CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lengkap! Ini Panduan Menjalani New Normal Buat Karyawan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecb31e89a972e7f0244908e/lengkap-ini-panduan-menjalani-new-normal-buat-karyawan

Lengkap! Ini Panduan Menjalani New Normal Buat Karyawan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance.

Jakarta - Pemerintah menyebut roda perekonomian harus tetap berjalan namun tetap mengedepankan langkah pencegahan. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menerbitkan panduan untuk bekerja di situasi new normal.

Panduan yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Mulai dari aturan untuk manajemen yang harus menyediakan sarana kesehatan sampai mewajibkan pegawai menggunakan masker saat perjalanan dan di tempat kerja.

Apa saja ya peraturannya?

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam situs resmi sehatnegeriku.kemkes.go.id, menyatakan dunia usaha dan masyarakat memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan karena besarnya populasi pekerja dan besarnya mobilitas, serta interaksi penduduk umumnya disebabkan aktifitas bekerja.

"Tempat kerja sebagai lokus interaksi dan berkumpulnya orang merupakan faktor risiko yang perlu diantisipasi penularannya," kata Terawan dikutip dari situs sehatnegeriku.kemkes.go.id, Minggu (24/5/2020).

Peraturan Pemerintah nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 telah menyatakan bahwa PSBB dilakukan salah satunya dengan meliburkan tempat kerja. Namun dunia kerja tidak mungkin selamanya dilakukan pembatasan, roda perekonomian harus tetap berjalan.

"Untuk itu pasca pemberlakuan PSBB dengan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, perlu dilakukan upaya mitigasi dan kesiapan tempat kerja seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi COVID-19 atau New Normal," ujar Terawan.

Panduan pencegahan penularan COVID-19 secara rinci antara lain:

Selama PSBB bagi Tempat Kerja

a. Kebijakan Manajemen dalam Pencegahan Penularan COVID-19

1) Pihak manajemen agar senantiasa memantau dan memperbaharui perkembangan informasi tentang COVID-19 di wilayahnya. (Secara berkala dapat diakses di [url]https://infeksiemerging.kemkes.go.id.[/url] dan kebijakan Pemerintah Daerah setempat).

2) Pembentukan Tim Penanganan Covid-19 di tempat kerja yang terdiri dari Pimpinan, bagian kepegawaian, bagian K3 dan petugas Kesehatan yang diperkuat dengan Surat Keputusan dari Pimpinan Tempat Kerja.

3) Pimpinan atau pemberi kerja memberikan kebijakan dan prosedur untuk pekerja melaporkan setiap ada kasus dicurigai Covid-19 (gejala demam atau batuk/pilek/nyeri tenggorokan/sesak nafas) untuk dilakukan pemantauan oleh petugas kesehatan.

4) Tidak memperlakukan kasus positif sebagai suatu stigma.

5) Pengaturan bekerja dari rumah (work from home). Menentukan pekerja esensial yang perlu tetap bekerja/datang ke tempat kerja dan pekerja yang dapat melakukan pekerjaan dari rumah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Udah lah Pempus ga usah banyak bikin peraturan kalo hanya diatas kertas doang,emoticon-Big Grin
Kalo Pempus/Pemda ga kuat,mending bebasin aja semua,emoticon-Big Grin


Bat@
Lihat 1 balasan
Uang bisa dicari kesehatan dan nyawa bisa dibeli dgn uang
Lihat 1 balasan
New normal itu ya psbb, lebih banyak bekerja, bersosialisi, bermain, belajar dari rumah via internet, selama itu memungkinkan.
Lihat 1 balasan
pusing deh byk aturan
Negara-negara di mana infeksi coronavirus menurun masih dapat menghadapi "wabah gelombang kedua segera" jika mereka terlalu cepat mengambil tindakan pelonggaran, Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada hari Senin.


Indonesia, telat Penanganan Corona, menerapkan new normal paling cepat..... Kurva Corona aja belum ketemu puncak boro-boro melandai...
Diubah oleh Maxxx100
menurut gua penerapan new normal ga efektif lu liat aaj ya grafik corona di indo masih naik kalo ud turun baru new normal
Lihat 2 balasan
Terserah loo, mau newnormal, abnormal atau newpresiden juga terserah


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di