CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Ada Banyak Hal Menarik Dari MIUI 12
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecac59210d2953582446140/ada-banyak-hal-menarik-dari-miui-12

Ada Banyak Hal Menarik Dari MIUI 12

Quote:
Kita semua pasti sudah pada tahu bahwa MIUI 12 sudah diluncurkan. Dan ada hal yang menarik nih untuk kita ketahui dari MIUI 12 tersebut. Karena banyak fitur baru yang diluncurkan di dalamnya. Yuk mari langsung simak saja informasinya dibawah ini.

1. Super Wallpaper
Quote:
Jadi MIUI 12 ini punya fitur baru yang pertama yang tergolong keren nih gansis, yaitu Super Wallpaper yang sama seperti live wallpaper namun dengan animasi yang interaktif sekali. Dimana pada bagian lockscreen, akan ada tampil gambar planet Mars atau bumi. Terus kalau kita melakukan unlock screen, maka tampilan gambar tersebut akan langsung nge-zoom sampai ke tampilan permukaan dari planetnya atau buminya. Dan kalau kita melakukan swipe, maka animasinya tersebut juga ikut bergerak.

2. Notification
Quote:
Jadi kalau dulu notifikasi ini digabung sama control center. Namun sekarang sudah dipisah. Dan tampilan dari notifikasi dari MIUI 12 ini sama seperti tampilan notifikasi yang ada pada iOS. Dimana kalau kita melakukan swipe down pada sebelah kiri atau di tengah layar, maka akan muncul menu notifikasinya. Akan tetapi kalau kita melakukan swipe down pada sebelah kanan layar, maka yang muncul adalah control center. Terus pada masing-masing notifikasi kita juga bisa melakukan swipe saja ke kanan untuk menghapus notifikasinya dan melakukan tap sekaligus tahan untuk manajemen notifikasinya.

3. Floating Notification
Quote:
Jadi kalau kita dapat notifikasi, maka kita bisa drag menjadi Window. Dan kita juga bisa langsung balas notifikasinya secara floating. Jadi kita tidak perlu lagi membuka aplikasinya ataupun membuka notifikasinya. Dan semua aplikasi bisa kita atur notifikasinya agar bisa floating.

4. Control Center
Quote:
Jadi kalau kita melakukan swipe pada sebelah kanan layar, maka menu control center akan terbuka. Dan control center-nya ini sekarang punya desain yang mirip juga seperti control center yang ada pada iOS. Dimana background-nya itu bisa nge-blur dan ikonnya juga bisa setengah transparan. Cuman bedanya pada MIUI 12 ini, kita masih bisa melakukan swipe lagi ke bawah untuk membuka lebih banyak lagi shortcut button. Jadi ada banyak menu yang bisa dimunculkan pada control center-nya MIUI 12 tersebut.

5. Gesture Yang Baru
Quote:
Sebenarnya gesture baru tersebut masih mirip sama yang sebelumnya. Cuman sekarang jadi ada bar-nya saja pada bagian bawah layar. Dan hal ini juga mirip dengan tampilan Gesture yang ada pada iOS juga. Terus kalau kita melakukan swipe up, maka kita akan dibawa ke menu home. Kemudian kalau kita melakukan swipe up dan tahan sekaligus, maka kita akan dibawa ke menu multitasking windows. Dan kalau untuk swipe kiri dan swipe kanan, itu adalah untuk back/kembali. Dan yang agak beda dari sebelumnya, dimana MIUI 12 ini untuk melakukan next app dan prev app, itu bisa langsung menggunakan swipe dan tahan sekaligus dibar-nya. Kemudian kita geser ke depan untuk next app dan geser ke belakang untuk prev app. Dan kita juga bisa buka menu dengan melakukan swipe pada bagian atas layar.

6. Floating Window
Quote:
Floating window ini juga mirip seperti floating notification. Akan tetapi kalau Floating Window ini adalah floating untuk aplikasi. Jadi kita bisa pilih aplikasi apa yang ingin dibuka dalam mode floating window. Jadi tampilan window ini bisa kita besarin atau kita kecilin juga. Dan kita juga bisa pindahkan tampilan window-nya ke manapun yang kita inginkan. Tampilan window tersebut juga akan terbuka terus diatas tampilan aplikasi lainnya. Jadi kita bisa membuka multitasking pakai mode tersebut.

7. Layout Yang Baru
Quote:
Dimana ada banyak sekali perombakan Layout yang ada pada MIUI 12 ini, mulai dari tampilan yang simpel seperti ikon dan baterai pada bagian top bar. Kemudian ada juga ikon panah, ikon back terus juga ada tampilan title settings yang juga ikut berubah. Jadi untuk bagian Layout dan animasi yang ada pada MIUI 12 tersebut memang betul-betul berubah semua dari sebelumnya.

8. Weather
Quote:
Dimana pada Weather ini juga sekarang punya tampilan baru yang juga mirip seperti tampilan Weather yang ada pada iOS. Dimana tampilan background dari Weather tersebut bisa diganti tergantung dari kondisi cuaca yang sedang terjadi. Kalau cuaca sedang cerah, maka akan tampil background cerah. Dan kalau cuaca lagi hujan, maka akan tampil background dengan gambar hujan. Serta Weather pada MIUI 12 ini bisa memberikan perkiraan cuaca sampai dengan 5 hari ke depannya.

9. My Device
Quote:
Jika sebelumnya adalah menu about phone, namun sekarang pada MIUI 12 menjadi My Device. My Device pada MIUI 12 tersebut tampil lebih rapi dan lebih keren. Dimana untuk storage-nya juga ada animasinya dan ada sentuhan detailnya. Kemudian tampilan mengenai device, model RAM dan spek-nya bisa langsung kelihatan pada My Device tersebut. Jadi kalau kita biasa instal aplikasi pihak ke-3 untuk cek spek dari Xiaomi kita, nah sekarang pada My Device ini bisa langsung kelihatan semua.

10. Privacy Protection
Quote:
Kini pada MIUI 12 ada fitur Privacy Protection. Dimana kita bisa lihat statistik dari penggunaan permission oleh masing-masing aplikasi dan aplikasi apa saja yang melakukan akses pada kontak, calling story, mic dan storage juga. Jadi semuanya bisa kelihatan pada Privacy Protection tersebut. Terus ada juga menu minutes untuk mengatur permission-nya. Dimana misalnya akses lokasi bisa kita izinkan akses selamanya atau hanya akses sewaktu aplikasi dibuka saja.

Pada MIUI 12 ini juga ada fitur baru yaitu virtual ID. Virtual ID ini adalah identifier virtual yang membuat aplikasi tidak langsung melakukan trek identifier aslinya dari HP kita. Jadi intinya semua hal yang mengatur permission dan privacy pada HP kita, sekarang sudah terkumpul menjadi satu. Tentu hal tersebut sangat memudahkan kita dalam melakukan monitoring privasi.

11. Screen Time
Quote:
Pada Screen Time ini kita bisa melihat status penggunaan HP kita baik harian maupun mingguan. Kemudian kita juga bisa membuat limit harian untuk kategori aplikasi yang mau kita lakukan limit.
Terus pada bagian dashboard-nya juga ada menu fokus mode. Jadi fokus mode ini adalah fitur untuk mematikan semua gangguan pada HP kita mulai dari notifikasi, internet dan yang lainnya. Jika mode tersebut aktif, maka kita hanya bisa pakai HP kita buat kamera dan emergency call saja selama waktu yang kita tentukan.

12. Dark Mode 2.0
Quote:
Dark mode 2.0 ini lebih cerdas dari dark mode yang sebelumnya. Karena tebalnya font dan kontrasnya bisa berubah otomatis sesuai dengan kondisi cahaya yang ada. Kita juga bisa pilih aplikasi apa yang mau kita lakukan dark mode dan aplikasi mana yang tidak. Dan kita juga bisa atur wallpaper ke mode dark mode atau tidak.

13. Anti Flicker Mode
Quote:
Layar HP akan membuat mata kita lebih nyaman dan tidak mudah lelah dalam kondisi low-light. Karena Flicker sudah berkurang jauh. Jadi kalau kita sering bermain HP pada malam hari baik itu untuk chatting, main game, browsing, nonton film dan lainnya, maka cocok sekali aktifkan fitur tersebut.

14. Video Toolbox
Quote:
Video Toolbox ini bisa kita lakukan dengan cara swipe layar HP ketika sedang menonton video. Jadi Video Toolbox ini berlaku untuk aplikasi video player bawaan Xiaomi, MI video, Netflix dan Frame Video. Pada Video Toolbox ini, kita bisa mengatur style. Dimana ada pilihan style outdoor, cinema dan lainnya. Jadi video yang kita tonton tersebut akan langsung di overlay sama style yang dipilih.

15. Health App
Quote:
Kita bisa lihat tentang data tidur dan lainnya pada Health App ini. Bahkan untuk cewek juga ada data untuk tracking memstruasi dalam Health App tersebut.

16. Lockscreen Shortcut
Quote:
Pada Lockscreen Shortcut ini, jika kita melakukan swipe kanan pada layar HP, maka akan muncul deretan shortcut yang bisa dipilih seperti kontak, kalender, kalkulator dan yang lainnya. Dan hal ini menurut saya lebih bagus kalau kita aktifkan face recognition-nya. Karena kalau tidak, maka kita akan selalu diminta memasukkan password, sidik jari atau juga pola ketika melakukan akses pada Lockscreen Shortcut tersebut.

17. Lite Mode
Quote:
[/CENTER
Lite Mode adalah tampilan MIUI yang dibuat menjadi lebih simpel. Terus ikon dan hurufnya juga jadi besar semuanya. Jadi Lite Mode ini cocok diaktifkan kalau agan sista ingin memberikan HP Xiaomi agan sista untuk orang tua atau buat kakek nenek agan sista biar lebih nyaman saat dipakai oleh mereka.

18. File Manager Terbaru

Sekarang kita bisa dengan mudah sekali untuk menampilkan storage, recent file atau folder, dokumen, video dan yang lainnya melalui File Manager. Dan kita juga bisa melakukan short file dan juga folder berdasarkan alfabet, tipe sampai dengan waktu. Nah, kita juga bisa dengan mudah mengubah view-nya menjadi list atau galeri. Dan tampilan foldernya juga lebih bagus dan lebih rapi dari File Manager sebelumnya.

19. Private DNS
Quote:
Kini kita bisa temukan Private DNS pada menu setting connection and sharing. Kita tidak perlu ribet lagi untuk mencari opsi tersebut. Dan kita tinggal masukin saja Private DNS yang kita inginkan. Jadi kalau kita melakukan browsing, maka kita bisa buka website atau yang lainnya yang tidak bisa dibuka tanpa Private DNS yang aktif sebelumnya.

20. AOD Semakin Bervariasi
Quote:
Pada MIUI 12 sudah ada AOD (Always On Display) dengan pilihan yang semakin keren dan semakin bervariasi. Kita bisa pilih sendiri sesuai dengan selera, bahkan kita juga bisa membuat tulisan sendiri seperti keinginan kita. Jadi buat kita yang menggunakan Xiaomi dengan layar yang sudah AMOLED, hal ini sangat terlihat keren tentunya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
WOW, makin hari makin canggih aja nih teknologi. kereeeennnnn!!!!
profile-picture
profile-picture
juruketik69 dan indriketaren memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lagi asik asik coba coba MIUI baru and then muncul iklan teros emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dwikusumad dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
"terinspirasi" iOS.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dwikusumad dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
private dns baru ada di miui 12?
Lihat 2 balasan
oke sih, tp ane ga percaya sama privacy nya jd mending stock amdroid
Lihat 1 balasan
contoh hpnya type apa aja
paling menarik kayaknya xiaomi lite mode
akankah masih ada iklan...
Lihat 1 balasan
semoga tidak ada iklan2 annoying lgi di app bawaan, biar kepake nihh app bawaannya
ini hape makin hebat aja fiturnya
Emang udah ya? Ane belom dapet 😂
ah masa seh
uwooogh 😱😱😱😱
wah...udah update blm ya
MIUI ku kok masih 11 ya, gak ada update.an terbaru lagi
emoticon-Bingung
Ooh begono ya emoticon-Traveller
#mendingZenUi

Ada Banyak Hal Menarik Dari MIUI 12

profile-picture
NecroTorture memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
Apple nyimeng
profile-picture
NecroTorture memberi reputasi
semuanya sekarang pada niru2 iOS emoticon-Traveller
pny gw dh gabisa update lg mentok d miui 10emoticon-Frown(, redmi 4a gini amat dh
profile-picture
NecroTorture memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di