CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Shaleh Kamel : “Jika Mesir Terserang Flu, Muslim di Saudi hingga Pakistan akan Bersin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eceb859dbf7642f4d1b5361/shaleh-kamel--jika-mesir-terserang-flu-muslim-di-saudi-hingga-pakistan-akan-bersin

Shaleh Kamel : “Jika Mesir Terserang Flu, Muslim di Saudi hingga Pakistan akan Bersin

Shaleh Kamel : “Jika Mesir Terserang Flu, Muslim di Saudi hingga Pakistan akan Bersin
Shaleh Abdullah Kamel, saat tiba di Konferensi Pengembangan Ekonomi Mesir (EEDC) di Sharm el Sheikh, Kegubernuran Sinai Selatan, selatan Kairo, 14 Maret 2015. (Foto:arabnews/reuters)


Wasathiyyah.com, Cairo – Syaikh Shaleh Kamel mendapatkan tempat spesial di hati warga Mesir. Demikian sebaliknya, Syaikh Kamel menyebut Mesir sebagai tanah air keduanya.

Warga Mesir sangat berduka mendengar berita wafatnya Syaikh Shaleh Kamel pada Senin (18/05) di Jeddah akibat serangan jantung. Para tokoh agama, pengusaha, politisi hingga artis Mesir kompak mengungapkan bela sungkawa dan rasa kehilangan atas wafatnya miliarder Saudi yang dermawan itu.

Grand Syaikh Al Azhar Al Syarif, Prof. Dr. Ahmad Al Thayyeb menggambarkan Syaikh Kamel sebagai pelopor dalam kegiatan amal. Syaikh Kamel berada di balik pendirian Shaleh Kamel Center for Islamic Economics di Universitas Al Azhar, Cairo.

Pengusaha terkenal Mesir, Naguib Sawiris mengatakan bahwa dia telah kehilangan seorang figur ayah sekaligus saudara. “Negara-negara Arab, Mesir khususnya, telah kehilangan seoran pria dengan jiwa sosial yang hebat,” kata Naguib.

Kamel, yang adalah ketua dan pendiri Grup Dallah Al-Baraka, merupakan salah satu konglomerat terbesar di Timur Tengah. Ia membangun bagian dari kerajaan ekonominya di Mesir termasuk Radio dan Televisi Arab (ART), dan Bank Al Baraka. Dia juga menggunakan lembaga ART untuk mendanai proyek amal di seluruh wilayah Mesir.

Aktor Mesir, Mohammed Sobhy mengenang peran Syaikh Kamel di balik suksesnya serial TV paling terkenal di Mesir “Wanee’s Diary”. Sobhy menyebut Syaikh Kamel sebagai ayah, teman sekaligus mentor.

Dalam akun Facebooknya Sobhy menulis, “Anda adalah orang yang sangat penyayang. Saya ingin memberitahumu betapa saya menyayangimu. Penghargaan saya setinggi-tingginya atas dukungan penuh Anda untuk serial keluarga terbaik di Arab yang disiarkan melalui jaringan ART. Sungguh, Anda adalah orang yang mencintai Mesir dan telah banyak memberikan kebaikan untuk kami.”

Anggota parlemen Mesir, Mohamed Abou El Enein, mengatakan Kamel adalah salah satu pelopor ekonomi Arab. “Dia memikul tanggung jawab menyebarkan pendekatan multi-investasi dan membuka perbatasan ekonomi antara negara-negara Arab.”

“Investasinya telah membawa kebaikan dan kesejahteraan bagi dunia Arab pada umumnya dan berkontribusi dalam menciptakan kemitraan internasional di tingkat sektor swasta.”

“Investasinya semakin membuka jalan bagi kerja sama yang lebih bermanfaat antara pengusaha di semua bidang investasi,” tambahnya.

Dia menunjukkan bahwa Kamel juga pelopor media Arab modern melalui proyek ART-nya. “Dia adalah orang pertama yang membawa orang-orang Arab menonton satu layar yang mencairkan perbedaan bahasa dan budaya serta fanatisme olahraga.”

“Dia menyatukan orang Arab pada satu tujuan, cita-cita bersama, dan budaya yang kaya. Bangsa Arab tidak akan pernah melupakan perbuatan baik Syekh Saleh Kamel dan dia akan selalu diingat,” pungkas El Enein.

Abou El-Enein mengajak para pemuda untuk mencontoh perjalanan hidup Syaikh Kamel yang berasal dari keluarga berlatar belakang biasa saja, namun dengan ketekunannya belajar dan bekerja, ia berubah menjadi miliarder yang menggunakan kekuatannya untuk kebaikan sebanyak mungkin umat manusia.

Selain mendirikan pusat ekonomi Islam di Universitas Al Azhar Kairo, Syaikh Kamel juga mendirikan Pusat Sains dan Teknologi Jeddah, dan Pusat Penelitian Ekonomi Islam di Universitas King Abdul Aziz Jeddah.

Kamel selalu mencintai Mesir. Pada Maret 2015 ia memimpin delegasi 100 pengusaha dan investor pada konferensi besar di Sharm El-Sheikh yang bertujuan meningkatkan ekonomi Mesir.

Dalam salah satu kutipan paling terkenal tentang Mesir, Kamel mengatakan: “Jika Mesir terinfeksi flu, Muslim di Arab Saudi dan Pakistan akan bersin.” (WST/RS/arabnews)


https://www.wasathiyyah.com/berita/b...n-akan-bersin/


Saudara sekutu!!
Ni lah salah satu alasan banyak orang rela berperang untuk Saudi!

Diubah oleh king.mbs


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di