CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Elon Musk : SpaceX & NASA Peluncuran Bersejarah!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ece9c22facb9547655cd7df/elon-musk--spacex-amp-nasa-peluncuran-bersejarah

Elon Musk : SpaceX & NASA Peluncuran Bersejarah!

27 MEI, 2020 / 10:39 PAGI / CBS NEWS

Dunia sedang bersiap untuk lompatan besar berikutnya dalam perjalanan ruang angkasa saat roket Falcon 9 SpaceX dijadwalkan lepas landas Rabu sore, membawa dua astronot NASA ke ruang angkasa di mana mereka akan terbang menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional. Pendiri SpaceX, Elon Musk, menyebutnya sebagai "puncak dari mimpi" ketika ia dan Administrator NASA Jim Bridenstine dengan tegang menunggu jadwal peluncuran, satu dekade dalam pembuatan.

"Aku chief engineer," kata Musk kepada CBS News, Mark Strassmann. "Jadi, aku hanya ingin mengatakan jika itu berjalan dengan benar, itu adalah penghargaan untuk tim SpaceX / NASA. Jika itu gagal, itu salahku."

SpaceX telah memiliki 19 peluncuran kargo yang berhasil ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, tetapi untuk pertama kalinya, perusahaan komersial tersebut akan membawa manusia - Bob Behnken dan Doug Hurley dari NASA.

Peluncuran ini merupakan tes paling penting bagi Musk untuk SpaceX, dan ia tidak membiarkan gravitasi dari hal itu menyelinap di pikirannya.

"Ribuan hal bisa salah, dan hanya satu hal yang bisa berjalan dengan benar," katanya.

Tanggung jawab yang besar sangat membebani Musk. Dia mengatakan telah melakukan apapun yang dia bisa untuk "meningkatkan kualitas kesuksesan" dan memastikan para astronot tiba dengan selamat, dia hanya dapat melakukan sedikit dan duduk menunggu seperti semua orang didunia lainnya.

"Saya benar-benar harus tenang secara mental, karena secara emosional tidak mungkin untuk berurusan dengan hal ini," katanya tentang intensitas saat ini.

Musk memuji astronot Behnken dan Hurley untuk "saraf baja" (keberanian) mereka di dalam misi ini.

"Aku bertanya kepada mereka beberapa jam yang lalu. Aku seperti, 'Kalian merasa senang tentang ini? Kamu tau, apa ada yang ingin kita lakukan untukmu?' Dan mereka tenang seperti mentimun," katanya.

Roket SpaceX's Falcon 9 dapat digunakan kembali, sebuah terobosan dominan yang akan memangkas biaya peluncuran. Pada hari Rabu, ia berdiri di landasan peluncuran 39A, pad sama yang telah mengirim Apollo 11 ke bulan.

"39A seperti Times Square. Ini bukan hanya seperti membuka pertunjukan di Broadway. Ini seperti membuka pertunjukan di Times Square, oke? Ini pad terbaik di dunia," kata Musk.

Dia menyebutnya "kehormatan luar biasa" untuk berbagi launchpad dengan roket yang sama yang meluncurkan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin ke bulan.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Bahkan, itu terasa nyata," kata Musk. "Jika Anda bertanya kepada saya ketika memulai SpaceX apakah ini akan terjadi, saya akan mengatakan, peluangnya 1% - 0,1%."

Ini mimpi yang hampir dua dekade dalam pembuatan nya - sejak SpaceX didirikan pada tahun 2002, hal itu merevolusi model bisnis perjalanan ruang angkasa dengan inovasi cepat dan biaya jauh lebih rendah daripada peluncuran NASA di masa lalu.

Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan jenis inovasi perusahaan SpaceX adalah kunci untuk masa depan NASA, dan berharap peluncuran ini akan membuat orang Amerika bersemangat lagi tentang ruang angkasa.

"Ini adalah awal dari pasar komersial di luar angkasa," katanya.

Tidak diragukan lagi minat terhadap ruang angkasa, antara peluncuran SpaceX yang bersejarah dan kemitraan NASA baru-baru ini dengan Tom Cruise untuk membuat film di atas kapal ISS.

Musk mengatakan dia "mendukung" apa pun yang dilakukan NASA "yang menangkap imajinasi publik."

Bridenstine mengaku bahwa ia menjadi pilot Angkatan Laut setelah menonton film Cruise yang hit di tahun 1986 "Top Gun" pada saat kelas enam, memberi harapan besar untuk apa yang dapat mereka berikan kepada generasi berikutnya.

"Itu terjadi dalam hidup saya dan itu mengubah hidup saya," katanya. "Apakah dia akan menginspirasi Elon Musk berikutnya? Itulah pertanyaannya. Dan jika dia bisa melakukan itu, maka kita menang."

Pertama kali diterbitkan pada 27 Mei 2020 / 9:01 pagi, oleh CBS NEWS

Youtube,
Video by CBS This Morning
Elon Musk says SpaceX rocket launch is "a dream come true"

Live by NASA
Making History : NASA and SpaceX Launch Astronauts to Space!

Live by SpaceX
Crew Demo-2


Maafkan jika penerjemahan bahasa Inggris saya kurang sempurna, selamat menyaksikan terciptanya sejarah.....
Diubah oleh rayelba


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di