CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Dunia Hiburan /
Dolemite, Pelopor HipHop dan Rap yang Terlupakan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecd209baf7e9345cc1d24fd/dolemite-pelopor-hiphop-dan-rap-yang-terlupakan

Dolemite, Pelopor HipHop dan Rap yang Terlupakan

Halooooo agan yang ganteng dan sista yang budiman, kembali bersama Master Odot untuk berbagi informasi dan cerita yang menarik buat ditelaah. Sebelumnya, ane mengucapkan 

Quote:

RUDY RAY MOORE, TOKOH YANG TERLUPAKAN DALAM PERKEMBANGAN MUSIK HIPHOP DAN RAP

Dolemite, Pelopor HipHop dan Rap yang Terlupakan

Di trit kali ini, ane ingin membahas tentang sosok yang mempunyai pengaruh yang besar terhadap musik bergenre rap dan terutama hip hop, tetapi tidak banyak orang tahu siapa dia dan mungkin tidak engeh dia itu pelopor permusikan hip-hop dan rap.




Dolemite, Pelopor HipHop dan Rap yang Terlupakan


KENALKAN INI LAH DOI YANG GOKIL INII!!!!
RUDY RAY MOORE aka. DOLEMITE


Quote:



Pastinya sebagian besar dari agan dan sista baru mengenal Rudy kan dan dalam benak hati bertanya siapakah dia. Di sini ane akan mengupas mengenai Rudy dari awal Rudy dikenal sampai meninggalkan warisan untuk dunia per-hiphop-an dan rap. Oh ya, di trit ini ane fokusin perjalanan karier Rudy dan warisan yang ditinggalkan buat dunia per-hiphop-an dan rap.

Quote:


Kebanyakan orang mengenal dunia hip-hop itu “dilahirkan” oleh DJ Kool Herc pada tahun 1973 dalam Summer Evening di Bronx, New York dan juga saat perilisan lagu Rappers Delight oleh Sugarhill Gang pada tahun 1979.

Padahal sebelum momen 2 di atas, Rudy si Rudy Ray Moore telah memicu awal dari rap dan hip hop. Rudy mengeluarkan album Eat Out More Often pada tahun 1970 yang berisi komedi tentang kehidupan kotor orang afro-amerika, seperti prostitusi, satire-satire pencurian, slang yang cukup senonoh, dan seorang germo yang jago karate dalam mengalahkan musuhnya. Most of all, album Rudy ini sangat kasar dan explicit konten parah. Album itu isinya seperti stand up comedy dan diiringi musik jazz ala afro-amerika. Album itu juga pertama kali dirinya mulai dikenal oleh publik terutama kalangan afro-amerika itu sendiri.


Asal-Usul Rudy

Quote:



Rudy Ray Moore lahir pada tanggal 17 Maret 1927 di Fort Smith, Arkansas. Dia dibesarkan di kota kelahirannya oleh single parent, ibunya itu sendiri, karena ayahnya meninggalkan ibunya sedari kecil dan ini alasan Rudy sangat membenci ayahnya dan memiliki ambisi untuk sukses dan tidak ingin seperti ayahnya.

Dia pindah ke Akron, Ohio semenjak mulai dewasa dan memulai karirnya sebagai penari di sebuah klub malam. Ia memulai karirnya sebagai penyanyi R&B dan dikontrak oleh beberapa label untuk melakukan rekaman. Hidupnya pun membaik dan ia pindah ke Seattle, dan menetap di sana. Dia punya beberapa nama panggung di awal karirnya seperti Prince DuMarr dan Harlem Hillbilly.


Perjalanan Sukses dan Gokil Rudy

Awal Menjadi Dolemite

Quote:


Setelah punya rekaman buat album nya, Rudy masih tetap kerja sebagai pegawai toko rekaman di Dolphin’s of Hollywood Record Store. Albumnya tidak begitu laku sehingga Rudy menggantungkan hidupnya dengan kerja sambil mempromosikan lagunya di radio tempat dia bekerja. Btw lagunya saat itu tetap aja kalah saing apalagi jaman itu nge hitz abis LET’S GET IT ON nya Marvin Gaye.

Quote:


Suatu hari ada seorang gembel homeless yang datang ke toko tempat ia bekerja. Si gembel ini berbicara tidak jelas dan komat-kamit tentang poem ala-ala afro sehingga meresahkan pengunjung di toko itu. Rudy yang saat itu sedang jaga toko pun harus turun tangan untuk mengusir si gembel ini. Si gembel ini tetap banyak omong tentang lelucon khas nya, Rudy pun akhirnya berhasil mengusirnya dan seketika, ia mendapat sebuah inspirasi untuk membuat nya menjadi sebuah karya.


Malamnya ia pun mendatangi gembel itu yang tidak jauh dari tokonya. Ia pun bertemu dan meminta si gembel tadi, Rico namanya, untuk mengeluarkan bacot nya yang tadi ia ucapkan waktu di toko si Rudy.

Ini cuplikan sedikit percakapan Rudy dengan si Rico,
Spoiler for cuplikan percakapan Rudy dan Rico:



Intinya Rudy mengambil jokes si Rico buat dijadiin materi komedi nya, kebetulan Rudy pernah juga berkecimplung sebagai komedian. Dari rekaman yang ia dapat dari si gembel itu, ia mengimprovisasikannya jadi lebih padat, banyak, dan bagus. Secara tidak langsung, gembel ini yang membuat Rudy terkenal. Hebat juga yaa.

Akhirnya, ia merampungkan bahan untuk komedinya dan mengambil nama bekennya yaitu DOLEMITE.

INI ADALAH SLOGAN KEBANGSAAN NYA DOLEMITE KETIKA MEMULAI STAND UP NYA


Quote:




Memulai Roadshow dan Peluncuran Album
Quote:


Rudy aka Dolemite memulai rangkaian show nya di klub malam biasa ia bekerja. Acara yang biasanya menampilkan penampilan musik jazz afro-amerika diganti dengan acara nya Rudy secara tiba-tiba karena kebetulan ia juga MC di acara klub malam tersebut. Mr. Allen yang punya klub tersebut pun terkejut, tetapi penampilan Rudy di atas panggung membayar keraguan sang pemilik dan mendapat sambutan yang sangat meriah dari penonton.

Setelah itu, ia pun mengajak teman-temannya untuk tampil di klub malam lain. Dari tempat ia tinggal, LA, kemudian ke Ohio, Arkansas, dan banyak lagi.
Quote:


Dari banyak penampilan di berbagai kota, Rudy mendapat pundi-pundi uang yang sangat banyak. Berawal hanya bermodal mewancarai seorang gembel, lalu ia mengimprovisasikan, dan akhirnya ia mendapat banyak uang. Ia pun mengirim sebagian uangnya untuk bibinya, salah satu anggota keluarganya yang masih berhubungan dengan Rudy.

Quote:


Karier yang cemerlang membuat sebuah produser rekaman menawarkan kontrak untuknya sehingga ia tidak perlu untuk tampil jauh-jauh buat tampil karena dengan ada rekamannya, konsumen bisa dengar hanya dari piringan. Ia pun menyetujuinya dan mulai rekaman. Dari tahun 1970-1971, ia mengeluarkan 3 album, yaitu Eat Out More Often, This Pussy Belongs to Me, dan The Dirty Dozens. Hebatnya, salah satu albumnya Eat Out More Often juga pernah masuk Top 25 di Billboard 200 pada tahun 1975.

Film Dolemite dan Kisah Suksesnya
Quote:


Setelah ia mendapat pundi-pundi uang dari album-albumnya, Rudy pun ingin mencoba sesuatu yang baru dalam hidupnya. Ia mendapat ide untuk membuat film karena menurutnya film-film yang ia sudah pernah tonton hanya berisi bacot belaka dan kurang greget.

Akhirnya, ia mengajak teman-temannya untuk memulai produksi film. Anehnya, ia membuat produksi film dengan uang hasil rekamannya. Semua biaya produksi diambil dari uangnya sendiri. Ia pun membuat film dengan tempat dan peralatan seadanya dan menggaet D’Urville Martin, salah satu aktor afro-amerika yang cukup terkenal, sebagai sutradaranya. Biaya produksi film yang ia keluarkan sebanyak 12.000 dollar dan itu keluar dari kantongnya sendiri.
Quote:


Di film ini ia berperan sebagai tokoh utama yaitu DOLEMITE. Di film ini juga ia mengeluarkan jargon-jargon dari album-albumnya untuk membumbui filmnya agar lebih menarik. Btw, film ini berjudul DOLEMITE yang bercerita tentang seorang germo kulit hitam yang pernah dipenjara selama 20 tahun oleh rivalnya, Willie Green yang dibintangi D’Urville Martin. Kemudian, Dolemite memulai balas dendamnya untuk membunuh Willie Green dengan skill kungfu yang ia miliki.

Pada saat proses pembuatan film, ia sempat mengalami kekurangan biaya untuk membayar gaji para kru. FYI, dalam pembuatan film yang cukup maksain ini, sebagian orang tidak digaji karena biaya yang Rudy keluarkan hanya berfokus untuk roll film tersebut dan sebagian besar dari mereka menjadi volunteer untuk menjadi kru dan membantu Rudy. Setelah itu, ia meminta bantuan cadangan kepada rumah produksi albumnya dan ditolak karena terlalu besar dana yang Rudy minta. Setelah berdiskusi dan bernegosiasi, akhirnya rumah produksi albumnya pun setuju dengan kesepakatan apabila filmnya gagal dan Rudy tidak bisa mengembalikan dana yang ia pinjam, maka album yang pernah ia keluarkan akan mutlak menjadi milik rumah produksi albumnya tanpa terkecuali. Rudy pun setuju dan produksi filmnya pun dapat ia selesaikan.

Quote:


Masalah pertama kelar, masalah kedua pun muncul antara lain, bagaimana ia mempromosikan filmnya dan bagaimana filmnya dapat dikenal dan laku di pasaran. Ia pun berusaha keras menghubungi berbagai rumah produksi film seperti Universal Pictures, MGM, Dimension Pictures, dll. Namun, semuanya yang ia hubungi pun menolak proposal film yang ia ajukan dan mau tidak mau, ia harus mempromosikan sendiri filmnya. Ia pun memulai mempromosikan filmnya di radio-radio yang pernah ia tampil dan akhirnya, salah satu temannya meminta hubungi pamannya karena pamannya ini punya bioskop lumayan besar dan terkenal. Lalu Rudy pun menghubunginya dan sepakat filmnya akan ditampilkan di layar lebar tersebut dengan kesepakatan penjualan tiket sepenuhnya milik Rudy dan penjualan pop corn dsb milik si pemilik bioskop. Dari situlah filmnya mulai dikenal dan setelah cukup sukses filmnya, ia pun dihubungi oleh Dimension Pictures yang pernah menolaknya dan ditawari untuk mempromosikan filmnya lebih luas. Pada tahun 1975, filmnya resmi dirilis ke seluruh publik dan mendapat keuntungan hingga jutaan dollar.

Quote:


Filmnya pertama nya sukses dan setelahnya ia membuat sekuel dari film Dolemite tersebut pada tahun-tahun selanjutnya. Sekuel nya rilis setahun setelahnya berjudul The Human Tornado, sekuel keduanya rilis pada tahun 2002 berjudul The Return of Dolemite. Tahun 1990 juga ia membuat film dengan judul Shaolin Dolemite, Rudy berperan sebagai Mok Ruu-Dee. Ia juga masih sering tampil di berbagai klub malam dan tetap melucu hingga masa tuanya.

Warisan dan Peninggalan Untuk Dunia Hip-Hop dan Rap
Quote:


Apa yang diciptakan Rudy dalam karyanya itu memang berisi kata-kata kasar dan jokes orang afro-amerika. Namun, ia berhasil menciptakan rima di setiap akhir kata-kata dalam albumnya dan juga diiringi musik untuk membumbui jokesnya. Alunan serta apa yang ia diucapkan di album-albumnya terdengar seperti musik rap pada era berikutnya.
Quote:


Ia juga menginspirasi banyak anak muda afro-amerika untuk menjadi sukses sebagai musisi dan entrepeneur. Beberapa musisi hip-hop yang terkenal, seperti Too $hort, Big Daddy Kane, dan Dell the Funky, serta Uncle Luke mengatakan bahwa Rudy memberikan pengaruh besar dalam karya yang dihasilkan oleh mereka.

Pengaruh Rudy pada Rap tidak hanya bergaya, tetapi juga struktural. Dalam rekamannya, ia bercerita panjang lebar sehingga menarik audiens dengan bercerita tentang dunia bawah aka dunia esek-esek masyarakat afro-amerika saat itu, antara lain tawuran, sexcapades, dan kehidupan orang miskin saat itu. Curtis Sherrod, direktur eksekutif pusat kebudayaan Hip-Hop di Harlem mengatakan bahwa Rudy tidak menyadari kalau ia itu seorang Griot. Rudy juga mampu menceritakan kisah-kisah dirinya dan afro-amerika itu sendiri. Ia pun membuat penontonnya merasakan WAH! Dari dalam dirinya dengan kisah-kisah penindasan yang ia rasakan dan dongeng-dongeng lucu yang Rudy tampilkan.
Quote:


Ketika Kanye West menge-rap “we never had nothing handed, took nothing for granted” di pembukaan lagu album pertamanya, dia sedang membicarakan mengenai Rudy Ray Moore. Kemandirian dan ke-PD-an Rudy menjadi model rapper di masa selanjutnya. Contohnya terjadi pada awal karir Too $hort, ia menjual rekamannya sendiri dengan menggunakan bagasi mobilnya dan membentuk label rekamannya sendiri tanpa rumah produksi sama seperti apa yang dilakukan Rudy pada awal karirnya. Seorang rapper, Uncle Luke berbicara mengenai Rudy Ray Moore, “You watched a Rudy Ray Moore movie and saw he produced it, directed it, marketed his music and did everything else.” Saat ia diwawancarai TIMES.
Quote:


Kepribadian dan pesona yang ditampilkan Rudy saat tampil pun menginspirasi banyak rapper muda selanjutnya. Banyak yang bilang gayanya Rudy itu PIMP PERSONA, ya pesona seperti seorang kaya banyak uang dengan pakaian menor dan omongan yang khas dirinya sendiri. Banyak rapper dari Snoop Dog, Ice T, Big Boi yang mengadopsi kepribadian, cara berpakaian yang warna-warni, mencolok, dan topi lebar. Sikap mereka yang ditampilkan Rudy juga sebagiaannya ditiru oleh mereka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mr.odot105
profile-picture
mr.odot105 memberi reputasi

CREATOR’S POV

Dolemite, Pelopor HipHop dan Rap yang Terlupakan
Dimana Ada Kesempatan, Disitu Lu Harus Gercep
Itulah yang dilakukan oleh seorang Rudy Ray Moore. Ia melihat ada kesempatan dari sesuatu yang menurut orang jelek, nyeleneh, dan inappropriate. Dari situ ia mengolah dan mengimprovisasi hal itu menjadi karya yang menghasilkan pundi-pundi kekayaan.
Kemandiriannya dan keberaniannya dalam mengambil keputusan membuat ia semakin dikenal oleh publik sehingga dapat membesarkan namanya. Sifat keras dan disiplin dalam dirinya untuk mengubah nasib juga mendukung karirnya semakin cemerlang.

Bayangkan apabila Rudy tidak mewancarai si Gembel Rico tersebut, mungkin tidak ada Dolemite yang dikenal sekarang. Jadi, sebagai generasi muda yang masih banyak punya waktu kita harus menggunakan kesempatan untuk terus berkarya untuk hal yang berguna. Di situ ada kesempatan, disitu kita harus mengambilnya, siapa tau hal itu membuat hidup kita lebih baik dan bisa enjoy di sisa hidup masing-masing. Jangan lupa ETOS KERJA dan DISIPLIN yang tinggi harus bumbui perjuangan kita.

Quote:

Sekian dari ane, mohon maaf jika masih ada kesalahan. Kritik, saran, dan tambahan info bisa ditulis di kolom komentar. Jan lupa cendolnya yaa gaaan.

Dolemite, Pelopor HipHop dan Rap yang Terlupakan

Quote:
rapper oldskoolemoticon-Jempol
Gaya busana Rapper kenapa selalu kayak badut dan bikin ngakak ya.
ane baru tau dia sapa.. luar biasa ya perjalanan karirnya.. gk nyangka kalo pelopor hiphop dr kalangan org pinggiran di amerika
pernah baca tentang dia tp lupa karna ya emg namanya jarang banget d sebut. keren juga ya perjalanan krirnyaemoticon-Frown
makasih gan threadnya! info2 kayak gni nih bisa menambah wawasan orang2 terutama untuk pencinta musik hehehe


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di