CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Alasan Quraish Shihab Enggan Dipanggil Habib: Saya Merasa Belum Sampai
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec8feeff0bdb22309147866/alasan-quraish-shihab-enggan-dipanggil-habib-saya-merasa-belum-sampai

Alasan Quraish Shihab Enggan Dipanggil Habib: Saya Merasa Belum Sampai

Alasan Quraish Shihab Enggan Dipanggil Habib: Saya Merasa Belum Sampai


Suara.com - Ulama tafsir Indonesia Muhammad Quraish Shihab mengungkap alasannya yang sampai saat ini enggan menyandang panggilan habib.

Padahal diketahui, Quraish Shihab merupakan salah satu tokoh agama yang memiliki garis keturanan dari Timur Tengah sehingga dinilai layak dipanggil habib.

Dalam sebuah video yang diunggah akun Fanpage Najwa Shihab pada 2017, Quraish Shihab pun membeberkan alasannya mengenai hal itu.

Mulanya, ia menerangkan bahwa ada gelar-gelar yang pada hakikatnya tidak disandangkan kepada seseorang kecuali orang tersebut melalui proses pembuktian sehingga wajar diberi gelar kyai atau habib.

"Kyai atau habib itu adalah gelar yang sangat terhormat, mestinya tidak disandangkan (kepada sembarang orang)," ungkap Quraish Shihab seperti dikutip Suara.com , Sabtu (23/5/2020).

Ia lantas menjelaskan tiga kategori orang yang layak mendapat gelar habib. Mereka adalah orang yang memiliki pengetahuan agama mendalam, mengamalkan ilmu yang dimiliki dan mengabdi di tengah masyarakat secara tulus.

"Kyai-kyai kita kan seperti itu. Mereka menjawab pertanyaan lalu memberikan solusi. Karena ulama itu menurut Alquran sebagai pewaris Nabi adalah orang-orang yang mampu memberikan solusi atas problematika-problematika khususnya saat ini," imbuhnya.

Berkaca dari uraian tersebut, Quraish Shihab pun merasa bahwa dirinya belum layak menyandang gelar habib lantaran belum memenuhi semua syarat.

"Saya merasa, saya belum sampai," tuturnya.

Lebih lanjut, Quraish Shihab kemudian mengungkap definisi dari kata Habib.

Menurutnya, dalam bahasa Arab, habib berakar dari kata cinta. Maka dari itu, orang bergelar habib memiliki tugas yang tidak mudah, karena dirinya harus mencintai dan dicintai oleh sesama.

"Kalau cinta kan nggak bisa bertepuk sebelah tangan. Habib harus mencintai masyarakatnya, harus mencintai manusia sekaligus dia dicintai orang lain. Ini tidak mudah," ujarnya.

Quraish Shihab lalu menegaskan, kalau seseorang dinamai kyai, lantas pengamalan ilmunya tidak wajar sekalipun dia sosok panutan, maka dia akan menghina gelar yang disandang.

"Begitu juga dengan habib, maka dia harus menampilkan sosok yang paham agama yang dicintai dan mencintai. Kegiatannya, segala apa yang nampak darinya mesti sesuatu yang sangat baik," ucapnya.

Najwa Shihab yang sedari tadi menyimak penjelasan ayahnya tersebut lalu bertanya, "Abi merasa (menjadi habib)?".
Quraish Shihab pun menimpali, "Belum sampai ke sana. Mudah-mudahan suatu ketika"



Anggun C Sasmi Memuji Quraish Shihab


Penyanyi Anggun C Sasmi menilai sosok Quraish Shihab adalah panutan. Ia menyanjung pernyataan Mantan Menteri Agama tersebut yang enggan dipanggil habib.

Pujian tersebut disampaikan Anggun C Sasmi melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, Kamis (22/5).

Ia membagikan cuplikan pernyataan Quraish Shihab dalam sebuah media mengenai sapaan habib.

Alasan Quraish Shihab Enggan Dipanggil Habib: Saya Merasa Belum Sampai
Anggun C Sasmi sanjung pernyataan Quraish Shihab. (Twitter/@Anggun_Cipta)


Saat itu, Quraish Shihab mengatakan bahwa,
"Ilmu saya belum dalam, akhlak saya belum sesuai dengan yang diajarkan agama. Jadi tak usah panggil saya habib. Biarkan saya berjuang dulu".

Anggun C Sasmi lantas menuliskan narasi berbunyi "Yang patut dicontoh", mengacu pada pernyataan Quraish Shihab tadi.



https://www.suara.com/news/2020/05/2...a-belum-sampai


profile-picture
profile-picture
profile-picture
primawidhie dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Org manggilhabib ya terserah aja.asalkan jangan di disuruh 2 atau dipaksa manggil habib...sm aja di panggil prof dokter pak haji ...pak sholat ...pak zakat....dsb..itukan panggillan org aja ......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
strategi bek dan striker
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
wakrunya saling memaafkan.

sudah kesian puasa lo masih ghibah namimamah ma hasud..


ala kulli hal

semakin merunduk semakin Tinggi


keren Bib quraisy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
menaruh rasa hormat yang tinggi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
Ini baru bukan kaleng kaleng...


emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 10 lainnya memberi reputasi
betul
jgn mau d samain sama sampah
krn habib itu jaman skrg definisi dari sampah eslam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kualitas manusia dpt dilihat dari apa yg keluar dari hati dan dari mulut nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
Mantul, ga kayak si smith yang ngaku2 turunan Nabi, smith turunan Nabi? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
sehat selalu pak Quraish Shihab...

emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Sebagai murtadin yg pernah kuliah di IAIN UIN JKT, gw akuin beliau emang ilmunya jauh di atas orang2 yg ngaku habib, tapi justru sering di cap sesat emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06

Prof. Dr. AG. H. Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A. (Abjad Arab: محمّد قريش شهاب‎‎; Muḥammad Qurayš Šihāb; lahir di Rappang, Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, 16 Februari 1944; umur 76 tahun) adalah seorang cendekiawan muslim dalam ilmu-ilmu Al Qur'an dan mantan Menteri Agama pada Kabinet Pembangunan VII (1998)

Gelar sudah profesor, lulusan mesir, dan mantan mentri agama
Masih rendah hati tidak mau dipanggil habib emoticon-Embarrassment

Inilah dampak dari politik agama pilpres kemarin, semua terkotak2..
Capres nya aja udah dapat jabatan, bodo amat sama efek ke masyarakat Indonesia..

Biarkan Tuhan yg membalas anda, karma akan berlaku..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
Ini shihab positif
Yg kabur shihab negatif

emoticon-Ketupat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Seseorang yang mengabdikan hidupnya utk kebaikan (read: agama) biasanya ndak silau hal2 "duniawi".

Sayangnya, malah jarang diekpos oleh media. emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
QAlasan Quraish Shihab Enggan Dipanggil Habib: Saya Merasa Belum Sampai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
astajim emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan sunday10am memberi reputasi
disini mah idung mancung dikit dipanggil habib
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Habib itu bukan ny nasab nya harus sampai ke Rasullullah SAW. Penjelasan ny kurang ap sengaja dikurangi, biar paham liberal ny mudah dicerna emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan sunday10am memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau semua ulama islam seperti quraish shihab, mungkin Indonesia udah jauh lebih makmur daripada singapura.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Gua eneg dah dengerin penceramah² jaman skrg yg kalo ngomong berapi-api-api-api-api-api kyk naga
emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di