- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Kupas Tuntas AE 86: Mobil Penjual Tahu Yang Viral Di Anime Initial D,Ada Yang Ingat ?


TS
si.matamalaikat
Kupas Tuntas AE 86: Mobil Penjual Tahu Yang Viral Di Anime Initial D,Ada Yang Ingat ?
Bagi gan sist penggemar film anime Jepang,pasti sudah tidak asing dengan anime Initial D bukan ?.Anime yang sempat tayang di tv swasta nasional dulu ini,cukup banyak digemari ya.Termasuk TS sendiri,ketika melihat AE 86 menaklukan mobil sekelas FD,Nissan GT R,bahkan Land Evo.Terlihat keren waktu itu 
Takumi adalah driver handal dibalik AE 86 ini,mantan anak pebalap yang kemudian menjadi penjual tahu.Gunung Akina adalah tempat ia berlatih bertahun-tahun,hingga dia mahir dan dijuluki mobil penurun bukit tercepat di Akina.Di anime ia menggunakan Toyota Corolla AE 86,nah kali ini ane akan membahas mobil legend ini.Apakah benar-benar sehebat di animenya ?

Mobil Tukang Tahu gan sist
Sumber
SEJARAH
Di era 1980-n Toyota mengeluarkan generasi kelima Corolla (E80) AE 86 adalah versi keenam dari generasi ke lima tersebut.AE 86 sedari awal sudah dirancang lebih kencang gan sist,ketimbang saudaranya si AE 85 yang punya tampang sama persis dan berpenggerak roda belakang,tipenya pun serupa dengan lampu melotot (Levin) atau pop-up (Trueno).
Toyota memasarkan produknya mulai tahun 1983-1987,dijual dalam tipe couple dan hatchback.Mobil ini menjadi favorit untuk dijadikan mobil balap gan sist karena memiliki body yang ringan,selain itu mesinnya juga sangat mudah untuk dimodifikasi.

Sumber
Mobil ini populer untuk balapan dikelas Grup A,Grup N,Rally dan Club racing. Kualitas yang melekat pada mobil ini,menjadikannya unggul di kelas balap internasional dan drifting.AE 86 menginspirasi Toyota GT 86 (2012 – sekarang),sebuah mobil sport 2 + 2 yang dikembangkan bersama oleh Toyota dan Subaru gan sist. Diproduksi oleh Subaru dan dipasarkan juga sebagai Toyota GT86,Toyota FT86,Scion FR- S dan Subaru BRZ.FYI Mobil ini di Jepang juga mendapat julukan Panda,karena warna dasar hitam dan strip putihnya,mengingatkan akan sosok hewan dari Negeri Tirai Bambu tersebut
Dapur Pacu
AE 86 menggunakan mesin 4A-GE 1.587 cc,sementara AE85 dengan 3A-U,bermesin 1.452 cc.Tak heran banyak yang memilih AE86 alias hachi-roku (86 dalam bahasa Jepang), ketimbang AE85 (hachi-go). Selain mesin kencang, AE86 sudah dilengkapi transmisi T50,5 percepatan,dan ada juga dengan pilihan otomatis.Mesin 4A-GE yang digunakan dalam AE86 dan AW11 yang dilengkapi dengan T-VIS (Toyota Variable Intake System),ada juga tambahan LSD (opsional),serta rem cakram di roda belakang.
FYI gan sist,LSD adalah komponen dari gardan untuk mengunci as roda saat mobil melewati medan yang licin, seperti lumpur atau bebatuan.Ketika mobil melewati medan yang licin, distribusi tenaga tidak hanya dibebankan pada salah satu sisi roda. Biasanya banyak ditemui pada mobil offroad
Selain itu mesin AE 86 dilengkapi pendingin oli (untuk versi AS) dan dengan putaran tinggi (7800 rpm), yang paling penting tata letak mesin di depan dengan penggerak roda kemudi belakang.

Jeroan Sang Legenda
Sumber
Keiichi Tsuciya drifter legendaris Jepang yang menjadi inspirasi Intial D pun memodifikasinya gan sist.Mesin Toyota 4A-GE diubah agar menghasilkan tenaga lebih baik.Beberapa komponen dari Toda Racing, mengisi tempat camshaft gandanya.Untuk intake berdurasi 272 derajat, sedangkan exhaust 288 derajat.Nah sudah terbukti bahwa AE86 ini memang sudah kencang pada awalnya gan sist,ditambah modifikasi dari om Tsuchiya.Semakin menggila mobil ini dibuatnya,gak salah kan kalau di anime 86 selalu menang.Cuma sekali dianggap seri lawan Land Evonya Seiji,waktu itu mesinnya terbakar
(versi anime).
Yang membedakan dari si kembar AE 85 dan AE 86 adalah bumper depan dan belakang gan sist.Dimana lampu sein dan lampu utama,serta kisi-kisi udara merupakan perbedaan utama untuk model Levin dan Trueno,termasuk untuk versi hatchback dan coupenya.Bisa dilihat dari lampu depan sih yang mencolok ya gan sist,bisa dilihat dibawah.Lampu depan AE 86 identik dengan lampu melotot

AE86 seperti ini lampunya

Ini lampu AE85-nya
Sumber Foto
AE86 Versi Amerika Utara
Pasar Toyota juga merambah Amerika Utara gan sist,disana mereka menghadirkan dua varian mobil.Varian pertama dan termasuk kelas tertingginya adalah AE86 GTS.Varian ini dibekali rem cakram di keempat rodanya,kemudian bemper memiliki warna yang sama dengan warna body.Bemper depan dan belakang juga terlihat sporty karena sudah dilengkapi dengan lips,dilengkapi transmisi manual 5 percepatan.
Untuk varian ini tachometer memiliki redline 7500 rpm,stirnya juga sudah dibungkus dengan kulit.Untuk varian ini konsumen juga mendapat tawaran dimana bisa menggunakan LSD.Velg yang digunakan pun sudah aluminium.Toyota AE86 di Amerika Utara memiliki mesin dengan kode 4A-GEC,yang telah dimodifikasi untuk memenuhi regulasi emisi pemerintah setempat.Mesin ini punya tenaga 112 bhp dengan torsi puncak 136 Nm,sudah berteknologi DOHC.

AE 86 versi Amerika Utara,GTS
Sumber
Kemudian untuk varian kedua dan masuk kelas terendah ada AE86 SR5.Varian ini menggunakan mesin yang berbeda yaitu 1587 cc dengan kode mesin 4A-C.Mesin ini menggunakan teknologi Single Over Head Camshaft (SOHC).SR5 ini masih belum dilengkapi dengan LSD,pada sistem pengereman belakang masih menggunakan drum brake.
Tapi SR5 sudah menawarkan transmisi otomatis,dimana GTS tidak memilikinya.Bagian bemper masih belum di cat gan sist,bempernya masih menggunakan warna plastik asli.Suspensi yang digunakan pada SR5 lebih lembut dibandingkan dengan milik varian GTS.Interiornya pun lebih minimalis dibandingkan dengan varian GTS.

Yang ini varian keduanya gan sist SR5
Tambahan informasi nih gan sist.Untuk pasar Jepang AE86 ditawarkan dalam beberapa pilihan varian yaitu GT,GT-APEX dan GTV.Varian AE86 GT memiliki bobot yang sangat ringan yaitu hanya 910 kilogram,memiliki eksterior yang sama seperti varian GTV.Tipe GT-APEX merupakan varian tertinggi untuk AE86 pasar Jepang,sementara AE86 GTS lebih berat dibandingkan dengan varian GT yang dijual di Jepang.GTS yang dijual di Amerika Utara memiliki bobot 998 kilogram.

Varian GTS yang dijual di Jepang
Sumber
Favorit Mobil Relli Dan Balap Mobil Sport
Varian GTS yang merupakan kelas tertinggi dari AE86 yang banyak digunakan dalam ajang balap mobil sirkuit,maupun reli gan sist.Daya tarik AE86 untuk motor sport adalah konfigurasi penggerak belakangnya,yang tidak tersedia di sebagian besar mobil coupe ringan dikelasnya.Dalam balapan mobil touring Grup A,mobil ini mendominasi kategori kelas bawah.Di mana mobil ini diadu dengan Honda Civic,AE92s dan AE101s.
Di Irlandia sendiri,di mana relli dianggap sebagai salah satu olahraga motorsport populer,karena peraturannya lebih santai dibandingkan dengan negara lain.AE86 sangat populer di negara itu gan sist. AE86 juga populer untuk digunakan untuk relli di Finlandia,di mana Si Panda Trueno tersebut dapat bersaing dalam kompetisi F-Cup untuk mobil 2WD.

Sumber

Versi rellinya nih
Sumber
FYI gan sist,AE86 mulai ikut dalam Kejuaraan Mobil Tur Eropa dari tahun 1984 hingga 1988 dengan mesin 4A-GEU 150 hp (112 kW).Pada tahun 1986 sukses mengalahkan mobil lainnya seperti BMW M6,BMW 325i (E30),Rover Vitesse,Volvo 240 Turbo ,Merkur XR4Ti ,Mazda 929,Holden Commodore (VK) , Alfa Romeo 75 (turbo V6) , dan Mercedes 190E 2.3- 16 (Bukan mobil kaleng-kaleng ya
).AE86 memenangkan kejuaraan itu dengan raihan total 267 poin, melampaui rekor Schnitzer Motorsport BMW M6,pada tahun 1986.
86 Day
Saking populernya mobil ini sampai ada festival tahunannya gan sist,di Amerika misalnya,setiap tanggal 6 Agustus dilakuakan kopdar bareng pemilik AE86 series.Untuk memperingati hari bersejarah diluncurkannya produk mobil tersebut untuk pertama kalinya

86 Day di Amerika
Sumber
Toyota diera bari ini juga menghadirkan Toyota GT86 sebagai suksesor mobil ikonik tersebut,dan mendapat sambutan baik oleh pasar otomotif dunia.Toyota GT86 yang juga dikenal dengan nama Toyota 86 atau FT86,hadir dengan dua kembarannya,Scion FR-S dan Subaru BRZ pada 2012. Mempertahankan karakter dan nama besarnya,GT86 juga sukses dan laris di seluruh dunia hingga saat ini

GT 86 versi terbaru,sang penerus AE86
Sumber
Festival ini tidak hanya diadakan di Amerika saja gan sist,tapi juga ada diberbagai negara lain didunia.Biasanya para penggila mobil di seluruh dunia merayakan 86 Day dengan mengadakan carmeet atau konvoi mobil,salah satunya adalah ’86 Fest’ yang digelar di California,AS.
Di Indonseia Pernah Ditawar 1,7 M
Dalam Gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 kemarin ada mobil yang mencuri perhatian pengunjung gan sist,mobil itu adalah 86 Si Tukang Tahu yang dimiliki salah seorang penggemar mobil di Indonesia.IMX sendiri adalah ajang modifikasi kendaraan yang menampilkan beragam mobil yang dimodifikasi beraneka rupa dengan beragam model.
Jk sang pemilik mendapatkan mobil 86-nya dalam kondisi kurang bagus gan sist,dia pun mulai merestorasi semua bagian mobilnya.Butuh waktu sampai 3 bulan untuk membuat Toyota AE 86-nya bisa tampil mulus dan sama persis seperti di film animasinya,beberapa part mobilnya juga sulit dicari.
Walau kondisinya partnya baru,tapi part itu termasuk barang lama.Seperti lampu belakang,mud guard dan stir berbalut kulit Itavolanti Initial D,yang dibuat khusus untuk AE86.
Walaupun mobil tua,tapi Om Jk membangunnya dengan sepenuh hati gan sist.Kabel pada bagian mesin juga terlihat rapi,mesin 4AGE juga sudah diupgrade semaksimal mungkin.


AE86 yang dipamerkan di IMX 2018
Sumber
Di bagian interior kendaraan kita akan melihat cup holder legendaris,dimana Takumi di anime Inital D. Berlatih drifting dengan membawa gelas berisikan air agar tidak tumpah,selain itu dibody luar juga ada tulisan kanji Jepang yang sama dengan milik 86 di Animenya.Kanji itu bertuliskan Toko Tahu Fujiwara,terakhir kali mobil Om Jk ditawar Rp 1,7 M tapi gak dikasih gan sist (
).

Interiornya gan sist,ada holder cup legendaris

Lihat ada tulisan kanji Jepangnya,totalitas sekali ya gan sist
Sumber
Waktu itu ia masih menunggu tawaran tertinggi buat Trueno miliknya,gak tahu sekarang nasibnya gimana.Sudah dibeli orang atau masih menjadi milik Om Jk,gila 1,7 M aja gak dikasih ya (
)
Mobil ini memang ahlinya ngedrift gan sist baik didunia nyata yang dilakuakn oleh Om Tsuchiya atau diserial Initial D yang dilakukan oleh Takumi,gak heran jika AE86 dijuluki Mobil Raja Drift.Mobil ini juga menjadi idola TS sejak masih kecil,apalagi model lampunya yang cukup unik dan tampilan bodynya juga lumayan sederhana.Tapi harganya memang selangit sih,gak mampu beli ane.Ane beli miniaturnya saja lah ya buat pajangan dirumah
Gimana ada yang masih ingat dengan mobil legendaris ini kalau kalian pernah nonton Initial D,pasti gak asing dengan mobil Penjual Tahu ini.Sekian dulu ya gan sist,sampai ketemu lagi.
Jangan lupa kasih komentar kalian buat mobil legend ini,bagi yang sudah mau komen ane akan kasih cendol dawet,buat yang pingin bangun rumah ane akan sumbang bata.Ditunggu komennya ya gan sist semuanya,Jangan Jadi Silent Reader,enjoy Kaskus

Takumi adalah driver handal dibalik AE 86 ini,mantan anak pebalap yang kemudian menjadi penjual tahu.Gunung Akina adalah tempat ia berlatih bertahun-tahun,hingga dia mahir dan dijuluki mobil penurun bukit tercepat di Akina.Di anime ia menggunakan Toyota Corolla AE 86,nah kali ini ane akan membahas mobil legend ini.Apakah benar-benar sehebat di animenya ?


Mobil Tukang Tahu gan sist

Sumber
SEJARAH
Di era 1980-n Toyota mengeluarkan generasi kelima Corolla (E80) AE 86 adalah versi keenam dari generasi ke lima tersebut.AE 86 sedari awal sudah dirancang lebih kencang gan sist,ketimbang saudaranya si AE 85 yang punya tampang sama persis dan berpenggerak roda belakang,tipenya pun serupa dengan lampu melotot (Levin) atau pop-up (Trueno).
Toyota memasarkan produknya mulai tahun 1983-1987,dijual dalam tipe couple dan hatchback.Mobil ini menjadi favorit untuk dijadikan mobil balap gan sist karena memiliki body yang ringan,selain itu mesinnya juga sangat mudah untuk dimodifikasi.

Sumber
Mobil ini populer untuk balapan dikelas Grup A,Grup N,Rally dan Club racing. Kualitas yang melekat pada mobil ini,menjadikannya unggul di kelas balap internasional dan drifting.AE 86 menginspirasi Toyota GT 86 (2012 – sekarang),sebuah mobil sport 2 + 2 yang dikembangkan bersama oleh Toyota dan Subaru gan sist. Diproduksi oleh Subaru dan dipasarkan juga sebagai Toyota GT86,Toyota FT86,Scion FR- S dan Subaru BRZ.FYI Mobil ini di Jepang juga mendapat julukan Panda,karena warna dasar hitam dan strip putihnya,mengingatkan akan sosok hewan dari Negeri Tirai Bambu tersebut

Dapur Pacu
AE 86 menggunakan mesin 4A-GE 1.587 cc,sementara AE85 dengan 3A-U,bermesin 1.452 cc.Tak heran banyak yang memilih AE86 alias hachi-roku (86 dalam bahasa Jepang), ketimbang AE85 (hachi-go). Selain mesin kencang, AE86 sudah dilengkapi transmisi T50,5 percepatan,dan ada juga dengan pilihan otomatis.Mesin 4A-GE yang digunakan dalam AE86 dan AW11 yang dilengkapi dengan T-VIS (Toyota Variable Intake System),ada juga tambahan LSD (opsional),serta rem cakram di roda belakang.
FYI gan sist,LSD adalah komponen dari gardan untuk mengunci as roda saat mobil melewati medan yang licin, seperti lumpur atau bebatuan.Ketika mobil melewati medan yang licin, distribusi tenaga tidak hanya dibebankan pada salah satu sisi roda. Biasanya banyak ditemui pada mobil offroad

Selain itu mesin AE 86 dilengkapi pendingin oli (untuk versi AS) dan dengan putaran tinggi (7800 rpm), yang paling penting tata letak mesin di depan dengan penggerak roda kemudi belakang.

Jeroan Sang Legenda

Sumber
Keiichi Tsuciya drifter legendaris Jepang yang menjadi inspirasi Intial D pun memodifikasinya gan sist.Mesin Toyota 4A-GE diubah agar menghasilkan tenaga lebih baik.Beberapa komponen dari Toda Racing, mengisi tempat camshaft gandanya.Untuk intake berdurasi 272 derajat, sedangkan exhaust 288 derajat.Nah sudah terbukti bahwa AE86 ini memang sudah kencang pada awalnya gan sist,ditambah modifikasi dari om Tsuchiya.Semakin menggila mobil ini dibuatnya,gak salah kan kalau di anime 86 selalu menang.Cuma sekali dianggap seri lawan Land Evonya Seiji,waktu itu mesinnya terbakar

Yang membedakan dari si kembar AE 85 dan AE 86 adalah bumper depan dan belakang gan sist.Dimana lampu sein dan lampu utama,serta kisi-kisi udara merupakan perbedaan utama untuk model Levin dan Trueno,termasuk untuk versi hatchback dan coupenya.Bisa dilihat dari lampu depan sih yang mencolok ya gan sist,bisa dilihat dibawah.Lampu depan AE 86 identik dengan lampu melotot


AE86 seperti ini lampunya


Ini lampu AE85-nya

Sumber Foto
AE86 Versi Amerika Utara
Pasar Toyota juga merambah Amerika Utara gan sist,disana mereka menghadirkan dua varian mobil.Varian pertama dan termasuk kelas tertingginya adalah AE86 GTS.Varian ini dibekali rem cakram di keempat rodanya,kemudian bemper memiliki warna yang sama dengan warna body.Bemper depan dan belakang juga terlihat sporty karena sudah dilengkapi dengan lips,dilengkapi transmisi manual 5 percepatan.
Untuk varian ini tachometer memiliki redline 7500 rpm,stirnya juga sudah dibungkus dengan kulit.Untuk varian ini konsumen juga mendapat tawaran dimana bisa menggunakan LSD.Velg yang digunakan pun sudah aluminium.Toyota AE86 di Amerika Utara memiliki mesin dengan kode 4A-GEC,yang telah dimodifikasi untuk memenuhi regulasi emisi pemerintah setempat.Mesin ini punya tenaga 112 bhp dengan torsi puncak 136 Nm,sudah berteknologi DOHC.

AE 86 versi Amerika Utara,GTS
Sumber
Kemudian untuk varian kedua dan masuk kelas terendah ada AE86 SR5.Varian ini menggunakan mesin yang berbeda yaitu 1587 cc dengan kode mesin 4A-C.Mesin ini menggunakan teknologi Single Over Head Camshaft (SOHC).SR5 ini masih belum dilengkapi dengan LSD,pada sistem pengereman belakang masih menggunakan drum brake.
Tapi SR5 sudah menawarkan transmisi otomatis,dimana GTS tidak memilikinya.Bagian bemper masih belum di cat gan sist,bempernya masih menggunakan warna plastik asli.Suspensi yang digunakan pada SR5 lebih lembut dibandingkan dengan milik varian GTS.Interiornya pun lebih minimalis dibandingkan dengan varian GTS.

Yang ini varian keduanya gan sist SR5
Tambahan informasi nih gan sist.Untuk pasar Jepang AE86 ditawarkan dalam beberapa pilihan varian yaitu GT,GT-APEX dan GTV.Varian AE86 GT memiliki bobot yang sangat ringan yaitu hanya 910 kilogram,memiliki eksterior yang sama seperti varian GTV.Tipe GT-APEX merupakan varian tertinggi untuk AE86 pasar Jepang,sementara AE86 GTS lebih berat dibandingkan dengan varian GT yang dijual di Jepang.GTS yang dijual di Amerika Utara memiliki bobot 998 kilogram.

Varian GTS yang dijual di Jepang
Sumber
Favorit Mobil Relli Dan Balap Mobil Sport
Varian GTS yang merupakan kelas tertinggi dari AE86 yang banyak digunakan dalam ajang balap mobil sirkuit,maupun reli gan sist.Daya tarik AE86 untuk motor sport adalah konfigurasi penggerak belakangnya,yang tidak tersedia di sebagian besar mobil coupe ringan dikelasnya.Dalam balapan mobil touring Grup A,mobil ini mendominasi kategori kelas bawah.Di mana mobil ini diadu dengan Honda Civic,AE92s dan AE101s.
Di Irlandia sendiri,di mana relli dianggap sebagai salah satu olahraga motorsport populer,karena peraturannya lebih santai dibandingkan dengan negara lain.AE86 sangat populer di negara itu gan sist. AE86 juga populer untuk digunakan untuk relli di Finlandia,di mana Si Panda Trueno tersebut dapat bersaing dalam kompetisi F-Cup untuk mobil 2WD.

Sumber

Versi rellinya nih

Sumber
FYI gan sist,AE86 mulai ikut dalam Kejuaraan Mobil Tur Eropa dari tahun 1984 hingga 1988 dengan mesin 4A-GEU 150 hp (112 kW).Pada tahun 1986 sukses mengalahkan mobil lainnya seperti BMW M6,BMW 325i (E30),Rover Vitesse,Volvo 240 Turbo ,Merkur XR4Ti ,Mazda 929,Holden Commodore (VK) , Alfa Romeo 75 (turbo V6) , dan Mercedes 190E 2.3- 16 (Bukan mobil kaleng-kaleng ya

86 Day
Saking populernya mobil ini sampai ada festival tahunannya gan sist,di Amerika misalnya,setiap tanggal 6 Agustus dilakuakan kopdar bareng pemilik AE86 series.Untuk memperingati hari bersejarah diluncurkannya produk mobil tersebut untuk pertama kalinya


86 Day di Amerika

Sumber
Toyota diera bari ini juga menghadirkan Toyota GT86 sebagai suksesor mobil ikonik tersebut,dan mendapat sambutan baik oleh pasar otomotif dunia.Toyota GT86 yang juga dikenal dengan nama Toyota 86 atau FT86,hadir dengan dua kembarannya,Scion FR-S dan Subaru BRZ pada 2012. Mempertahankan karakter dan nama besarnya,GT86 juga sukses dan laris di seluruh dunia hingga saat ini


GT 86 versi terbaru,sang penerus AE86

Sumber
Festival ini tidak hanya diadakan di Amerika saja gan sist,tapi juga ada diberbagai negara lain didunia.Biasanya para penggila mobil di seluruh dunia merayakan 86 Day dengan mengadakan carmeet atau konvoi mobil,salah satunya adalah ’86 Fest’ yang digelar di California,AS.
Di Indonseia Pernah Ditawar 1,7 M
Dalam Gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 kemarin ada mobil yang mencuri perhatian pengunjung gan sist,mobil itu adalah 86 Si Tukang Tahu yang dimiliki salah seorang penggemar mobil di Indonesia.IMX sendiri adalah ajang modifikasi kendaraan yang menampilkan beragam mobil yang dimodifikasi beraneka rupa dengan beragam model.
Jk sang pemilik mendapatkan mobil 86-nya dalam kondisi kurang bagus gan sist,dia pun mulai merestorasi semua bagian mobilnya.Butuh waktu sampai 3 bulan untuk membuat Toyota AE 86-nya bisa tampil mulus dan sama persis seperti di film animasinya,beberapa part mobilnya juga sulit dicari.
Walau kondisinya partnya baru,tapi part itu termasuk barang lama.Seperti lampu belakang,mud guard dan stir berbalut kulit Itavolanti Initial D,yang dibuat khusus untuk AE86.
Walaupun mobil tua,tapi Om Jk membangunnya dengan sepenuh hati gan sist.Kabel pada bagian mesin juga terlihat rapi,mesin 4AGE juga sudah diupgrade semaksimal mungkin.


AE86 yang dipamerkan di IMX 2018
Sumber
Di bagian interior kendaraan kita akan melihat cup holder legendaris,dimana Takumi di anime Inital D. Berlatih drifting dengan membawa gelas berisikan air agar tidak tumpah,selain itu dibody luar juga ada tulisan kanji Jepang yang sama dengan milik 86 di Animenya.Kanji itu bertuliskan Toko Tahu Fujiwara,terakhir kali mobil Om Jk ditawar Rp 1,7 M tapi gak dikasih gan sist (


Interiornya gan sist,ada holder cup legendaris


Lihat ada tulisan kanji Jepangnya,totalitas sekali ya gan sist

Sumber
Waktu itu ia masih menunggu tawaran tertinggi buat Trueno miliknya,gak tahu sekarang nasibnya gimana.Sudah dibeli orang atau masih menjadi milik Om Jk,gila 1,7 M aja gak dikasih ya (

Mobil ini memang ahlinya ngedrift gan sist baik didunia nyata yang dilakuakn oleh Om Tsuchiya atau diserial Initial D yang dilakukan oleh Takumi,gak heran jika AE86 dijuluki Mobil Raja Drift.Mobil ini juga menjadi idola TS sejak masih kecil,apalagi model lampunya yang cukup unik dan tampilan bodynya juga lumayan sederhana.Tapi harganya memang selangit sih,gak mampu beli ane.Ane beli miniaturnya saja lah ya buat pajangan dirumah

Gimana ada yang masih ingat dengan mobil legendaris ini kalau kalian pernah nonton Initial D,pasti gak asing dengan mobil Penjual Tahu ini.Sekian dulu ya gan sist,sampai ketemu lagi.
Jangan lupa kasih komentar kalian buat mobil legend ini,bagi yang sudah mau komen ane akan kasih cendol dawet,buat yang pingin bangun rumah ane akan sumbang bata.Ditunggu komennya ya gan sist semuanya,Jangan Jadi Silent Reader,enjoy Kaskus

Sumber: opini dan pemikiran pribadi
Referensi: 1.2.3.4.5
Ilustrasi: blog otomotif dan google image
Diubah oleh si.matamalaikat 25-05-2020 16:16






jlamp dan 14 lainnya memberi reputasi
15
6.5K
52


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan