CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Corona Seperti HIV yang Cepat Bermutasi, Vaksin Pun Sulit Dibuat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecb4158facb955ed0608023/corona-seperti-hiv-yang-cepat-bermutasi-vaksin-pun-sulit-dibuat

Corona Seperti HIV yang Cepat Bermutasi, Vaksin Pun Sulit Dibuat

Corona Seperti HIV yang Cepat Bermutasi, Vaksin Pun Sulit Dibuat

  Minggu, 24 Mei 2020 -   Minggu, 24 Mei 2020

Penampakan virus corona baru (COVID-19), credit: NIAID-RML    

Virus yang telah bermutasi ini biasanya lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

SLEMAN, AYOBANDUNG.COM -- Virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19 sudah menginfeksi jutaan umat manusia di berbagai belahan dunia. Bahkan, tidak sedikit orang-orang yang meninggal dunia akibat terjangkit virus tersebut.

Kepala Divisi Pulmonologi dan Penyakit Kritis RSUP Dr Sardjito dr Sumardi mengatakan, virus corona baru ini terus bermutasi cepat. Mutasi terjadi ketika virus mereplikasikan diri di dalam sel dan menyalin kode genetiknya.


Dia menilai, virus corona jenis baru ini merupakan virus RNA. RNA merupakan strain yang saat bertemu dengan inang dapat membuat salinan baru yang bisa terus menginfeksi sel lain.

"Materi genetik Covid-19 adalah RNA dan asam aminonya terus berubah dan mutasi. Berbeda dengan virus DNA yang tidak lebih rentan terhadap perubahan," kata Sumardi, Jumat (22/5/2020).

Pakar Penyakit Dalam Spesialis Paru-Paru (Internis Pulmonologist) FKKMK UGM itu menerangkan, mutasi virus merupakan siklus yang biasa dalam evolusi. Namun, mutasi akan mengubah tingkat keparahan penyakit yang disebabkannya.


Virus yang telah bermutasi ini biasanya lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Kondisi itu berpengaruh terhadap pengembangan vaksin Covid-19. Sebab, virus terus saja bermutasi yang mengubah perilakunya dalam menginfeksi.

Hal itu sama dengan yang terjadi seperti dalam pengembangan vaksin HIV. Hingga saat ini, belum ada hasil pengembangan vaksin yang bisa mencegah penyebaran virus HIV karena terus bermutasi.

Kondisi itu membuat vaksin yang telah dikembangkan hanya sanggup melindungi dari strain virus tertentu dan tidak bisa digunakan untuk virus jenis baru. Karenanya, pengembangan vaksin untuk virus jenis RNA itu menjadi tantangan.

"Termasuk, Covid-19. Kalau sudah ditemukan vaksin ke depan harus diperbarui terus karena virusnya juga terus berubah," ujar Sumardi.

Sumardi merujuk kembali ke sifat-sifat virus RNA yang pada saat multiplikasi dapat terjadi kesalahan membaca kode asam amino yang menyusun gen virus. Sementara itu, vaksin dibuat sesuai unsur-unsur genetik virus RNA sumbernya.

Di sisi lain, saat vaksin sudah bisa dipakai untuk vaksinasi masal, virus RNA sudah mengalami mutasi unsur genetiknya. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap vaksin yang telah dihasilkan menjadikan daya proteksinya berkurang.

"Seperti juga yang terjadi kepada kasus vaksin swine flu," kata Sumardi.

Sumardi menekankan, pengembangan vaksin Covid-19 perlu disesuaikan dengan kondisi masing-masing negara. Pasalnya, virus ini memiliki karakteristik  berbeda tiap negara, bahkan yang di Indonesia berbeda dengan yang di Cina.

Dalam informasi di Global Initiative for Sharing All Influenza Data (GISAID) telah ada tiga tipe virus SARS-CoV-2 yang dikelompokkan secara global yaitu S, G, dan V. Sayangnya, virus corona di Indonesia tidak masuk ketiga tipe."Dan dimasukan sebagai tipe O, singkatan dari others atau lain-lain," ujar Sumardi.


https://www.ayobandung.com/read/2020...n-sulit-dibuat


Bakalan lama dah emoticon-Traveller

Apalagi pemerintah juga nge gampangin, sekarang aja malah dilonggarkan bahkan ramai2 pasar masih boleh, belum lagi banyak orang yg goblok, entah itu kadrun, entah itu ebong, bijimane nih emoticon-Bingung

Corona Seperti HIV yang Cepat Bermutasi, Vaksin Pun Sulit Dibuat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
seojoon dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MUF0REVER
Halaman 1 dari 2
IMO, CMIIW setidaknya HIV menyerang orang yang suka "jajan" sembarangan.

Kalo korona mah gak pandang bulu, siapa aja kena........
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Corona Seperti HIV yang Cepat Bermutasi, Vaksin Pun Sulit Dibuat

Tipu tipu oh jagonya emoticon-Smilie
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
In the end, live fuck us all emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
simsol... dan MUF0REVER memberi reputasi
Pada jaman dulu tidak ada negara khilafah yang warganya mati karena corona emoticon-Smilie


Maka dari itu, Khilafah solusinya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aprilice dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Mabok dah, bisa lama banget buat normal lagi.
bukan vaksin susah dibuat tp plecidennya planga plongo dan plin plan bikin corona menyebar
boleh dinobatkan sebagai pleciden corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniyalm dan 3 lainnya memberi reputasi
selama ga nakal..ga aneh..ente bs terhindar dari HIV..

lah ini corona....ente beribadah..ente cari nafkah...mau ngapain jg tingkat menularnya tinggi bgt...

jd lebi bahaya mana..??
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan simsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tentara allah mana bisa dilawan emoticon-Mad (S)
terima kasih cinak.. kami akan berikan status WNI buat kelean.. gini amat yak klo mereka hanya ingin jadi WN dimari..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
haha. ,ane masih kebayang dlu belajar bioLogi gambar virus2 gtu.. sayang buKu catatanya d kiloin emaK ane.. huhu.. gan / ganwati TS minta gambaran sKema virusnya donK gmn dia bermutasi berkembang infeksi, alurnya itu lo
Pake carnya Jong Un,di jamin cepet beres
HIV ada obatnya tapi yg bikin masalah reservoir si HIV itu yg sulit dimusnahkan krn letaknya tersembunyi...virusnya habis dibantai tapi akan ada virus baru yg muncul jadi gak abis2...

Pengobatan yg ada skrg cuman bikin si HIV dormant ato tidur...tapi skali lupa minum obat bakal aktif lagi...
ga demen corona, dr dl pakenya keluarga corolla emoticon-Ngacir2
minum teh pait aja tengah malem, sebelum tidur.

insya Allah sembuh.
profile-picture
atamlee memberi reputasi
Lihat 4 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Di berita lain justru katanya mutasinya cenderung lambat,
lebih lambat daripada flu musiman.
Lihat 1 balasan
Dari jurnal yang ane baca kaya Lancet, dll ko bilang sebaliknya ya? Keluarga flu itu bermutasi malah 20% kehilangan protein spike nya, bukan menguat tapi melemah.
Lihat 2 balasan
wah kok bisa sulit ya. ane harap bisa lah.
lebih berbahaya virus corona deh kayaknya, nggak pandang bulu, ada dimana mana, sangatt mudah menularkan virusnya sampe sampe harus pakai apb petugas medisnya
biarkan waktu yang menjawabnya emoticon-Cool
Bernyanyi
I stayyyy alive, stay alive, stay alive!!!!!!
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di