CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pertama Kali Lebaran di Tanah Perantauan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec9b715337f9315312a718f/pertama-kali-lebaran-di-tanah-perantauan

Pertama Kali Lebaran di Tanah Perantauan


Pertama Kali Lebaran di Tanah Perantauan



Jroning roso tan kuwowo

Kangen marang kluwargo

Lungo adoh soko ndeso

Golek sandang lan boga

Pirang-pirang tahun tak lakoni

Ganti dino lawan sasi

Kapan... nggonku amungkasi


Aku kangen bali ndeso

Kangen anak lan kluwargo

Aku kangen bali ndeso

Romo ibu nyuwun dungo

Aku kangen bali ndeso

Ingkang putro murih raharjo



Menurut ane lagu ini cocok banget untuk situasi seperti sekarang. Sudah tiga bulan kegiatan kita dibatasi karena virus sialan ini. Mau kemana-mana ga boleh, mau kumpul ga boleh, semuanya dipersulit. Hari ini sudah idul fitri. Seharusnya ane (dan sebagian besar masyarakat di Indonesia) sudah berada di kampung halaman, sudah sungkeman, bagi-bagi amplop, makan opor, kumpul bercengkrama dengan keluarga besar, dan juga berkeliling ke rumah tetangga untuk silaturahmi salam-salaman. Tapi kenyataannya, kita masih di tanah perantauan.


Jujur ini pertama kali ane lebaran jauh dari keluarga. Rasanya ada yang aneh. Biasanya H-1 lebaran ane disuruh bayar zakat fitrah ke masjid dengan membawa beberapa karung beras. Malamnya ke rumah tetangga untuk mengambil titipan lontong. Terus paginya antre mandi untuk solat ied di lapangan belakang kantor agama. Pulangnya di sepanjang jalan salam-salaman ke tetangga. Lalu di rumah antre untuk sungkeman kepada keluarga yang lebih tua.  Duh ga kuat rasanya untuk nulis semua kenangan itu satu-satu.


Tapi alhamdulillah beberapa hari lalu orangtua ane mengirim beberapa kue nastar. Katanya biar ngerasain lebaran. Walaupun sebenarnya bukan itu yang ane butuhkan, yang ane butuhkan adalah ada di antara kalian. Tapi gapapa, ini juga udah sedikit mengobati rasa kangen ane kepada kalian. Terima kasih banyak.


Pahit memang, tapi ya beginilah keadaannya. Ane hanya berharap semoga virus ini segera hilang dari muka bumi ini. Agar kita bisa kumpul dengan keluarga lagi. Bisa berkegiatan bebas lagi seperti sedia kala. Mungkin setelah virus ini hilang atau PSBB mulai ditiadakan akan ada kegiatan cuti massal dari masyarakat perantauan di Indonesia wkwk.



Untuk yang membaca khususnya kepada masyarakat perantauan yang ga bisa mudik. Selamat hari raya idul fitri. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita bisa berkumpul lagi dengan keluarga kita di waktu dekat ini. Salam dari Jakarta.
Polling
7 Suara
Mudik lebaran ga tahun ini? 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mocha.taufan dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh edwardeor
Pertamax dulu
profile-picture
profile-picture
mocha.taufan dan callme.maybe memberi reputasi
jaman ane SMA sudah diluar provinsi... beberapa kali ga mudik lebaran... ane ga merasa selebai org2 saat ini...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mocha.taufan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sabar ya gan. ane juga dulu sempet ngerasain kayak gini pas kuliah jauh dari keluarga. yah kita doakan aja dan jan lupa komunikasi intens dengan keluarga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mocha.taufan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sama gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mocha.taufan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kok biasa aja yah
beda ama letto yg dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mocha.taufan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wih semangat gan,,,jadi kepengen juga nih ngerantau pengen tau rasanya jauh dari orang tua emoticon-Mewek emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mocha.taufan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Middle east gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mocha.taufan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sedih bre
profile-picture
profile-picture
mocha.taufan dan edwardeor memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dr SMA merantau d kota provinsi sebelah..tiap lebaran pulang..
pas ada Corona, d suruh pulang sama semua pihak..meski lebaran d rumah..tetep kayak gk lebaran..gk pergi2..sepi
moga vaksin virus ini segera d temukan, agar kehidupan bisa berjalan normal kembali^^
profile-picture
profile-picture
mocha.taufan dan edwardeor memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Ada yang janggal ya gan gak lebaran di rumah
semoga ini gak masuk di list New NormaL emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
mocha.taufan dan edwardeor memberi reputasi
Lihat 1 balasan
merantau dan jauh dari orang tuanya sih "biasa"... melewatkan lebaran jauh dari orang tua mungkin bagi sebagian orang juga udah biasa...

tapi gegara corona ini emang rasanya beda, ada khawatirnya juga emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
mocha.taufan dan edwardeor memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Berbagi cendol!! Jangaan pelitt woii!! emoticon-Coblos
profile-picture
edwardeor memberi reputasi
Lihat 1 balasan
anda tidak sendiri.
profile-picture
edwardeor memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di