CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Indonesia, Dahulu Negara Eksportir Gula yang Kini Jadi Importir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec8400ae83c726a12775d78/indonesia-dahulu-negara-eksportir-gula-yang-kini-jadi-importir

Indonesia, Dahulu Negara Eksportir Gula yang Kini Jadi Importir

JAKARTA — Ekonom Senior Faisal Basri kembali mengingatkan soal ironi sektor pangan di Indonesia, terkhusus komoditas gula yang menjadi masalah sejak awal tahun. Ia mengatakan, dahulu Indonesia merupakan negara pengekspor gula ternama di dunia namun kini menjadi pengimpor terbesar.

"Dari zaman kolonial sampai tahun 1967, kita eksportir gula ternama. Sejak 2016, kita menjadi importir terbesar di dunia," kata Faisal dalam diskusi pangan virtual yang diselenggarakan BEM KM IPB, Jumat (22/5).

Faisal menuturkan, dari tahun 2016 setidaknya Indonesia menghabiskan 2,1 miliar dolar AS untuk mengimpor gula. Tahun 2019, nilai impornya menurun menjadi 1,4 miliar namun tetap secara volume konsisten mengalami kenaikan.

Ia pun menilai impor pangan yang terus meningkat dari tahun ke tahun lebih cenderung menguntungkan para importir dalam sektor gula. "Keuntungan para trader gula rafinasi itu setidaknya Rp 4 triliun," ujarnya.

Faisal menilai, defisit pangan secara umum dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan pada era Presiden Joko Widodo. Terlebih lagi, impor pangan tak hanya dilakukan pada komoditas gula, namun komoditas lain seperti daging, buah-buahan dan sayuran, serta kedelai.

Seiring tren impor yang terus meningkat, fluktuasi harga gula nyatanya tetap terjadi. Harga gula yang dikonsumsi masyarakat menjelang Ramadhan lalu sempat tembus hingga lebih dari Rp 17 ribu per kilogram (kg).

Pemerintah pun menempuh berbagai kebijakan, di mulai dari menggolontorkan izin impor dan menerbitkan kebijakan konversi gula rafinasi milik industri untuk menjadi gula kristal putih konsumsi masyarakat.

Komisis Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada awal pekan ini menyatakan, penyelidikan soal kisruh mahalnya harga gula yang berlarut-larut telah ditingkatkan ke ranah hukum. KPPU menemukan adanya indikasi pelanggaran aturan persaingan usaha antar pengusaha.

"Kami sampaikan saat ini persoalan gula masuk ke proses hukum, tidak lagi tahap kajian ekonomi," kata Komisioner KPPU, Guntur Saragih.

Ia menjelaskan, dari hasil kajian KPPU, surat persetujuan impor gula dan realisasinya sudah terjadi. Setidaknya periode Januari - Mei 2020 sudah masuk gula impor sebanyak 450 ribu ton. Namun, harga tetap tinggi bahkan jauh dari patokan harga eceran tertinggi (HET) Rp 12.500 per kg.

Menurut Guntur, HET sejatinya sudah memberikan ruang yang besar untuk margin pelaku usaha dalam negeri. Terlebih lagi bagi mereka para importir. Di sisi lain, pemerintah juga sudah memberikan relaksasi bagi gula rafinasi milik industri untuk bisa dikonversi menjadi gula konsumsi sebanyak 250 ribu ton.

"Tapi faktanya harga masih tinggi. Ini bisa berpotensi menjadi alat bukti untuk berikan sanksi ke pelaku usaha terkait jika nanti kami temukan adanya pelanggaran persaingan usaha," kata Guntur.

Sumur:
https://m.republika.co.id/berita/qaq...-jadi-importir


lahan kebun tebunya udah berubah jd kebun sawit
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
ya uyalah era kowik mana yg tak import pekerja asing pun import, sekali ekspor sdm cm jd babu pun diperlakukan tak beradab

Indonesia, Dahulu Negara Eksportir Gula yang Kini Jadi Importir
Diubah oleh kafiradikal
Lihat 1 balasan
ini gan perbandingan luas Tebu VS Sawit (dalam ha)

TEBU
Indonesia, Dahulu Negara Eksportir Gula yang Kini Jadi Importir

SAWIT
Indonesia, Dahulu Negara Eksportir Gula yang Kini Jadi Importir

sumber
www.pertanian.go.id

fun fact :
- Indonesia membutuhkan gula konsumsi sekitar 3 juta ton per tahun. Jumlah ini 73 persennya atau sekitar 2,1 juta hingga 2,2 juta ton dipenuhi oleh produksi dalam negeri, sementara sisanya dari impor. - kompas
- Berdasarkan data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), hingga Desember 2019, konsumsi minyak sawit untuk kategori makanan (food) dalam negeri mencapai 9,86 juta ton atau naik hingga 49% year on year (yoy) - kontan
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan dik.n4n4s memberi reputasi
Diubah oleh mows
Lihat 3 balasan
Quote:


sejak tahun 2016. lol
profile-picture
binokulars memberi reputasi
saya sedih kalo denger import
Lihat 1 balasan
maFia evrywhere

satrio piningit versi CEBONG BAZZERP pun
akan tunduk pada importir 2 bebal
Lihat 1 balasan
skrg pada mau import..
banyak training2 jd importir.
itu buat pemula..
apalagi buat yg diatas2..
cuan..
profile-picture
mows memberi reputasi
Tapi sekarang indo exportir onta idiot terbesar.
normal, soalnya jumlah lahan tebu dan kapasitas pabrik gula nggak bertambah banyak, sedangkan jumlah penduduk sekarang jauh berbeda dengan tahun 60an.

Kalau konsumsi tiap gula orang bisa berkurang drastis karena harga mahal sisi positifnya yaitu bisa sedikit mengurangi resiko terkena diabetes.
Yang harus ditekankan bukannya supaya pemenuhan konsumsi gula nasional dapat dipenuhi dengan kebijakan import gula atau pengalihfungsi lahan sawit jadi tebu.
... tapi harusnya KONSUMSI GULA DITEKAN. supaya kebutuhan nasional bisa terpenuhi sendiri...

sekarang Konsumsi Gula Orang Indonesia itu termasuk tinggi, sekitar 11 kg per tahun. mulai dari buat teh manis, minuman ringan, cemilan kue.. itu yang mengakibatkan banyak penderita diabetes.
Lihat 1 balasan
Mungkin para penyandang dana/relawan saat pemilu banyak yg jadi importir kakap???
jualan cebong aj jdiin rempeyek

impor tuh ke majikan menglen
pa tau bsa meroket
Itulah bedanya kalau negara dipimpin sama belanda atau dipimpin ama si pelanga pelongo.emoticon-thumbsup
Lihat 1 balasan
produksi meningkat tapi komsumsi meningkat juga kyk beras kita produsen beras ketiga di dunia tapi kita impor dari vietnam.yg peringkatnya dibawah...
Kok nggak berani nulis di zamannya babebhaeto?
harga produksi mahal dimari.... mo diturunin malah gada yang mo kerja di pabrik ntar
simalakama
jalan tengah Sementara ya impor gula setengah jadi
Yang penting roket 🚀
Indonesia, Dahulu Negara Eksportir Gula yang Kini Jadi Importir
Tolong jajah kami lagi, Belanda

Sepeninggal tuntunan mu, rakyat jadi susah diatur (dan diadu domba)
Masih ada nih sisa rel kereta jaman Belanda di pabrik tebu dibuat 100 tahun lalu.
profile-picture
mows memberi reputasi
Quote:


sama import corona babik goblok terbesar se asia..
Pemerintahan Jokowi harus bisa mengambil sikap yang berani dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan
profile-picture
mows memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di