CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tetaplah bersikap dan berpikiran positif di masa covid-19 ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec8f8725cf6c44d2e76584f/tetaplah-bersikap-dan-berpikiran-positif-di-masa-covid-19-ini

Tetaplah bersikap dan berpikiran positif di masa covid-19 ini

Apa kabar kawan? Semoga pandemi virus covid-19 ini segera berakhir, dan kita semuanya tetap dalam keadaan sehat dan diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini. Ingat untuk selalu menjaga kebersihan diri, selalu mencuci tangan, dan bila terpaksa harus keluar dari rumah pakailah masker mulut termasuk juga tambahan pelindung muka / face shield (bila ada).

Pandemi virus covid-19 ini sudah memasuki 2 bulan lebih di negara kita, sejak 2 orang terdiagnosa positif di daerah Depok, dan kita semua juga belum tahu kapan ini semua akan berakhir. Mungkin juga kita tetap harus terus hidup berdampingan dengan virus ini sampai tahun depan. Lantas apa yang bisa kita lakukan? Berharap segera ditemukannya vaksin? Kalo iya, kapan ditemukannya vaksin itu? Gak ada yang tahu. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah selalu menjaga kebersihan diri, lakukan social dan physical distancing / jaga jarak antar sesama. Jangan terlalu percaya diri kalau salah satu dari kita gk akan terkena virus covid-19 ini, karena sudah banyak orang yang merasa sehat, merasa selalu berada di rumah, jarang ke tempat kerumunan ramai, dll malah tiba-tiba menjadi orang positif covid-19. Bingung kenapa bisa terdampak virus ini, walaupun merasa yakin sudah selalu menjaga kebersihan? Sama, saya juga hampir tidak percaya dengan berita-berita seperti itu. Akan tetapi begitulah kenyataannya yang terjadi.

Mari sama-sama berdoa semoga covid-19 ini segera berakhir. Kita semua harus selalu bersikap dan berpikiran positif walaupun beberapa dari kita sedang mengalami cobaan berat seperti dirumahkan tetapi dibayar sebagian, dirumahkan namun tidak dibayar sama sekali, atau paling buruknya terkena PHK. Semua orang, pengusaha kecil, pengusaha besar, pemilik pabrik, pemilik toko, dll saat ini juga sedang mengalami kesulitan mereka masing-masing, sehingga dengan sangat terpaksa melakukan hal yang sebenarnya saya yakin sekali bahwa mereka juga sangat tidak ingin melakukan hal tersebut kepada karyawannya. Mungkin ada sebagian juga pengusaha dan pemilik toko yang tetap mempertahankan karyawannya, namun tidak tahu bisa bertahan sampai kapan mempertahankan karyawannya bila pandemi ini tidak segera berakhir.

Seperti sejak awal saya sebutkan di atas, selalu bersikap dan berpikiran positif dalam menghadapi masa sulit ini, karena bersikap negatif adalah sangat-sangat tidak dibutuhkan khususnya untuk saat sekarang. Kenapa? Saya tanyakan kepada kalian, faedahnya apa bersikap dan berpikiran negatif? Apakah itu bisa memperbaiki keadaan? Apakah itu bisa membuat kalian menjadi lebih baik? Menghujat sesama, menghujat pemerintah, omongin orang lain dengan tidak baik, bersikap egois, ribut-ribut di dalam rumah tangga, dll apakah itu bisa membuat keadaan menjadi lebih baik?

Marilah ambil sisi positif dari masa covid-19 ini sehingga banyak keluarga yang bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama-sama, yang mana biasanya karena kesibukan kerja masing-masing, saya yakin melakukan obrolan 2-3 jam sehari aja tidak ada, khususnya waktu untuk bermain dengan anak-anak tercinta, apalagi anak yang masih balita juga hampir tidak ada bila bukan karena adanya pandemi ini. Banyak hal positif yang bisa kita ambil di masa sulit ini, terlepas dari kemungkinan kesulitan ekonomi akibat ada yang dirumahkan maupun PHK. Namun apakah karena dirumahkan dan PHK, kita harus marah dan tidak melakukan apapun sama sekali? Hanya sekedar menunggu untuk mendapatkan panggilan kerja lagi? Justru kita harus menjadi kreatif karena tidak melakukan aktifitas monoton yang selama ini kita lakukan. Kreatiflah berpikir mau melakukan hal lain, seperti belajar masak bagi yang hobi masak. Siapa tahu bulan depan kalian bisa buka warung makan sendiri, yang justru menjadi pengusaha warung makan. Atau melakukan hal lain seperti mencoba belajar tentang bercocok tanam hydroponik, sehingga bisa menjadi pengusaha sayuran. Mungkin bagi yang senang dengan ilmu bahasa, bisa belajar melalui media apapun baik itu online maupun offline, siapa tahu setelah bisa ilmu bahasa yang dipelajari, mampu menjadi tour guide, dll. Mulailah dari hal-hal kecil. Jangan hanya duduk dan tidak melakukan apapun. Apapun yang kalian lakukan, lakukanlah hal-hal yang positif.

Thread ini saya buat untuk menghilangkan rasa bosan saya selama tidak bekerja, karena ini juga sebagai ajang belajar supaya berlatih berbicara walaupun berbicara dengan cara mengetik. Ambil sisi positifnya sobat. Mungkin dengan latihan berbicara dengan cara mengetik ini, saya mampu menjadi seorang Youtuber yang hanya cuap-cuap dengan membuat konten tentang sebuah topik setiap kalinya. Siapa tahu? Maka dari itu kembali lagi saya ingatkan untuk selalu bersikap dan berpikiran positif, dimanapun dan kapanpun, baik selama masa pandemi covid-19 ini ataupun nantinya setelah semua ini berakhir.

Yang terakhir sebelum saya mengakhiri thread ini, saya ingin mengucapkan kepada para kawan, sahabat, saudara dan keluarga umat Muslim "Selamat merayakan kemenangan di bulan Ramadhan ini yang mana hari ini adalah hari terakhir dalam melaksanakan ibadah puasa 1 bulan penuh. Raihlah kemenangan Idul Fitri di tengah pandemi covid-19 ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin"


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di