CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Berjubel Belanja di Pasar, Pemerintah: Tanggung Jawab Pemda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec90455facb9521b55907c3/warga-berjubel-belanja-di-pasar-pemerintah-tanggung-jawab-pemda

Warga Berjubel Belanja di Pasar, Pemerintah: Tanggung Jawab Pemda

Jakarta - 

Pasar-pasar di sejumlah daerah ramai disesaki warga yang ingin berbelanja kebutuhan Lebaran meski di tengah pandemi virus Corona. Juru bicara pemerintah terkait penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan hal itu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

"(Warga) ya tanggung jawabnya lah. Provinsi ya tanggung jawabnya gubernur, kabupaten tanggung jawabnya bupati, kota tanggung jawabnya wali kota, kan gitu," kata Yuri saat dihubungi, Jumat (22/5/2020).

Baca juga:PSBB Kota Sukabumi, Warga Masih Sesaki Pasar

Yuri mengatakan virus Corona sudah menjadi bencana nasional. Karena itulah, menurut Yuri, pemerintah daerah juga bertanggung jawab dalam penanganan dan pencegahannya, termasuk urusan menertibkan warga.

"Kan nggak semua daerah itu harus diurusi dari pusat, pemerintah daerah kan ada. Itu kan semuanya udah jadi urusan pemerintah daerah kan. Kan nggak mungkin semuanya diurusi dari pusat kan," ujar Yuri.

"Semua (penanganan dan pencegahan), ini kan namanya bencana nasional, maka semuanya, semua pemerintah harus tanggung jawab, termasuk daerah," tegasnya.

Baca juga:Ganjar Ancam Tutup Pasar-Mal yang Tak Terapkan Protokol Kesehatan

Diketahui, sejumlah pasar di wilayah DKI Jakarta, seperti Pasar Tanah Abang yang merupakan pasar terbesar se Asia Tenggara, Pasar Kebayoran Baru, Pasar Jatinegara, Kramat Jati, hingga pasar minggu ramai dikunjungi warga pada Jumat (22/5). Warga berjubel memenuhi pasar untuk berbelanja baju dan kebutuhan jelang Lebaran.

Tak hanya di Ibu Kota, pasar-pasar di daerah seperti Sukabumi, Jawa Barat hingga Probolinggo, Jawa Timur juga ramai dikunjungi masyarakat. Mereka berbelanja kebutuhan jelang Hari Raya Idul Fitri.

Ribuan Orang Berkumpul di Pasar Jelang Akhir Ramadhan 2020:


Sumur
https://m.detik.com/news/berita/d-50...ng-jawab-pemda
 
YA IYALAH TANGGUNG JAWAB PEMDA.
PEMDA MINTA YG PSSB, MEYAKINKAN PEMPUS BAHWA DIA SANGGUP SYARAT2 NYA.

PEMPUS TUGASNYA MENYEDIAKAN ANGGARAN UNTUK MEDIS,
DOKTER, BANSOS, RS, PCR, VENTILATOR HINGGA LISTRIK, TELKOM, BBM, POLISI TNI DLL

ATURAN PSSB GUB YG MODIFIKASI, PUSAT SUDAH JELAS MENGATAKAN MAL, PASAR YG BISA BUKA ITU YG MENYEDIAKAN BAHAN PANGAN DAN 11 SEKTOR PENTING HAJAT HIDUP ORANG BANYAK.
UNTUK BANDARA DAN TRANSPORTASI YG MULAI DIBUKA ITU JUGA BUAT PENUMPANG YG KHUSUS 11 SEKTOR DAN TKI YG PULANG DARI LUAR NEGERI

SALAH PENIES DONG KAGA MAU BUBARKAN PASAR DAN MALL YG JUALAN BAJU DLL YG DILUAR SEMBAKO DAN BUAH.

KESEPAKATAN DARI AWAL YA BEGITU,
KARENA OTONOMI DAN WILAYAH YG LUAS.
SALAH GUB MASING2 KAGA BISA HANDLE PASAR MALL DLL, GAK BECUS PERINTAH BAWAHANNYA WALKOT BUPATI CAMAT.

Warga Berjubel Belanja di Pasar, Pemerintah: Tanggung Jawab Pemda



KALAU GUB YG INI BEBAS LAH SUKA NYA DIA. DI KASI BANSOS DARI PUSAT PUN TETAP SEMUA MALL DIBUKA NYA. DIJAMIN BAKAL MELEDAK.

Warga Berjubel Belanja di Pasar, Pemerintah: Tanggung Jawab Pemda
profile-picture
profile-picture
betadine dan getthebug memberi reputasi
Diubah oleh iam.cyborg
Warga Berjubel Belanja di Pasar, Pemerintah: Tanggung Jawab Pemda



yg ngeyel itu pasti kaum cebong,, orang pinter pasti stay at home emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
akamamichi dan Sinkhole memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Eksistensi cebong kampret masih kuat ya bos sampai sekarang , ditambahi bumbu bumbu pki , cinak , uclim , kisten ,dll

Lanjutkan dunia persilatan harus tetap gelap
lagian kenapa dibuka sih mall deket deket lebaran gini? emoticon-Bingung

dah dikasi tau solusinya cuma 1. duit!! kelar urusan

Lihat 1 balasan
sakarepe suuu...
dipikir kadrun, ijin pasar, ijin usaha, IMB, yg tanda tangan presiden kali
Diubah oleh kureno23q
Yang lepas tangan sih pemerintah pusat. Di awal gak mau kerja sama dengan anis utk lockdown jakartak utk mencegah virusnya nyebar. Malahan bikin PP yg ngelempar tanggung jawab ke kepala daerah. Padahal kalau di awal pusat tegas, bisa instruksikan tentara bantu blokir jalan keluar. Kepala daerah cuma punya wewenang ke satpol PP, mana punya wewenang minta bantuan tentara.

Ditambah lagi blunder pemerintah pusat gak segera nutup penerbangan domestik & plintat plintut aturan mudik, sehingga banyak orang dari episentrum jakarta berhasil keluar dan nyebar virus di daerahnya. Walhasil kepala daerah pusing virusnya nyebar di daerahnya, padahal faskes gak sebanyak di jakartak.

Sekarang buzzerp kerja keras mencoba mengalihkan fokus kesalahan emoticon-Big Grin

profile-picture
sniper2777 memberi reputasi
Diubah oleh wiry
Mal atau pasar tetap dibiarkan buka biar ekonomi terjaga stabilitas meroketnya, karena dengan ramenya mal dan pasar di saat perusahaan banyak yang menderita keuangannya membuktikan bahwa daya beli masyarakat negeri tertjintah itu masih tinggi di tengah masa pandemi, yang artinya ada bahan koar2 pemerintah pusat bilang berhasil menopang dan menjaga perekonomian di masa2 sulit tanpa lockdown disaat negara2 lain ekonominya nyungsep karena pilih kebijakan lockdown.

Urusan mereka yang ngeyel buat stay at home, yang keluar tapi gak terapin protokol kesehatan, atau yang bahkan maksain mudik/pulkam, tinggal salahin pemprov/pemda semudah membalikkan telapak tangan.

Dari thread sebelah, Ane udah dapet autokadrun level 1 dan dihadiahi equipment gamis 100rb dari Tanah Abang sama passive skill autohalal kafir2in orang... emoticon-Hammer
profile-picture
yoshitake memberi reputasi
Lihat 2 balasan
2 bulan disuruh stay at home ya kalo ada perkembangan,lah ini malah nambah blangsak kurvanya..mau nunggu sampe kapan lagi?sementara pemerintah pusat ga punya kebijakan yg signifikan.
Ibarat perokok berat disuruh berhenti merokok dalam waktu singkat ya pasti sulit, sama seperti warga indon sudah terbiasa lebaran beli baju baru, makan opor, bikin ketupat, silatuhrahmi dll terus disuruh berhenti melakukan kebiasaan tersebut ya susah lah. Makanya si kowi bilang darurat sipil tapi pada ngbully, darurat sipil TNI dilibatkan, panser2 keluar kandang, anggota TNI full senjata gw yakin rakyat pada takut, ya intinya sekedar nakut nakutin tapi efek seperti itu yg di perlukan kalo sebatas satpol PP atau polkis ga mempan
Quote:


Agan pasti sedang bercanda

siap tunggu hasil
profile-picture
andreas250190 memberi reputasi
Kalian vs kalian lah
Mau pusat kek mau daerah kek
Sama aja bobrok nya

Negara ini smua berjalan masing2
Tiap kepala daerah buat aturan masing2

Kapal tanpa nakhoda
profile-picture
profile-picture
PROSAV dan alibaba123 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Lihat aja konpress h+3 lebaran, kalo tambah banyak yang terjangkit berarti pemda juga cape ngurusin warganya, akhirnya terserah apa maumu ku hanya bisa berdoa
Lihat 1 balasan
Ane ngikutin perkembangan ini makin hari....
Kesimpulan ane terserah lah cuy...

Berdoa yang terbaik bagi masyarakat dan ane berusaha dan berjuang untuk keluarga ane menghadapi pandemi ini

Mendengar alan Walker - On my way
duhh kapan kelarnya ni virus kalau kaya begini huuaaa ane udah nggak tahan pengenn bisa beraktivitas normal lagi kaya sebelum ada pandemi cepetan kelar dong ini virus betah bangett nggak mau mau pergi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di