CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
China Puyeng Gara-gara Pengangguran Merajalela
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec8a119b840881ce457f5a1/china-puyeng-gara-gara-pengangguran-merajalela

China Puyeng Gara-gara Pengangguran Merajalela

China Puyeng Gara-gara Pengangguran Merajalela
Foto: Getty Images/Stringer

Jakarta - Boleh di bilang masalah China menghadapi pandemi virus Corona sudah mulai ringan. Tapi dampak yang ditimbulkan wabah itu membawa masalah yang lebih berat, yakni pengangguran.

Pertemuan politik terbesar di China tahun ini akhirnya terjadi setelah tertunda dua bulan. Dalam pertemuan itu salah satu agenda utama yang dibahas adalah bagaimana mengatasi tantangan ekonomi terbesar negara itu dalam beberapa dekade ke depan.

Para pembuat kebijakan di Beijing ditugaskan untuk menjaga ekonomi terbesar kedua di dunia itu bertahan dari badai pandemi virus Corona. Pandemi ini telah membuat ekonomi negara ini mengalami kontraksi lagi setelah 1970-an.

"Salah satu masalah paling mendesak yang China harus hadapi adalah bagaimana menciptakan lapangan kerja bagi puluhan juta orang yang menganggur setelah adanya wabah COVID-19," demikian dikutip dari CNN, Jumat (22/5/2020).

Pertemuan ini dimulai sejak Kamis kemarin yang mempertemukan para penasihat politik terkemuka dari Partai Komunis yang berkuasa. Kemudian pada hari Jumat, Kongres Rakyat Nasional akan bertemu.

Perdana Menteri Li Keqiang juga diharapkan untuk menetapkan beberapa target ekonomi untuk tahun 2020, serta kebijakan yang diperlukan untuk mencapainya.

Respons pemerintah China untuk mengatasi dampak ekonomi dari wabah virus sejauh ini hanya berjumlah puluhan miliar dolar AS. Angkanya masih jauh lebih kecil dibandingkan negara setara lainya yang sudah menghabiskan triliunan dolar AS.

Laporan Li akan sangat menonjol tahun ini karena pandemi dan memburuknya hubungan AS-Cina, tulis Iris Pang, kepala ekonom untuk Greater China di ING, dalam sebuah catatan baru-baru ini. Bahkan tidak jelas apakah China akan menetapkan target pertumbuhan ekonomi, seperti yang telah dilakukan setiap tahun selama beberapa dekade.

Virus Corona telah menginfeksi lebih dari 84.000 orang dan membunuh lebih dari 4.600 orang di China berdasarkan catatan Johns Hopkins University. Beijing mengatakan masa wabah terburuk sudah berakhir, tetapi dampak ekonominya belum usai. Beberapa pekan terakhir ekspor China turun lantaran negara-negara lainnya tengah bergulat dengan pandemi.

Situasi saling menyalahkan atas pandemi virus Corona juga telah menimbulkan kembali ketegangan antara Cina dan Amerika Serikat (AS). Kondisi ini meningkatkan kemungkinan keduanya dapat kembali berseteru dalam perang dagang.

Menciptakan lapangan kerja sendiri memiliki banyak kepentingan politik bagi para pemimpin Partai Komunis China. Mereka memandang pekerjaan sebagai kunci untuk memastikan stabilitas sosial. Beberapa ahli memperkirakan bahwa sekitar 80 juta orang di China kehilangan pekerjaanya. Angka itu dua kali lipat dari tingkat pengangguran resmi di China.

Pemerintah China dapat mengambil beberapa pendekatan untuk mengatasi masalah itu, serta berupaya mencapai tujuannya untuk menghilangkan kemiskinan pada akhir 2020. Misalnya, proyek-proyek nasional besar, seperti rencana untuk membangun jalan atau kereta api baru yang dapat mempekerjakan orang miskin.

Para ekonom menambahkan dalam sebuah catatan penelitian akhir pekan lalu bahwa mereka mengharapkan China untuk menyetujui lebih banyak belanja pemerintah, meskipun hal itu harus dilakukan secara hati-hati.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dyfia dan 2 lainnya memberi reputasi
50 Cent Army lagi nunggu instruksi dari PKC template apalagi yang dipake buat copasan di thread ini emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Najis (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryahendro dan 4 lainnya memberi reputasi
Lebai banget cina ini.

Baru berapa bulan punya pengangguran puluhan juta aja puyeng.

Kita yang udah puluhan tahun jumlah penganggurannya segitu aja biasa aja.

Banyak maunya lagi.
profile-picture
profile-picture
BillDates dan Lockdown666 memberi reputasi
coba pekerjakan lebih banyak lg ba mao army buat bela PKC emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan Lockdown666 memberi reputasi
kalo china sampe puyeng, USA udah semaput kaliemoticon-Big Grin
job buat 50 Cent Army masih terbuka tuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryahendro dan 3 lainnya memberi reputasi
negara konglomerat cinak aja kelimpungan menghadapi pasca corona...

pegimana kita nanti yak....

gawattt...
Mungkin bisa digunakan lagi skill dasar orang mengleng untuk cari duit di luar mengleng.
Menipu, mencuri, nyolong dll
profile-picture
profile-picture
suryahendro dan Lockdown666 memberi reputasi


Kesempatan emas bagi Indonesia

Untuk mengeksport KARTU PRA KERJA ke China

Di sana banyak pengangguran

Pasti Belva makin cuan deh

emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan Lockdown666 memberi reputasi
baguslah jadi negara miskin... ntar klau ada pandemi gk bawa kemana2 lagi ...

kyk sars dulu juga gitu... virusnya gk kemana2 karena warganya masih belum mampu travel2
profile-picture
dabbrains memberi reputasi
mungkin itu alasan TKA China dateng kesini
chicombot bisa ga gajian nihemoticon-Mad


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di