CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kekuatan TNI Paling Ngeri di Asia Tenggara, Malaysia Wajib Ketir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec95cbe7414f562ce2ac3c0/kekuatan-tni-paling-ngeri-di-asia-tenggara-malaysia-wajib-ketir

Kekuatan TNI Paling Ngeri di Asia Tenggara, Malaysia Wajib Ketir

JAKARTA – Melihat prestasi Indonesia di mata dunia memang tidak diragukan lagi. Salah satu kejuaraan menembak internasional yang selalu diikuti Indonesia menjadi ajang pembuktiannya.

Dalam kejuaraan AASAM (Australian Army of Skill Arms at Meeting) Indonesia berhasil menjadi juara bertahan sebanyak 12 kali.

Selain itu, Indonesia juga tercatat memiliki kekuatan militer terkuat peringkat 16 dari total 138 negara di seluruh dunia. Bayangkan saja, Indonesia berada di peringkat 20 besar dunia dan mampu unggul se-Asia Tenggara.

“Untuk tahun 2020, Indonesia berada di peringkat 16 dari 138 negara. Negara-negara yang dipertimbangkan untuk tinjauan GFP (Global Fire Power) tahunan. Indonesia memegang peringkat PwrIndx (Power Index) sebesar 0,2544 (0,0000 dianggap sempurna),” tulis GFP yang dikutip VIVA Militer Sabtu 23 Mei 2020.

Setiap negara yang berada di pantauan GFP, dinilai melalui proses formula in-house untuk menghasilkan skor PwrIndx (PowerIndex). PwrIndx ini digunakan untuk menetapkan peringkat GFP final untuk setiap tahunnya.

Dalam situs GFP ini, tercatat pula jumlah kekuatan dari setiap matra yang ada. Untuk TNI AD sendiri tercatat memiliki 313 tank tempur, 1.178 kendaraan tempur berlapis baja, 153 artileri swa-gerak, 366 artileri tarik, dan 36 pelontar roket.

Kemudian, untuk kekuatan TNI AU tercatat memiliki 41 pesawat tempur, 39 pesawat untuk serangan khusus, 54 pesawat angkutan, dan 109 pesawat untuk latihan. Lalu ada pesawat yang digunakan untuk misi khusus berjumlah 5 pesawat.

Tidak hanya pesawat, TNI AU juga memiliki helikopter yang berjumlah 177 buah. Untuk helikopter yang dikhususkan untuk berperang berjumlah 16 heli.

Untuk TNI AL tercatat memiliki 7 kapal perang berjenis frigatest, dan 24 kapal perang berjenis corvettest. Untuk kapal induk dan kapal penghancur, TNI AL tidak memilikinya dan ini bisa dijadikan masukan untuk ke depannya agar Indonesia setidaknya memiliki kapal induk dan penghancur. Sehingga kekuatan untuk menjaga perairan Indonesia semakin kuat.

TNI AL juga tercatat memiliki 5 buah kapal selam, dan 156 kapal yang digunakan untuk berpatroli. Mengingat wilayah Indonesia yang terdiri dari luasnya lautan. Ternyata TNI AL juga memiliki kapal perang yang bisa mendeteksi ranjau yang berjumlah 10 kapal.

Nah dengan fakta kekuatan militer ini, negara tetangga seperti Malaysia yang selama ini sering mengusik Indonesia wajib ketir.

https://www.viva.co.id/amp/militer/m...ia-wajib-ketir

Oke, sekarang mari kita bahas kekuatan anggaran militer:

Anggaran Militer Indonesia: 105 Triliun

Anggaran Militer Malaysia: 49 Triliun

Anggaran Militer Singapura: 145 Triliun

Anggaran Militer Filipina: 62 Triliun

Anggaran Militer China: 3.500 Triliun

Anggaran Militer Amerika Serikat: 27.000 Triliun

Anggaran Militer Myanmar: 24 Triliun

coba kita lihat, kok bisa anggaran militer singapura lebih besar dari Indonesia? Padahal kan mereka negara kecil emoticon-Bingung

Target kedepan, Indonesia bikin kapal Induk sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
karena pertahanan singapura itu beli gan, kalau negaranya diserang, amerika, china, jepang gerak bantuin singapura masa ga pake uang. ada iuran tahunan donk bos hahahahah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Skill individu mungkin, tapi kadang kalo kita ngomongin kekuatan militer negara, adalah politik yang menentukan, aceh butuh lebih dari 3 dekade, papua masih gejolak.
Percuma punya personel militer legend selama medan tempurnya dibikin bahan politik.


Tbh, militer paling badass menurut gue vietnam. Diasah ratusan taun lawan perancis, bikin amerika trauma dan ngebully kamboja khmer merah polpot sampe pecah itu junta sialan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tonidookie
Lihat 20 balasan
Wow, ternyata Paya Air Base, bandara militer singapura juga tempat mangkalnya pesawat pesawat tempur amerika..

wah, ada dimana mana ternyata emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jeffm12 memberi reputasi
Mau anggaran pertahanan lebih gede ? Kurangin aja itu porsi anggaran kementerian agama emoticon-Embarrassment dan naikin persentasenya jadi diatas 1% dari GDP Indonesia emoticon-Big Grin


Dan kalau mau kuat, harus ikut cara Singapura deket sama AS dan buang jauh-jauh produk non-AS serta sekutunya kek produk asal China dan Rusia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh killergodnana
Lihat 2 balasan
Emg si paling gede di asean tapi blom ideal ama besarnya wilayah termasuk ngeblangsaklah menrut ane,trus perbandingan militer aktif ama jumlah penduduk masi jauh. Imoemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
padahal indo itu satu2nya negara di dunia yg punya 4 selat strategis sebagai pusat maritim global.. Selat Malaka, Selat Sunda, Selat Lombok, dan Selat Makassar.. armada laut kita jg harusnya paling kuat di dunia.. bs menguasai 4 selat strategis tadi artinya menguasai serta mengendalikan 80% militer dan ekonomi global..

Kekuatan TNI Paling Ngeri di Asia Tenggara, Malaysia Wajib Ketir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zinaitudosa
Lihat 2 balasan
kntl..ingrris persemakmuran malaysia, sama aja lwn ingrris

profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Wajib ketir2 ? emoticon-Bingung emang klean maw ngapain sih...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
tni ?
lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rakusentai dan 3 lainnya memberi reputasi
halah kontowl, dari jaman orde lama perang lawan malaysia tahun 60-an gak sedikit tni yang terganyang di malaysia, kenapa gw tau ??? kakek gw bagian dikirim ke malaysia dan gw berani sumpah tni gak ada apa-apanya begitu sampai ke tanah jiran alias macan ompong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
faris1234 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Yang jelas satu-satunya negara di dunia yang melatih tentara amerika adalah TNI karena Amerika pernah babak belur waktu perang Vietnam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rakusentai dan 4 lainnya memberi reputasi
Kalo skrg kyknya lebih utama sistem persenjataan alias alusista deh. Kontak fisik mah belakangan, skrg jaman pencet tombol satu kota rata dgn tanah.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jeffm12 memberi reputasi
Mosok sih ngeri?
Kok sama KKB / OPM kalah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Raaiiinnn dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Yang paling parah Presiden suruh maju perang......yang ngeri presidennya mungkin
Terus kalo paling ngeri kenapa?
Gw harus bilang wow gitu?

Stupid country with stupid people tetapnya stupid country with stupid people

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rakusentai dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Exorcizm
Lihat 1 balasan
acuan gfp ya kerenn saking kerenya lupa 16 heli tempur dibagi per provinsi aja ga cukup 34 pesawat tempur 1 per provinsi oke tank 313 pulau 17000 , itungan nya gfp mungkin berkiblat ke jumlah tentara aktif mungkin, halo mau perang darat laut udara amat siap kan permesta pertahanan semesta 200 jt jd tameng gerilya di hutan yang makin ga ada pake bambu runcing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
windmilz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
pfft kontes individu kejuaraan dijadiiin patokan emoticon-Leh Uga selalu yg dibanggakan gombal firepower atau kontes kecantikan emoticon-Leh Uga gimana kabar tentara2 negara maju macem inggris,amerika,israel dsb yg sering terjun kemedan perang dan ngadepin teroris mereka dibawah TNI gitu emoticon-Big Grin
g usah jauh2 perang antar negara lawan KKB aja empot2an ogah2an dikirim ke perbatasan enakan dijakarta bisa persekusi sipil klo mereka salah sama byk lahan basahnya emoticon-Shutup GAM dulu klo g ada tsunami juga g bakal tuh sedikit menghilang dari aceh emoticon-Big Grin
negara maritim tapi kapal untuk patroli aja dikit diceroboh CG menlen aja g kuat emoticon-Leh Uga nama AL tapi keseringan di darat emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
windmilz dan 8 lainnya memberi reputasi
Serah, emank kita mau perang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
salah satu faktor yg ngangkat koefisien di GFP adalah man powernya..
semoga TNI selalu jaya di darat laut dan udara.
tugas paling urgent menumpas separatis di Papua yg banyak menelan korban jiwa
profile-picture
profile-picture
nasgorbabi dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Masalahnya sekarang dengan kekuatan militer terbesar pun, amerika keok dengan ancaman penyakit corona.

Ibarat orang sibuk mengeluarkan anggaran besar besaran buat pagar depan rumah, taunya ada maling masuk lewat tembok belakang
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di