CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Cerita Pejalan Domestik /
Kuliner yang Bikin Mabuk Kepayang Sama Padang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecb688b28c9911e7a52aa82/kuliner-yang-bikin-mabuk-kepayang-sama-padang

Kuliner yang Bikin Mabuk Kepayang Sama Padang


Salah satu motivasi saya pergi ke Padang adalah makanannya. serius! cuma kebelet pengen makan makanan padang asli saya pun terbang ke Padang. 

Dendeng Merah

Jadi sampai di Bandara Minangkabau saya langsung menggasak makanan padang di bandara. Pertama yang saya coba adalah dendeng padang dengan ulekan cabe merah alias dendeng balado. 

Saya yang sudah begitu bersemangat ternyata syok karena daging yang saya gigit kerasanya bukan main. Persis kayak gigit batu. Sambal merahnya juga terasa tawar maka saya pun kecewa berat, disambut makanan padang tak enak ini. 

Kuliner yang Bikin Mabuk Kepayang Sama Padang

Tapi karena lapar karena sampai sudah pukul siang akhirnya terpaksa harus menghabiskannya. Bukan cuma rasanya yang tak sedap harganya pun demikian. Saya bayar satu porsi dendeng plus es teh harus merogoh sampai hampir 50 ribu. Alamak…

Rasa tak enak juga ternyata dialami mama sama teman-teman saya yang lain. Ya, saya berharap ini bukan awal kesialan kita. 

Sate Padang Pinggir Jalan Bukittinggi

Mencoba peruntungan lagi, berusaha lepas dari rasa tidak enak dan menumbuhkan sejumput harapan saya pun mencoba peruntungan lain makan sate padang di pinggir jalan yang direkomendasikan sopir saya. 

Ternyata rasanya tidak begitu mengecewakan cuma saya sedikit kaget dengan adanya serundeng di atas sate padang ini. Belum juga ternyata ada berbagai macam sate padang yang gak melulu dari lidah tapi daging, ayam, usus dan lain sebagainya. 

Kuliner yang Bikin Mabuk Kepayang Sama Padang

Sate padang kali ini membuat saya punya referensi rasa baru sate padang yang gak pernah saya temui sebelumnya. Tapi kalau ditanya suka atau gak, saya sih biasa aja. Karena menurut saya, bumbunya terlalu medok entah ada rempah yang tak biasanya yang bikin rasanya menjadi begitu kuat. Teman-teman saya sih suka, tapi kalau saya biasa saja. Untuk harga sekitar 20 ribuan aja tergantung jenis satenya.

Susu Telur Ngarai Sianok 

Nah, ini yang bikin kedap kedip nih. Jadi saya sebenernya nekat pesan ini karena sumatera itu khas banget sama teh telur walau sudah kebanyang rasanya kayak apa. Jadi tehnya berbusa, supaya gak terasa amis makanya dikasi jeruk nipis. 

Kuliner yang Bikin Mabuk Kepayang Sama Padang

Jadi terciptalah teh telur yang rasa awalnya itu campuran gurih, manis dan asam. Tapi lama kelamaan rasanya adaptable dan saya pun bisa menikmatinya tanpa perlu merem melek lagi. Yang lucu sih mama yang heboh banget nyobain teh ini sampe gemeter wkwkwkw. Untuk harga belasan ribu saja. 

Itik Lado Ijo Ngarai Sianok

Ini nih jagoannya dari seluruh kuliner yang saya cicipin. Bagi saya dia juaranya! Emang setiap yang ke Ngarai Sianok musti banget makan Itik lado ijo yang banyak tersebar di kaki bukit ini. Sebenarnya kita mau makan di tempat yang emang udah terkenal banget tapi sudah habis padahal itu baru jam 3 siang. Hmmm... tapi tak mengapa karena banyak warung-warung lain yang juga menyajikan menu yang sama.

Kuliner yang Bikin Mabuk Kepayang Sama Padang

Saya sendiri memilih salah satu rumah makan yang dekat dengan aliran sungai Ngarai Sianok di bibir sungai sambil lesehan kami menikmati si itik nikmat yang di atasnya dilumuri cabe hijau. Rasanya bukan main pedas gurih dan enak banget. Apalagi pake nasi hangat, Ya Allah nikmat tuhan mana lagi yang kamu dustakan. Saya tuh termasuk orang yang lebai kalau ketemu makanan enak. Selain suka bergumam "hmmm hmmm" waktu makan saya pun suka berisik nyebutin "enak" berkali-kali sambil pejamin mata. Kayaknya waktu itu ekspresi saya kayak gitu deh hahaha...

Sate Padang Mak Syukur

Kudu banget hukumnya ke Sate padang Mak Syukur yang ada di Padang Panjang. Kita pasti ngelewatin kedai makan ini kalau dari Bukittinggi ke Padang. Nah, saya pun penasaran kenapa kedai ini begitu terkenal padahal yang cuma kedai biasa yang ramai banget orang di dalamnya. Semua pramusajinya laki-laki lagi. Sama seperti sate padang sebelumnya, sate padang ini juga menyediakan aneka jenis sate padang. 

Kuliner yang Bikin Mabuk Kepayang Sama Padang

Kalau saya sih suka lidah, beda juga dari sebelumnya warna kuning kuah sate padang mak syukur itu kuning pucat kalau sebelumnya itu rasa merah kecoklatan. Kuahnya juga lebih encer dibanding sate padang yang lain tapi gurihnya dapet banget dan slurrrup kuahnya enak banget disruput sampai terpecik ke muka sendiri wkwkwk.. Jujur saya lebih suka sate padang ini daripada yang lain. Menurut saya juara deh.

Matabak Kubang dan Mie Goreng Padang Hayuda

Satu hari sebelum kepulangan perburuan kuliner masih berlangsung. Kali ini saya mau martabak yang direkomendasikan sama pak driver. Kita datang ternyata toko ini baru siap-siap buka tapi menyanggupi untuk melayani pesanan kami yaitu nasi goreng, mi goreng dan martabak kubang. 

Kuliner yang Bikin Mabuk Kepayang Sama Padang

Jadi kita juga risiko harus menunggu lebih lama di kedai yang letaknya di pusat kota Padang ini. Tapi penantian kita terbayar karena porsinya besar dan rasanya super enak. Pedas dan gurih jadi satu ditambah kaya rempah tapi gak gitu bikin pusing atau mual karena terlalu kuat. Untuk martabaknya juga tebal dengan daging besar-besar. Saya suka sih dan berhasil membuat kita susah menggerakkan badan akibat kekenyangan. wkwkwk

Kuliner yang Bikin Mabuk Kepayang Sama Padang

Sebenernya ada satu lagi kuliner yang kita makan menjelang pulang yaitu seafood di dekat hotel kami. Tapi gak usah diceritain lah karena sukses bikin saya menci menci sampai terkuras semua tenaga. begitu pun teman-teman saya, entah apa yang kami makan sampai begitu. Wkwkwk walaupun begitu saya tetap tak bisa menghilangkan imagi saya tentang itik lado ijo sampai sekarang wwkwkwkw...
Videonya di sini. 


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di