CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Akhirnya Harga BBM Mulai Naik Lagi, Mula Tanggal 22 Mei
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecb523faf7e93660c1f7ac3/akhirnya-harga-bbm-mulai-naik-lagi-mula-tanggal-22-mei

Akhirnya Harga BBM Mulai Naik Lagi, Mula Tanggal 22 Mei

Selama pandemi corona ini segala sektor kegiatan yang ada didunia perlahan mulai berantakan. Salah satu dampak yang paling terasa adalah kegiatan perekonomian. Karena di beberapa negara sudah memberlakukan sistem lockdown, ruang gerak dalam memenuhi kebutuhan hidup pun semakin terbatas. 

Bahkan harga minyak dunia sempat turun sampai nilainya minus. Akibatnya di beberapa negara mengalami penyesuaian harga sampai penurunan harga. Salah satu kasusnya ada di negara Malaysia, disana harga satu liter bensin yang setara dengan oktan pertamax mengalami penurunan sampai 4 ribu per liter.

Akhirnya Harga BBM Mulai Naik Lagi, Mula Tanggal 22 Mei

Ubahan harga ini bisa dibilang sangat mengejutkan, bahkan pemberitaan tersebut sampai ke Indonesia dan beberapa masyarakat mulai menuntut pemerintah untuk menyesuaikan harga yang sama seperti di Malaysia.

Rumor tersebut sudah didengar langsung oleh petinggi Pertamina, dan saat ini mereka tidak bisa melakukan apa-apa sebelum aturan pemerintah diturunkan.

Tetapi belum lama ini pemerintah Malaysia kembali menyesuaikan harga bensin disana. Semula harga bbm satu liternya dibandrol RM 1.25 dan sekarang sudah kembali disesuaikan menjadi RM 1.31.

Sebenarnya tidak begitu signifikan, harga bensin RON 95 di Malaysia yang semula Rp 4.225 kini menjadi Rp 4.450. Kalau kita komparasikan, RON 95 ini hampir setara dengan Pertamax Turbo, dengan satuan harga perliternya Rp 4.450 artinya kamu sudah bisa dapat kualitas yang hampir setara namun dengan harga setengahnya.

Harga baru tersebut mulai disahkan pemerintah Malaysia pada tanggal 22 Mei 2020 kemarin. Tetapi kenapa sampai mereka berani menurunkan harga jadi semurah itu sebelumnya?

Akhirnya Harga BBM Mulai Naik Lagi, Mula Tanggal 22 Mei

Usut punya usut, untuk jenis BBM RON 95 yang dijual disana memang mendapatkan subsidi dari pemerintah…makanya mereka berani menurunkan harga sampai setengah harga BBM disini.

Sementara ini untuk harga BBM Pertamina yang ada di Indonesia masih stabil dan belum ada konfirmasi terkait penurunan harga.  “Pemerintah tetap mempertahankan kebijakan Jenis BBM Tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP),” tutur Komisi VII DPR RI, Arifin.

Kalau memang kondisinya seperti itu apa boleh buat, yang ada disyukuri aja bro.

Referensi : iwanbanaran.com(20/5/2020).

profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di