 lainnya memberi reputasi
Yang sabar ya...


Hak Perempuan: Dalih Pamungkas Bernama Syariah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 6 lainnya memberi reputasi
Hak Perempuan: Dalih Pamungkas Bernama Syariah

Sabar ya ukhti

emoticon-Bedug
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
goreng terus....
dana baru turun....
emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Masih galau tentang lokasi surga. Dibawah telapak kaki atau dibawah pusar wanita.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
camarhitam dan 4 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiketek dan 5 lainnya memberi reputasi
benera loe bonk mau maen isu gender?🤣🤣🤣🤣. kitab loe dorevisi dulu aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ada yg kehabisan kata2 ya gan??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:




menyebarkan kebenaran untuk menyelamatkan wanita dari kezaliman sebuah agama,
tapi digiring oleh buzzersurga seakan demi Rp


kasihan buzzersurga, penyebaran aib agamanya tidak bisa lagi dibendung emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nagerte
hahahaa....
lanjut aja bro...
i'm in silent mode...
emoticon-Malu
profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
profile-picture
entop dan serapionleo memberi reputasi
Lihat 3 balasan
iya ane pernah baca, paham patriarki ini bukan ajaran/paham islam, melainkan adat bangsa timur tengah yang dari jaman jahiliyah yang sampai sekarang masih terbawa dan melekat oleh orang-orang islam timur tengah. jadi itu adat bukan paham islam.
profile-picture
profile-picture
entop dan areszzjay memberi reputasi
Hak Perempuan: Dalih Pamungkas Bernama Syariah



memuliakan wanita?
diperkosa msti ada 4 saksi klo ga ,zinah
cowo bole poligami, cewe ga bole poliandri
warisan anak perempuan cuma setengah anak lelaki
kata junjungan penghuni neraka mayoritas wanita
wanita harus layani suami klo ga dikutuk malaikat
cowo mati dpt 72 bidadari cewe ga dpt 72 bidadara
wanita bole di KDRT selama oleh suami sendiri
wanita bole diperkosa selama itu budak
di arab saudi wanita ga bole kluar sendiri
wanita harus nutupin badannya klo ga seandainya cowo ngaceng salah cewenya bukan salah cowonya ngacengan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiketek dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DomCobbTotem
Lihat 3 balasan
@DomCobbTotem mau lu adek lu poliandri di keroyok 4 laki nanti bapak nya sapa? emoticon-Ngakak emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
entop dan areszzjay memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


entah karena apa para tionghoa anjing ini benci setengah mati dengan Alloh, Islam, dan Muhammademoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
dan ukhti-ukhti Indon mau dijadikan budak...

pada hal ukhti2 indon sudah merdeka..

Emang Calon2 lonthe syurga ukhti2 Indo nih..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 2 lainnya memberi reputasi
Yg anti hak hak wanita... bayangin klo ibu kalian di dzolimi

Tega gak?
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan entop memberi reputasi
Et dah SARA dari taun jebot tapi islam tetap berkibar emoticon-Ngakak

cuma user2 domba di sini yg belakangan ini posting SARA terus...sebegitu ga pede kah pada agama sendiri hingga harus nguat utik agama orang lain?

saya tahu ini bentuk keputus asaan misdionaris kaskus yg gagal bikin orang islam dan rational pefcaya ada tuhan di gebukin kayak maling terus di gantung pake kolor doang di tiang jemuran

wehsus....yahweh yesus....pas yesus di gebukin tuhan pun di amuk massa emoticon-Ngakak
profile-picture
entop memberi reputasi
@ahmad.sarkowi Ga usah di layani terlalu serius bre ...mereka ga pede ama agama mereka sendiri sampe sara melulu

paling2 kerjaan missionaris cari member baru dgn cara jelekin barang member lama emoticon-Ngakak

Gereja mereka kan butuh duit terus dengan cara orang bloon nunduk2 ke patung berkolor di depan altar emoticon-Ngakak emoticon-Traveller

profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nungguin perang caci maki dari para pemabuk agama dan penggila sains
Hak Perempuan: Dalih Pamungkas Bernama Syariah







Perlindungan bar merah emoticon-Bata (S)
profile-picture
entop memberi reputasi
Islam punya aturannya sendiri, mulai dr urusan ibadah sampe urusan wanita semuanya ada di alquran & hadist
profile-picture
entop memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di