CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Golongan Darahmu? Yuk Simak 5 Fakta Menarik Golongan Darah Berikut!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecf22589a972e11355634cc/apa-golongan-darahmu-yuk-simak-5-fakta-menarik-golongan-darah-berikut

Apa Golongan Darahmu? Yuk Simak 5 Fakta Menarik Golongan Darah Berikut!

Apa saja fakta menarik golongan darah yang penting Anda ketahui? Istilah golongan darah adalah salah satu hal yang sudah biasa dan umum di masyarakat.

Setiap orang memiliki tipe golongan darah yang berbeda-beda berdasarkan ada dan tidaknya antigen pada sel darah merah dan plasma darah.

Untuk membedakannya, ada empat golongan darah pada manusia, yaitu golongan darah A, B, O, dan AB.

Nah, berikut ini adalah beberapa fakta yang menarik untuk diketahui seputar golongan darah.
 
5 Fakta Menarik Golongan Darah

Setiap manusia, memiliki darah dalam tubuhnya yang membuatnya tetap bertahan hidup.

Darah ini ternyata dapat dibedakan menjadi beberapa bagian umum, yaitu sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan plasma darah. Setiap bagian ini memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing.
Misalnya saja, sel darah merah memiliki fungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dan sel darah putih menjaga imunitas tubuh dari kuman penyakit.

Uniknya, dalam setiap 600 sel darah merah, hanya terdapat 40 trombosit dan satu sel darah putih.

Selain keunikan tersebut, ada berbagai keunikan lain yang bisa Anda temukan terkait golongan darah.
 
#1 Ada Delapan Golongan Darah Dasar Pada Manusia

Golongan darah pada manusia ditentukan dari protein yang ada pada permukaan sel darah merah. Protein tersebut disebut dengan antigen.

Secara umum, Anda pasti sudah mengetahui bahwa ada empat tipe golongan darah, yaitu golongan darah A, B, O, dan AB.

Tapi, masing-masing golongan darah tersebut juga bisa memiliki rhesus negatif atau positif sehingga terdapat delapan golongan darah secara keseluruhan.
 
#2 Golongan Darah Orang Tua Mempengaruhi Golongan Darah Anak

Golongan darah juga merupakan warisan genetik yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Karena itu, golongan darah orang tua juga akan berpengaruh terhadap golongan darah anak tersebut nantinya.
Meskipun, golongan darah anak bisa jadi tidak persis sama dengan orang tuanya. Namun, golongan darah biasanya merupakan kombinasi dari golongan darah orang tuanya.

Tentu saja kombinasi golongan darah orang tua yang berbeda akan menghasilkan kemungkinan golongan darah anak yang berbeda pula.
 
#3 Golongan Darah AB Negatif Sangat Langka

Dibandingkan dengan golongan darah lainnya, golongan darah AB termasuk golongan darah yang paling langka dan jarang ada di masyarakat, khususnya pemilik golongan darah AB negatif.

Sedangkan golongan darah yang paling sering ditemukan di masyarakat adalah golongan darah O positif. 

Meskipun golongan darah AB termasuk golongan darah yang langka, namun golongan darah AB ternyata memiliki satu keuntungan, yaitu bisa menerima donor darah dari semua golongan darah lainnya atau dengan kata lain disebut sebagai resipien atau penerima universal.

Sedangkan golongan darah O yang paling sering ditemukan disebut sebagai donor universal karena bisa mendonorkan darah ke golongan darah lainnya.

Apa Golongan Darahmu? Yuk Simak 5 Fakta Menarik Golongan Darah Berikut!
 
Akan tetapi, hal ini bisa saja berbeda-beda antar negara dan juga latar belakang etnis di sana.

Misalnya saja untuk daerah Asia cenderung akan lebih mudah menemukan orang dengan golongan darah B. Sedangkan di Amerika Latin, golongan darah O cenderung lebih sering ditemukan.
 
#4 Membantu Mendeteksi Risiko Penyakit

Golongan darah dapat diketahui dengan mendeteksi zat-zat yang ada dalam darah. Zat-zat tersebut bisa berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa digunakan untuk memperkirakan risiko terhadap penyakit tertentu.

Meskipun hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui risiko penyakit sesuai dengan golongan darah Anda.
 
Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah A memiliki risiko kanker perut yang akan lebih tinggi sekitar 20 persen dibandingkan dengan orang dengan golongan darah B atau O.
 
Golongan Darah B

Sementara orang dengan golongan darah B cenderung memiliki risiko penyakit diabetes tipe 2 lebih tinggi 20 persen dibandingkan dengan orang dengan golongan darah O.

Selain itu, orang dengan golongan darah B juga cenderung mudah terkena hipertensi dan penyakit jantung.

Apa Golongan Darahmu? Yuk Simak 5 Fakta Menarik Golongan Darah Berikut!
 
Golongan Darah AB

Bagi Anda yang memiliki golongan darah AB, maka Anda perlu melakukan olahraga secara rutin.

Dengan begitu, sirkulasi oksigen ke otak bisa lebih lancar dan risiko gangguan kognitif pada golongan darah AB bisa dikurangi.
 
Golongan Darah O

Orang dengan golongan darah O memiliki risiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah. Akan tetapi, golongan darah O cukup rentan terhadap penyakit lambung oleh bakteri H pylori.
 
#5 Dapat Menjadi Acuan Diet

Salah satu hal yang menarik dari golongan darah adalah Anda bisa menggunakannya untuk diet sesuai golongan darah Anda.
 
Diet Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah A memiliki sistem kekebalan yang cenderung lemah.

Di samping itu, kadar asam lambungnya juga cenderung lebih rendah. Karena itu, sistem pencernaan orang dengan golongan darah A cenderung sulit mencerna lemak dan protein hewani.

Untuk mensiasati hal ini, Anda yang memiliki golongan darah O bisa memperbanyak makanan yang mengandung protein nabati. Namun, batasi konsumsi makanan yang mengandung lektin seperti kentang, umbi, pepaya, atau mangga.
 
Diet Golongan Darah B

Anda yang memiliki golongan darah B cenderung lebih fleksibel dalam memilih makanan. Karena itu, Anda bisa memperbanyak makanan yang mengandung daging merah, sayuran hijau, telur, dan berbagai produk susu yang rendah lemak.

Apa Golongan Darahmu? Yuk Simak 5 Fakta Menarik Golongan Darah Berikut!
 
Akan tetapi, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi ayam, gandum, kacang, jagung, tomat, biji wijen, dan kacang tanah. Karena makanan yang mengandung bahan tersebut dapat membuat Anda lebih mudah merasa lelah dan bahkan mengalami hipoglikemia.
 
Diet Golongan Darah O

Orang dengan golongan darah O cenderung memiliki asam lambung yang tinggi. Karena itu, makanan yang terbuat dari olahan susu akan lebih baik untuk dihindari.

Selain itu, makanan seperti kubis dan gandum juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat menghambat kadar hormon tiroid dalam tubuh.

Sebagai gantinya, Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak. Dan juga buah-buahan yang mengandung alkali seperti alpukat, apel, dan juga kurma.
 
Diet Golongan Darah AB

Golongan darah AB juga memiliki kadar asam lambung yang rendah sehingga, makanan seperti daging tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu sering.

Selain itu, kafein atau alkohol juga sebaiknya dihindari, khususnya pada saat sedang merasa stres.

Bagi Anda yang memiliki golongan darah AB, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein. Baik protein nabati atau hewani. Misalnya tahu, susu, dan sayuran hijau.

Di sisi lain, makanan laut seperti salmon, sarden, tuna, dan ikan kakap merah sangat baik untuk dipilih sebagai sumber protein.

Apa Golongan Darahmu? Yuk Simak 5 Fakta Menarik Golongan Darah Berikut!
 
Itulah 5 fakta menarik golongan darah yang penting untuk Anda ketahui. Di antara 5 fakta tersebut, manakah yang menurut Anda paling menarik? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar.

Jika Anda memiliki fakta menarik lainnya, Anda juga bisa menuliskan hal tersebut di kolom komentar dan membagikannya dengan pembaca lain.
 
Spoiler for Sumber Referensi:



Darahku golongan merah, tapi tulangku putih, bersatu dalam semangatku, merdeka emoticon-Hammer (S)


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di