CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec96520c8208422cf75d8b3/jalangkote-cemilan-di-hari-raya-idul-fitri-eits--jangan-dibully

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!

Resep Jalangkote/Pastel


Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Ilustrasi di sini


Membaca thread kaskuser tentang perundungan penjual jalangkote, membuat saya penasaran, apa itu jalangkote? kalau melihat gambarnya mirip pastel, akhirnya saya mencari di mesin pencarian, iya memang benar adanya jalangkote memang pastel yang selama ini saya suka, yang membedakan kulit jalangkote lebih tipis, pastel lebih tebal, kalau isian, dari beberapa sumber sesuai selera.

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Selengkapnya di sini


Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Sumber di sini

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Sumber di sini


Di bulan Ramadhan ini banyaknya yang menjual gorengan, meski di tengah pandemi, yang namanya mencari nafkah harus terus berjalan, memang tidak seramai sebelum virus Corona ini melanda.


Banyaknya gorengan yang ada hanya tahu isi, risol, bakwan (bala-bala), mendoan, pisang, dan ubi, tetapi yang menjual jalangkote/pastel bisa dibilang langka.


Berhubung sebentar lagi menjelang Idul Fitri, tukang jualan sudah pada libur, mereka sibuk memasak keperluan sendiri untuk lebaran, akhirnya saya membuat jalangkote sendiri.


Resep Jalangkote atau pastel ala Cahaya:

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!


Bahan untuk kulit:

Terigu seperempat dibagi 2
Mentega
Butter 1 sendok makan
Minyak goreng 1 sendok makan
Telur 1 butir
Garam secukupnya
Lada secukupnya
Penyedap (skip)


Bahan isi:


Bawang merah
Bawang putih
Lada bubuk secukupnya (kalau mau pedas boleh diperbanyak ladanya)
Ketumbar secukupnya
Irisan cabai
Garam secukupnya
Penyedap (skip)
Wortel 2 (diiris dadu kecil-kecil)
Kentang 2 (diiris dadu kecil-kecil)
Buncis iris kecil-kecil
Daun bawang
Seledri
Daun kelor
Bakso lobster (bisa telur)
Minyak goreng untuk menumis dan menggoreng.

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!


Cara membuat isian:


Bawang merah, bawang putih, dan cabai diiris tipis, tumis sampai harum, setelah itu masukkan air, setelah mendidih masukkan wortel dan kentang, lima menit kemudian (setelah kentang dan wortel empuk) baru masukkan buncis nya, aduk-aduk sebentar matikan kompor.


Setelah kompor dimatikan baru masukkan daun bawang, daun seledri, dan daun kelornya, untuk menambah rasa masukkan garam dan penyedap.


Setelah bahan isian sudah diolah, barulah saya membuat bahan untuk kulitnya, khawatir bahan kulitnya akan cepat keras bila kena angin, nanti susah dibentuk.


Cara membuat kulit jalangkote/pastel:

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Talenannya bersih ya gansis, 🙈 itu sudah lama belum ganti-ganti


Bahan untuk kulit dicampur jadi satu, aduk sampai kalisemoticon-Blue Guy Peace (sampai bisa dibentuk).


Quote:



Setelah selesai dibentuk, masukkan bahan isiannya, bentuk secara manual, (tanpa cetakan) meskipun bentuknya kurang maximal, tetapi rasanya nikmat dan renyah.

Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
Tidak kelihatan bentuknya, adonan tanpa campuran airemoticon-Ngaciremoticon-Wowcantikemoticon-Genit


Cemilan untuk lebaran, di mana ketika lebaran yang disajikan hanya kue kering, dan rasanya hampir semua manis, dengan hadirnya jalangkote membuat Idul Fitri berbeda.

Spoiler for Kue lebaran:


Spoiler for pic pastel:


Memuji buatan sendiri emoticon-Malu

Ternyata memang saya selalu gagal kalau bikin kue. Eits Jangan Dibullyemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Ngacir


Jakarta, 03:48
Sabtu, 23 Mei 2020
30 Ramadhan 1441H



Terimakasih yang sudah membaca


emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Keep smile and istiqamah.


Saran dan kritik dengan cara yang sopan.
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin 1 Syawal 1441 H
profile-picture
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Cahayahalimah
Halaman 1 dari 2
reserve
profile-picture
profile-picture
lenitan dan Richy211 memberi reputasi
again
profile-picture
profile-picture
lenitan dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
sm kyk ane klo bikin pastel atau yg dibentuk2 gtu, kyk dimsum juga misalnya

males emoticon-Ngakak (S) jd bentuknya random
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ouh ini pastel enak bundaaa
profile-picture
profile-picture
lenitan dan Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 4 balasan
makanan paporit ane nih
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
jangan gebukin pedangannya yaaemoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
yg penting rasanya enak emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Sist TS mau ndak Ane bully???
emoticon-Malu

Biar masuk tipi...
emoticon-Goyang
Jalangkote Cemilan di Hari Raya Idul Fitri, Eits .... Jangan Dibully!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adolfsbasthian
Quote:


Sering dimasakin dong gan, senangnyaemoticon-2 Jempol

Quote:


Iyes siap, apa sih yg ngga buat kamuemoticon-Shakehand2

Quote:


Iyes sis

Quote:


Hihi om adolf mahemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wahhhh ... ane paling suka nih
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
lagi viral.
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
Jalangkote/pastel =mudik/pulang kampung
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
Quote:


Iya sis, gara2 perundunganemoticon-Mewek

Quote:


Hehe bisa aja perbandingannya ganemoticon-Matabelo
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
pastel approved emoticon-pencet
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
enak inihhhh ane baru makan sekali jadi pengen makan lagi deh
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
wow... masak nih... jalankote handmade. pasti enak
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
kalo makan ini, selalu mencari harta karun wkwk yaitu telurnya wkwk
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
Quote:


emoticon-welcomeemoticon-terimakasih

Quote:


Kalau daerah saya jarang yg jualemoticon-Matabelo

Quote:


Hihi iya buatan sendiri pastinya enak#muji diri sendiri

Quote:


Hehe saya tidak.pakai telur, pakainya bakso lobster ajaemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan l13ska memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ouw....klu didaerah ane ini namany pastel sis....isiny bsa syuran atau ikan sma telur sesuai selera.kta
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
apapun itu entah bentuknya yang kurang menarik atau gimana kalau buatan sendiri sih enak enak aja walau menurut orang kain masih kurang oke itu sih ane ya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di