CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec9219bb84088575c56b5af/mui-jatim-anjurkan-takbir-keliling-risma-larang-di-surabaya

MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya


Surabaya, CNN Indonesia -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melaksanakan takbir keliling di jalan raya menyambut Idulfitri 1441 Hijriah.

Imbauan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Surabaya tertanggal 17 Mei 2020, Nomor 443/4591/436.8.4/2020, tentang larangan takbir keliling.

Surat edaran itu ditujukan kepada Camat, Lurah, serta seluruh pengurus atau takmir masjid dan musala untuk diteruskan kepada masyarakat.


Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, ada empat poin yang tertuang dalam surat edaran wali kota itu.

Lihat juga: Satpol PP Siapkan Personel Antisipasi Takbir Keliling Jakarta

Pertama, tidak melakukan takbir keliling ke jalan raya maupun takbir keliling dengan berjalan kaki dan mengumpulkan massa.

Poin kedua, sebagai gantinya kata Eddy, masyarakat muslim diimbau untuk menggemakan takbir di rumah, masjid atau musala oleh pengurus atau takmir, dengan menerapkan protokol kesehatan serta melalui media elektronik dan media sosial lainnya.

"Takbir bisa dilaksanakan oleh takmir musola atau masjid, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Eddy di Balai Kota Surabaya, Jum'at (22/5).

Poin ketiga, lanjut dia, petugas perbatasan atau posko pemeriksaan (checkpoint) juga melakukan pencegahan takbir keliling dari luar kota agar tidak masuk ke Kota Surabaya.

"Nanti petugas checkpoint perbatasan, ketika ada kelompok takbir keliling dari kabupaten atau kota lain yang ingin masuk Surabaya, akan kita kembalikan agar tidak masuk," ujarnya.

Kemudian poin keempat, Eddy menyebut, umat Islam atau warga Kota Surabaya perlu menggemakan Takbir, Tahmid, dan Tahlil saat malam Idul Fitri. Hal itu sebagai tanda syukur, sekaligus doa agar pandemi Covid-19 segera diangkat oleh Allah.

Ia menegaskan, apabila nantinya di malam Idul Fitri ditemukan kelompok masyarakat yang masih menggelar takbir keliling di jalan raya, pihaknya tak segan untuk memberi tindakan tegas dengan langsung menghentikan kegiatan itu.

Masyarakat Ibu kota Jakarta warga merayakan malam takbiran dengan pawai obor keliling menyusuri jalan raya,14 Juni 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)


Lihat juga: Polisi Larang Masyarakat Gelar Takbir Keliling di Jakarta


Takbir Keliling dengan Syarat Protokol Kesehatan

Sementara itu, sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim justru menganjurkan masyarakat untuk tetap menggelar takbir keliling dan di masjid. Dalihnya adalah sebagai penegakan syiar Islam.

Hal itu termaktub dalam surat edaran MUI Jatim Nomor 09/MUI-JTM/Ths/V/2020

"Jadi sebenarnya takbir itu kan syiar Islam, bentuk rasa syukur kepada Allah dengan berakhirnya ibadah puasa. Hal ini seperti tercantum dalam Al Quran. Jadi itu manifestasinya di sana," kata Sekretaris MUI Jatim Ainul Yaqin, Jumat.

Meskipun menganjurkan, kata dia, MUI Jatim memberikan tata cara pelaksanaan takbir keliling di masa pandemi Covid-19. Hal yang paling utama, kata dia, baik takbir keliling maupun takbir di masjid nanti sama-sama menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Tentang teknisnya bagaimana syiar tetap dijaga, dan pengendalian pencegahan Covid-19 tetap dilakukan. Jadi selama takbir bisa tetap menjaga tentu tidak masalah. Misalnya di masjid bisa dibatasi orangnya, begitu pula takbir keliling dengan kendaraan," ujar Ainul.

Lihat juga: Menag Minta Warga Lebaran di Rumah, Silaturahmi lewat Medsos


Untuk takbir keliling, MUI Jatim meminta agar pelaksanaannya nanti tak perlu melibatkan banyak orang. Maksimal, kata Ainul, cukup diikuti lima orang saja demi menghindari risiko penularan Covid-19.

"Jadi ada dua titik, yakni antara kepentingan menjaga siar agama dan juga kepentingan kita memelihara dari ancaman bahaya Covid-19. Jadi tetap 2 hal itu bisa dilakukan secara bersamaan dengan cara apa takbir dibatasi," ucap dia.

Sementara itu, Ainul menilai andai masyarakat tak melakukan takbir jelang Idulfitri, maka suasana lebaran nanti akan terasa mati.

"Karena ini soal syiar agama, supaya tidak mati itu Idul Fitri kalau tidak begitu Idul Fitri bisa mati. Menurut saya ini salah satu dari ajaran agama. Jadi mengangkat syiar Islam itu bagian dari sumber cerminan ketakwaan," ujar dia.

Lihat juga: Polisi Sebut Ada yang Pakai Video Umar Assegaf buat Provokasi

Untuk diketahui, Pemerintah RI telah menetapkan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di Indonesia jatuh pada Minggu (24/5).

Keputusan itu didapatkan setelah Sidang Isbat yang digelar di gedung Kemenag dengan cara sesuai protokol kesehatan Covid-19, termasuk sambungan jarak jauh dengan narasumber tertentu. (frd/kid)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...ng-di-surabaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
primawidhie dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Lg melonjak tp nganjurin takbir keliling emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
MUI ini organisasi islam paling sampah di indo, apalagi pemimpinnya macam maruk n tengkuk emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masboeing dan 14 lainnya memberi reputasi
Mantap MUI jatim emoticon-Hammer2
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H mohon maaf lahir & bathin
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ini MUI khawatir kehilangan member apa, katanya pingin memutus covid, tapi 180 derajat kebalik sama himbauannya emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
MUI Jatim ini ngaconya pol ya
abis belain habib arogan, sekarang malah menganjurkan takbir keliling di tengah2 pandemi



emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 7 lainnya memberi reputasi
"Karena ini soal syiar agama, supaya tidak mati itu Idul Fitri kalau tidak begitu Idul Fitri bisa mati. Menurut saya ini salah satu dari ajaran agama. Jadi mengangkat syiar Islam itu bagian dari sumber cerminan ketakwaan," ujar dia.

mengada2... dalil yang dipaksakan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 9 lainnya memberi reputasi
Logikanya bener2 aneh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
MUI Jatim Anjurkan Takbir Keliling, Risma Larang di Surabaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 7 lainnya memberi reputasi
Majelis Ulama Imbisil. .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Kalo takbiran keliling di beberapa daerah kan seru tuh sampe ada yang bawa obor segala, mungkin obornya bisa dibuat matiin virus corona yang ikut takbiran macem debus gitu lah.

Mari semuanya ikuti MUI: Take beer!!! emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Icinya nu cemua kali ya?
emoticon-sudahkuduga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mui makin ngaco aja... abis kemaren habib pelanggar hukum, kini anjuran ngawur lagi.

mui prettt lah emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 3 lainnya memberi reputasi
Cuman himbauan doang? kalo ga dipatuhi sanksi nya apaan?


Bat@!
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Diubah oleh cacatsekali
eslam selalu bawa masalah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 5 lainnya memberi reputasi
Jangan jangan yang kelojotan non muslim
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masboeing dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
inti nya pingin pamer ... itu aja sih emoticon-Gila emoticon-Big Grin emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Arzal
Majelis Uama Iblislaknattulah.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Dana kas makin tipis, member terancam berkurang.

Tunggu mereka produksi antivirus, atau bikin mukjilat beresin corona ini pasti banyak yang akan pindah emoticon-Angkat Beer

Mau berdoa (semua aliran klub) sampai berbusa klo masih sekarang makin senang tentara utusan ini gerilya emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan galuhsuda memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di