CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Alasan Mengapa Komunisme Dilarang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecb16eb365c4f66b068cdb2/alasan-mengapa-komunisme-dilarang

Alasan Mengapa Komunisme Dilarang

Alasan Mengapa Komunisme Dilarang

Pengamat Hukum Tata Negara Universitas Pasundan Tugiman mengatakan, paham komunis tidak boleh berkembang karena beberapa alasan, antara lain, pertama jelas paham ini sangat bertentangan dengan ajaran Pancasila, karena dari aspek teologi komunis melawan prinsip ketuhanan.

“Komunisme itu tidak mengenal adanya Tuhan, sedangkan di Indonesia dalam sila pertama Pancasila itu berbunyi ketuhana yang Maha Esa,” tuturnya kepada tagar.id saat ditemui di kantornya, Bandung, Kamis (21/9).

Lalu, alasan kedua dari aspek ideologi. Jelas komunisme ini sangat berlainan dengan paham Pancasila. Perbedaan itu nampak pada seluruh sila Pancasila. Sedangkan dari aspek sosial, komunisme mengajarkan kelas, Pancasila tidak, sehingga jelas sangat bertentangan.

“Misalnya, pertentangan antara kelas buruh dan majikan, kaya dan miskin, tuan dan bawahan. Ini sangat rentan kalau berkembang di Indonesia yang berbhineka tunggal ika ini,” katanya.

Aturan Hukum Soal Paham Komunisme

Adapun sebagai representasi dari negara hukum, tambah Kabid Hukum KONI Jawa Barat ini, maka seluruh lembaga negara dan warga negara Indonesia harus tundak pada aturan hukum, khususnya masalah paham komunisme.

“Pemerintah Republik Indonesia telah memiliki aturan hukum mengenai paham komunisme ini,” tambahnya.

Pertama, Ketetapan MPRS Nomor XXV Tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia. Ketetapan tersebut berisi pernyataan bahwa PKI sebagai Organisasi Terlarang di Seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia dan Larangan Menyebarkan atau Mengembangkan Paham atau Ajaran Komunis/Marxisme-Leninisme.

”Dalam Pasal 2 Tap MPRS Nonor XXV Tahun 1966 dinyatakan “Setiap kegiatan di Indonesia untuk menyebarkan atau mengembangkan paham atau ajaran komunisme/marxisme-leninisme dalam segala bentuk dan manifestasinya, dan penggunaan segala macam aparatur serta media bagi penyebaran atau pengembangan paham atau ajaran tersebut, dilarang,” jelasnya.

Kedua, aturan hukum yang membatasi paham dan ajaran komunis lainnya adalah Pasal 107 Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1999 tentang Perubahan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang berkaitan dengan Kejahatan terhadap Keamanan Negara, yaitu Pasal 107-a Undang-undang tersebut berbunyi; ”Barangsiapa yang melawan hukum di muka umum dengan lisan, tulisan, dan atau melalui media apapun menyebarkan atau mengembangkan ajaran komunisme/marxisme-leninisme dalam segala bentuk, dipidana penjara paling lama 12 tahun.”

“Pasal 107-c berbunyi, Barangsiapa melawan hukum di muka umum dengan lisan, tulisan, dan atau melalui media apapun menyebarkan atau mengembangkan ajaran komunisme/marxisme-leninisme yang berakibat timbulnya kerusuhan dalam masyarakat, atau menimbulkan korban jiwa atau kerugian harta benda, dipidana penjara paling lama 15 tahun.”

“Pasal 107-d berbunyi, Barangsiapa melawan hukum di muka umum dengan lisan, tulisan, dan atau melalui media apapun menyebarkan atau mengembangkan ajaran komunisme/marxisme-leninisme dengan maksud mengubah atau mengganti Pancasila sebagai dasar negara, dipidana penjara paling lama 20 tahun.”

Sementara Pasal 107-e berbunyi, “Pidana penjara paling lama 15 tahun dijatuhkan untuk mereka yang mendirikan organisasi yang diketahui atau diduga menganut ajaran komunisme/marxisme-leninisme dalam segala bentuk dan perwujudannya; mereka yang mengadakan hubungan dengan atau memberikan bantuan kepada organisasi, baik di dalam maupun luar negeri, yang berasaskan komunisme/marxisme-leninisme atau dalam segala bentuknya, dengan maksud mengubah dasar negara atau menggulingkan pemerintah yang sah.”

Lalu, ketiga, selain Ketetapan MPRS dan UU No.27/1999 tersebut Pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppres) No.2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

“Yang didalamnya juga mengatur pelarangan penyebaran paham dan ajaran komunis di seluruh wilayah Indonesia,” pungkasnya.

sumber: https://www.tagar.id/dilarang-karena-alasan-ini


profile-picture
profile-picture
profile-picture
junior43 dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Komunis tidak mengenal tuhan.kata pengamat hukum tata negara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
karna kita gak akan bisa hidup berdampingan sama komunis
kalian liat tupai berbikini sensor kpi aja ngamuk2 apalagi dinegara komunis yang semua disensor
yang jadi fanboi china karna belom idup berdampingan sama china atau minimal pernah kerja sama orang china
orangnya china itu rasis bahkan kalo sesama orang keturunan diindonesia
memang perlu dibasmi itu negara biar watak warganya berubah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cepute
Lihat 3 balasan
ya klo cm sebatas beda pemikiran mah ga berbahaya

yg berbahaya tuh yg persekusi masyarakat. menolak solatin jenazah. anak2 kecil di ajarin tereak2 bunuh2. satu keyakinan tp saling menyalahkan. dll.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 11 lainnya memberi reputasi
Jgn hany komunis, tp sosialis n marxist . .
Masih 1 keluarga tuh . .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Alasan kenapa komunisme dilarang adalah karena Amerika pake nya demokrasi bray...
emoticon-Matabelo

Ini semua kan dampak perang ideologi.
Kalau disebut melarang agama yah salah, russia dari dulu itu kristen orthodox bukan atheis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kily89
Lihat 5 balasan
Pengamat Tata Negara ajah bisa ngaco gitu, menyamakan Komunisme dengan Atheisme. padahal kan Komunisme lebih menekankan pada Filosofi Sosial, Politik dan Ekonomi belaka..
apa dia gak tau dulu PKI asalnya darimana... apa dia gak tau DN Aidit agamanya apa..

Lagian Komunisme justru tidak mengajarkan kelas kelas sosial tapi mengajarkan kepemilikan / pengelolaan bersama alat produksi dan menghilangkan hak individu.

Nah sekarang pikir agama mana yang paling mendekati ajaran tentang komunitas kebersamaan atas nama persaudaraan umat.. dimana negara dikelola oleh kepemimpinan absolut.. hayo agama mana tebak?

Atau jangan jangan selama ini memang sengaja nih membelokkan pemahaman tentang komunisme, supaya masyarakat menganggap komunisme = atheis tidak beragama, dan persamaan antara ajaran komunisme dengan agama tersebut tentang entitas kebersamaan umat dapat dilupakan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh balado.jengkol
Lihat 2 balasan
Karena yg berkuasa waktu itu kontra komunis ideologi nya

Didukung penuh sama Amerika juga yg punya ideologi bersebrangan dan sedang terlibat perang dingin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MUF0REVER
Lihat 3 balasan
Komunis Khilafah
profile-picture
profile-picture
entop dan scorpiolama memberi reputasi
gw sejak awal kurang setuju kalo komunism = ateism, tapi ...

yg jelas komunisme adalah alat propaganda supaya yg merasa jadi aktivis mahasiswa terlihat keren,
emoticon-Ngakak

11 12 sama atheisme, biar terlihat keren
emoticon-Ngakak

padahal hakekat komunism dan atheism gak tau, yg penting keren lah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
entop dan farhan.faf memberi reputasi
Lihat 3 balasan
emoticon-Malu kalo merasanya memang komunis masih ada silakan LAPOR APARAT, karena sudah jelas ada undang2 yang melarang



simple, kan? ...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Kilapah harusnya dilarang juga karena bertentangan dengan Pancasila. Jadi gak perlulah koar2 sambil bakar2 bendera. Itu kayak neriakin orang lain maling sambil dianya sendiri nenteng2 barang curian emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 9 lainnya memberi reputasi
blok goblok

KOMUNIS SOSIALIS ATHEIS

itu beda
emoticon-army
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 5 lainnya memberi reputasi
Jejak dulu



emoticon-Traveller
profile-picture
entop memberi reputasi
justru sekarang banyak yang bertingkah laku seperti paham komunis tapi berbaju agamis. itu jauh lebih berbahaya.

seakan-akan agamis, tapi jika ditelaah lebih mendalam gaya gerakannya mirip komunis. tapi bukan atheis.

emoticon-Toast emoticon-Traveller emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
komunis dilarang wujud keberhasilan propaganda mbah harto yang mendarah daging, reformasi buat adili mbah harto dan kroni2nya bahkan sampe lupa ampe sekarang kroninya ga pernah absen di pemerintahan emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
entop dan galuhsuda memberi reputasi
profile-picture
entop memberi reputasi
Zaman sekarang rakyat +62 banyak ingin kebutuhan hidupnya di urusin pemerintah tapi tdk mau diatur pemerintah

komunis rasa liberal emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh LaserBreak
Hmmm kalau bahas ideologi yang satu ini tiada habisnya karena orang kurang pemahamanemoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
entop dan kily89 memberi reputasi
paham-paham yang bertentangan dengan pancasila memang dilarang di Indonesia
profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tan malaka bisa bangkit dari kubur tertawa ngakak baca tulisan ini emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
entop dan scorpiolama memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di