CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ayam Cemani, Ayam dengan Aura Mistis Berharga Puluhan Juta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecf0ccea7276860220ef7fc/ayam-cemani-ayam-dengan-aura-mistis-berharga-puluhan-juta

Ayam Cemani, Ayam dengan Aura Mistis Berharga Puluhan Juta

Ayam Cemani, Ayam dengan Aura Mistis Berharga Puluhan Juta

Gan sis, pernah dengar tentang  ayam cemani gak? Itu loh, ayam berwarna hitam legam dengan harga fantastis dan tidak masuk akal.

Ayam cemani adalah ayam langka dengan warna spesifik yang hitam kelam. Seluruh bulu di tubuhnya berwarna hitam, tak ada variasi warna-warni lainnya. Selain bulu, kulit dan daging ayam cemani juga hitam legam seperti bulunya.

Bahkan, dalam kasus yang lebih langka, lidah dan darah ayam ini konon juga berwarna hitam kelam.

Nah, dalam thread kali ini TS ingin membahas tentang fakta-fakta menarik tentang ayam cemani. Langsung aja cus:

Berbalut Mistis

Karena warnanya yang hitam di seluruh tubuhnya, ayam ini sering kali dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Konon ayam ini sering digunakan sebagai persembahan dalam ritual-ritual kepercayaan tertentu.

Di beberapa wilayah, terutama yang masih sangat mempercayai takhayul, ayam cemani dianggap memiliki kekuatan supranatural. Tidak heran kadang ayamn ini dipelihara karena dianggap membawa keberuntungan bagi para pemiliknya. Karena itu, ayam ini diperlakukan istimewa dibanding ayam-ayam lainnya.

Bahkan, dalam kepercayaan Jawa Kuno, ayam cemani juga dianggap bisa menyembuhkan penyakit. Cerita ini berasal dari legenda Majapahit. Dalam legenda ini sendiri, nama ayam cemani berasal dari bahasa sankskerta yang berarti hitam legam.

Menurut legenda Jawa, ada tiga jenis ayam cemani. Ketiga jenis itu adalah widitra, warastratama, dan kaikayi. Setiap jenis ini memiliki ciri khas yang berbeda, baik dari bentuk sapuan bulu maupun tingkat kehitaman ayam itu sendiri. Masing-masing jenis cemani ini juga diyakini memiliki aura magis yang berbeda.

Harga yang luar biasa fantastis

Ayam cemani memiliki harga yang sangat mahal. Satu ekor ayam cemani bisa berharga jutaan bahkan puluhan juta. 

Ayam Cemani, Ayam dengan Aura Mistis Berharga Puluhan Juta

Sebagai contoh, ayam dewasa bisa dihargai 25 hingga 40 juta, seharga motor sport keluaran terbaru. Sementara anakan bisa berharga jutaan dan telurnya saja bisa dihargai puluhan ribu hingga ratusan ribu per butir.

Mengapa harga ayam cemani bisa sefantastis ini?

Konon karena jumlah ayam jenis ini sangat langka di dunia. Menurut sebuah penelitian, ayam cemani hanya berjumlah 3500 ekor di seluruh dunia. Jadi ya wajar harganya melonjak karena jumlah jenis ayam ini yang sangat terbatas.

Mutasi Gen

Kalau di atas kita sudah membahas soal mistisnya, rasanya tak adil kalau kita tak mebahas ayam ini dari sudut pandang ilmiah. 

Ayam Cemani, Ayam dengan Aura Mistis Berharga Puluhan Juta

Nah, menurut sains, ayam ini menjadi hitam seluruhnya adalah karena mutasi gen. Ayam cemani memiliki jumlah gen endhotelian-3 sepuluh kali lipat dibanding ayam biasa pada umumnya. Gen ini memproduksi lapisan epidermis di seluruh tubuh ayam cemani. Lapisan ini kemudian menghasilkan pigmen hitam dominan pada tubuh ayam ini.

Jadi, menurut sains, bulu dan tubuh yang hitam legam pada ayam cemani tak ada kaitannya sama sekali dengan ilmu hitam atau sejenisnya. Ini murni karena 'kelainan' gen yang terjadi pada ayam ini.

Nah, menurut gan sis sendiri bagaimana? TS sih lebih percaya sains daripada takhayul tentang ayam ini. Wkwkw.

Tapi kayaknya budidaya ayam ini menarik juga ya? Satu laku langsung bisa beli motor sport. Hehehe.

Ditunggu sundulannya ya gan. 

Ref: 1, 2
Foto: 1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 8 lainnya memberi reputasi
wajar sih kalo langka, jadi mahal
profile-picture
ertedoang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
katanya di jateng banyak yg budidaya ini ayam. pengen sih ane buat pliara tp sayang duit
Lihat 1 balasan
Mistis itu karena manusia, Angker itu karena manusia, semua karena manusia. Yang nyata dan benar adanya adalah Kebaikan Tuhan setiap harinya kepada kita.
eh telornya juga itemm yaaa
Apa? ayam cemmani? melesat cepat bisa bikin hamil? emoticon-Hammer (S)
bapak gw pernah punya ayam ginian cuma cacat di lidah sama jenggernya karena gak item semua ada merahnya dikit

pas lebaran tante gw masak nih ayam cemani nyicip juga dagingnya kek ayam biasa sih.
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Mistis sih iya, kalau puluhan juta sih enggak.
Tempat ane banyak tuh ayam cemani gini dijual murah.
Lihat 2 balasan
di masak opor enak gak dagingnya?
Dulu ane piara nih ayam gan, tapi sayang ilang dibawa kabur maling
emoticon-Turut Berduka
Chicken black
emang hantu suka ayam ya
emoticon-Bingung emoticon-Bingung
Tapi gokil sih ni ayam harganya bisa puluhan juta
emoticon-2 Jempol


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di