CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi di Alam Bebas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecb5371349d0f0b83439e00/10-buah-liar-yang-aman-dikonsumsi-di-alam-bebas

10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi di Alam Bebas

Buah liar yang aman diKonsumsi di alam Bebas. Hutan adalah tempat berbagai mahluk hidup tak terkecuali tumbuhan. Semua orang sudah tau bahwa banyak sayur mayor dan buah yang aman untuk dikonsumsi, tapi baginama dengan buah liar lainya?

Sebagian orang sudah terbiasa berpetualang dialam bebas, tentu mereka tahu buah liar mana saja yang sering dijumpai di sepanjang perjalanan, sebagian buah liar dapat dikonsumsi, sebagian tidak bisa karena dapat menyebabkan racun, jika anda tau tanaman apa saja yang bisa digunakan untuk Survival dan bisa dimakan.

Dibawah ini merupakan Tanaman Liar yang Bisa Dikonsumsi, ada beberapa buah liar yang aman untuk dikonsumsi dan biasanya dapat dijumpai disepanjang perjalanan, Berikut adalah daftar buah liar yang aman dimakan ketika berada dialam liar:


1.Buah Blackberyy

10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi di Alam Bebas[/td]
Tanaman pertama yang bisa kalian konsumsi ketika dialam bebas adalah tanaman Blackberry. Buah kecil yang bernama latin (Rubus fruitcosus), buah ini banyak ditemui oleh negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia ini. 

Buah ini sangat mudah ditemukan dialam liar, Ciri-ciri buah Blackberry adalah pohonya memiliki cabang merah berduri seperti pohon bunga mawar, Daun berwarna hijau lebar bergerigi dan buah seperti anggur tapi lebih kecil dan berwarna hitam . Kalian dapat mencari buah ini disekitar semak-semak,  Buah Blackberry ini memiliki rasa yang manis dan aman untuk dikonsumsi.


2.Buah Ederberries


10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi di Alam Bebas

Buah yang kedua adalah Ederberries yang memiliki nama latin (Sambucus). Buah ini dapat kalian temukan dialam bebas. Ciri-Ciri buah Ederberries adalah memiliki daun yang panjang, bulat dan sedikit bergerigi. Selain itu buah ini memiliki warna ungu gelap seperti buah anggur, bulat, kecil dan bergerombol. Buah ini Edderberries yang tumbuh di Indonesia adalah jenis Ederberris Javancia yang berada di pegunungan.

3.Buah Gosseberies


10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi di Alam Bebas

Buah selanjutnya yang bisa dikonsumsi adalah buah Gooseberries masyarakat Indonesia biasaynya menyebutnya dengan buah cermai. Buah ini memiliki ciri-ciri daunya tunggal, bentuknya bundar telur dengan ujungnya yang runcing menyudut. 

Jika kalian menemui buah ini, bunganya berwarna merah, buahnya bulat dan berwarna kuning. Rasa buah ini masam dan banyak mengandung air. Tanaman ini dapat kalian jumpai dikondisi yang lembab sampai ketinggain 1500 mdpl.

Baca Juga:Cara Membuat Api dialam Bebas


4.Mulberries

10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi di Alam Bebas

Foto/Goggle

Merupakan buah yang banyak di temui di pinnggir-pinggir jalan tapi sekarang buah ini berkurang jumlahnya dan mungkin cuma bisa di jumpai di desa" tertentu, menurunya jumlah buah ini diakibatkan taman" atau kebun di depan rumah di hilangkan dari sistem rumah pada saat ini yang mementingkan bisnisnya sendiri ketimbang mementingkan lingkungan, jadi gitu lah gambaran nasib buah mulberry saat ini.

Buah ini memiliki pohon yang cukup tinggi antara 10 m sampai 15 m, batang tidak terlalu besar dan bercabang-cabang. Sedangkan untuk karakter buah, bentuk lonjong, buah bergerombol.

5.Buah Lo

10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi di Alam Bebas

Foto/Jagadpati

Buah Lo banyak kalian jumpai didalam hutan maupun alam beban, buah ini juga menjadi makanan hewan seperti kijang. Buah Lo memiliki ciri-ciri berbentuk bulat, kulit berwarna hijau mengkilap. Bagian buah terisi oleh biji-biji kecil seperti bagain biji buah nangka. Buah Lo dapat kalian makan mentah maupun direbus


6.Buah Rotan

10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi di Alam Bebas


Meski memiliki batang pohon yang berduri, Buah rotan bisa menjadi tumbuhan yang banyak manfaat ketika survival, kalian dapat dapat menggunakan buah ini untuk dikonsumsi setelah dibakar, bantangnya mengandung air yang dapat kalian minum. Selain itu buah rotan yang masih muda aman untuk dimakan. Buah rotan memiliki ciri-ciri bentuknya kecil, bulat, kekuningan, ketika sudah matang warnya hitam dan memiliki rasa manis


7.Jambu Mete

10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi di Alam Bebas

Foto/BukaLapak

Buah yang satu ini sudah tidak asing lagi, buah ini sering kalian temui diperkebunan maupun dialam bebas. Jambu mete biasanya tumbuh dilereng gunung, akan tetapi banyak juga masyarakat lereng gunung yang memilahara jambu mete ini. Buah ini memiliki ciri-ciri diujung buahnya kaya jempol. Buah ini bisa langsung kalian konsumsi.

8.Buah Ciplukan

10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi di Alam Bebas

Buah ciplukan biasanya disebut dengan cecendet, tumbuhan ini   tumbuh sumbur dipegunungan. Tanaman yang memiliki tinggi pohon kurang lebih 1 meter ini memiliki rasa yang manis. Buahnya terbungkus oleh kucup hijau yang akan berwarna kekuninga jika sudah matang. Banyak masyarakat yang yakin bahwa ciplukan dapat mengobati penyakit asmpa, kurap, demam dan lain-lain.

Baca Juga:Jenis Kompor untuk Pendakian


9.Buah Cantingi

10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi di Alam Bebas

Cantingi merupakan tanaman yang sering kalian jumpai dipegunungan. Tanaman yang memiliki akar kuat ini merupakan tumbuhan survival yang semua bagianya dapat kalian manfaatkan. Selain daun muda yang bisa dikonsumsi, buah canting ini memliki ciri-ciri berwarna ungu

10.Pear Kaktus

10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi di Alam Bebas
Buah Pear kaktus atau yang memiliki istilah (Prickly Pear) ini dapat kalian jumpai dialam bebas. Buah ini memiliki ciri-ciri berwarna ungu dan ungu gelap dianggap paling manis. Jika kalian ingin mengkonsumsi buah ini pastikan membersihkan dahulu dur



Diubah oleh lukman1976ok


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di