CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Siapkan Gugatan ke Pemerintah soal Harga BBM Tak Turun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec93da60577a97f2c7c2601/warga-siapkan-gugatan-ke-pemerintah-soal-harga-bbm-tak-turun

Warga Siapkan Gugatan ke Pemerintah soal Harga BBM Tak Turun

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengamat energi Marwan Batubara tengah menyiapkan kajian untuk menggugat pemerintahan Presiden Joko Widodo karena harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tak kunjung turun.

"Kami sedang menyiapkan gugatan itu, kami berhak menggugat untuk ganti rugi akibat kebijakan saat ini. Rencananya gugatan ke Pengadilan Negeri atau Mahkamah Agung," ujarnya dalam diskusi virtual, Jumat (22/5).

Marwan yang juga Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS) menyebut harga BBM seharusnya turun lantaran indikator formulasi penentuan harga BBM berupa harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Oils Price/ICP) dan nilai tukar rupiah terus menurun.

Menurut Marwan, masyarakat sebagai pihak yang dirugikan pun berhak turut serta dalam rencana gugatan ini.

Ia mengestimasi kerugian masyarakat akibat harga BBM yang tak kunjung turun mencapai Rp13,75 triliun. Kerugian itu dihitung sejak harga minyak mentah dunia mengalami penurunan turun.
Marwan belum bisa memastikan kapan gugatannya dilayangkan. Tetapi, dia menyatakan gugatan bisa diajukan karena pemerintah tidak konsisten dengan aturan yang dibuat sendiri.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 48 Tahun 2018, menurut Marwan harga BBM seharusnya merujuk pada indikator pembentukan berupa harga minyak mentah dan kurs rupiah. Sementara kedua indikator itu nilainya menurun dalam beberapa bulan terakhir.

"Tapi kenapa sudah dua bulan itu tidak dilakukan, dari April sampai Mei ini? Pertamina bilang karena belum ada izin dari pemerintah, tapi aturannya sudah jelas itu bisa tinggal mengajukan kalau perlu penyesuaian ke pemerintah," ucapnya.

Ia menduga penurunan harga BBM tidak kunjung dilakukan karena PT Pertamina (Persero) masih memiliki beban keuangan akibat penugasan yang selama ini diberikan pemerintah. Penugasan itu mulai dari penyaluran BBM subsidi hingga kebjakan BBM satu harga di seluruh Indonesia.

Acuan harga BBM sebelumnya merujuk pada Kepmen ESDM Nomor 187K/10/MEM/2019, yang diterbitkan menteri kala itu Ignasius Jonan. Namun aturan itu diganti dengan oleh Menteri ESDM yang baru Arifin Tasrif dengan merilis Kepmen ESDM Nomor 62K/MEM/2020 pada 28 Februari 2020.

Senada, pengamat energi sekaligus Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) Ahmad Safrudin mengatakan masyarakat dapat menuntut pemerintah yang belum menurunkan harga BBM.

Harga BBM yang tak berubah disebut Ahmad memberikan dampak kerugian secara materil dan nonmateril. Berdasarkan hitungannya, harga BBM yang tak kunjung turun menciptakan nilai kerugian mencapai Rp127 triliun selama tujuh bulan terakhir.

"Dampak kerugian masyarakat di berbagai daerah karena harga yang tidak diturunkan dari kalkulasi kami selama kurang lebih tujuh bulan itu Rp127 triliun," ucap Ahmad.

Menurutnya, ada sejumlah aturan hukum yang bisa menjadi basis gugatan dan memiliki peluang besar, mulai dari hukum tentang perlindungan konsumen, penjaminan kualitas udara, hak asasi manusia, hingga minyak dan gas.

"Yang paling depan adalah undang-undang perlindungan konsumen karena harga BBM yang tinggi tidak sesuai fakta di lapangan dengan harga pokok yang tidak sesuai," katanya.

Petugas SPBU melayani masyarakat dengan mengisi BBM jenis Pertalite di Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu (5/12/2019). PT. Pertamina (Persero) menurunkan harga BBM Non Subsidi Rp.100 - Rp. 250, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan sekaligus mengajak masyarakat agar beralih menggunakan produk-produk berkualitas non subsidi.

Menurut Ahmad, bila gugatan ini menang dan pemerintah terbukti salah serta harus mengembalikan kerugian kepada masyarakat, hal ini tidak harus dilakukan dengan memberi dana kepada masyarakat.

Gantinya, pemerintah bisa memberi aliran dana bagi pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT). Ia menyebut energi yang lebih berkualitas merupakan hak masyarakat dan hal ini bisa diwujudkan dengan kepastian pengembangan EBT di dalam negeri.

Sementara Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan konsumen tidak hanya berhak atas harga BBM yang sesuai dengan nilai keekonomian dan formulasi penyusunan harga. Konsumen pun berhak mendapat energi yang berkualitas dan berkelanjutan.

Saat ini, katanya, harga BBM di Indonesia memang cukup rendah, namun kualitasnya masih tertinggal dari negara-negara tetangga. Buktinya, masih ada penggunaan Premium dengan RON 88 yang paling rendah yang menurutnya sudah tidak digunakan negara lain.

Meski demikian Tulus mengingatkan harga BBM yang terlalu murah juga akan membuat masyarakat tidak menggunakan transportasi massal. Padahal, pemerintah sudah membangun KRL, MRT, dan LRT dengan biaya yang tidak murah(uli/wis)

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...-bbm-tak-turun



waktu PDIPret jadi oposisi setiap ada kenaikan harga BBM pasti paling gede bacotnya buat menolak emoticon-Embarrassment


nah skrg giliran jd partai berkuasa harga minyak mentah turun tapi harga BBM gak turun2 emoticon-Gila

halllooo...bos partai juragan SPBU apa kabar buku putihnya ye....emoticon-Stick Out Tongue


GIF
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rg13th dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Ya begitulah politik, tidak ada yang abadi, selama nguntungin diri sendiri dan kelompok, gas keun aja
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Klean gak ikud bikin yak ndak bole semena2 nuntut harga, klo gak maw yak ndak usah beli emoticon-Leh Uga
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Pemerintah ngga akan peduli kalau gugatannya cuma koar koar di medsos. Harus ada aksi turun ke jalan yg massive dan terstruktur

Jadi tolong warga berdaster silakan turun sebanyak2nya ke jalan. Tunjukkan kesungguhan kalian utk menggugat pemerintah dan menurunkan rezim yg zalim


profile-picture
profile-picture
bluesky0499 dan simsol... memberi reputasi
Lihat 10 balasan
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


udah sejak taon 90an PERTAMINA di somasi kagak ada efek.

paling yg somasi sekarang golongan kadrun karena AHOK yg pegang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rgenpeninsula dan 2 lainnya memberi reputasi
Kyknya percuma, pemerintah emang lagi butuh dana stlh APBN babak belur dihajar covid19.
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Waktu BBM naek alasannya karna mengikuti harga BBM pasar dunia yang naek...
profile-picture
simsol... memberi reputasi
naik yes, turun no



pertaminasu dan p e l e r negara....itu sudah emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
BurnXOut dan simsol... memberi reputasi
Diubah oleh hhendryz
Buat para pengamat yang mau protes/gugat, belajar dari tetangga sebelah biar hati2 dilirik Lord; nanti dari ratusan pengacara yang katanya siap pasang badan malah cuma sebatas jari satu tangan lho yang bener2 maju.

Ya Lord, ampunilah Ane yang sekali lagi bakal naik level autokadrun nya... emoticon-Hammer
Yang penting kelihatan.................. emoticon-Cool





Warga Siapkan Gugatan ke Pemerintah soal Harga BBM Tak Turun





Warga Siapkan Gugatan ke Pemerintah soal Harga BBM Tak Turun
Negara hukum, langkah gugat menggugat lewat jalur hukum hal yang baik
profile-picture
RyoEdogawa memberi reputasi
Berapa sih ente beli bensin sebulan?
Kl bermobil okelah lumayan
Tp kalo yg bermotor
Gak nendang bos..
Apagi jaman wfh kek gini
Yg pake motor mending ikhlasin 10-20rb sebulan bantu negara ini
Yg bermobil kebangetan ja kl masih nuntut

sebelum tuntut suru riset dulu alasan kenapa belum turun,
udah tau daya beli lagi turun, akomodasi bnyk yg stop, daya beli BBM lagi turun, jadi BBM dengan harga yang tinggi masih di dalam stock pertamina, trus mau disuru turunin harga dunia sekarang,

mungkin pak batubara punya alasan lebih baik lagi
esdm dan pertamina emoticon-Tai

presiden jangan diem aja woy... jewer tu esdm dan pertamina

emoticon-Marah
yah, ada bahan ne buat naabung gratis emoticon-Ngakak
Quote:


Dari dulu kl protes langsung cap kadrun emoticon-Wakaka

Tipikal emoticon-babi emoticon-Najis
Lihat 1 balasan
Lah pemerintah punya rakyat. BUMN juga punya rakyat. Pada hakekatnya gitu. Mau untung atau rugi, logikanya ya ke rakyat juga ujung2nya.
Pemerintah suruh ganti rugi ke rakyat, itu sama artinya uang rakyat buat bayar ganti rugi ke rakyat.
Gak buat bayar ganti rugipun, akhirnya buat rakyat juga.
So apa bedanya?
Jadi tujuannya bukan soal ganti rugi ke rakyat, tapi Jokowilah sasaran tembaknya.
profile-picture
profile-picture
hkhachi93 dan twiratmoko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
siapkan si siapkan aja, kalo kata menang atau kalah ya tunggu setahun atau dua tahun lagi kabarnya, atau kalo ga ilang aja perkaranya. Indonesia gitu loh
Gimana klo pemerintah, turunin harga BBM, dan tetep melakukan proses produksi/impor BBM dgn kuota yg tetap, karena kan udah rugi, ga sanggup memenuhi kebutuhan dalam negri, sehingga akan muncul 1 titik di mana BBM dalam negri habis di mana2..

Kira2 apa yg akan dilakukan golongan ini?

Trus klo pemerintah akhirnya ngutang utk tetap bisa memenuhi kebutuhan dalam negri? Kira2 apa yg akan dilakukan golongan ini?
Lihat 2 balasan
klo bbm turun
ntar pertamina rugi dong

skarang aj da rugi
Gmn turun
trus kapan bumn untungnya emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Apa nunggu ebong jdi onta
Baru bumn pada untung emoticon-Wakaka
profile-picture
sniper2777 memberi reputasi
Diubah oleh anuku20cm
Lihat 1 balasan
kalau sblm protes harusnya tau dulu

PERTAMINA bukan cman produksi BBm bos
Pertamina jg ekspor minyak bos, jd minyak turun BBM jg turun itu mereka rugi

jgm banding2 in sama Malaysia , singapore .. mereka hanya beli ga produksi dan distribuso mereka ga antar pulau , cmn lewat truk aja bs hemat waktu dan biaya
nah kita , pake kapal.. yg makan waktu berbulan2
lu pokir gk pake duit ????
profile-picture
hkhachi93 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di