CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Tanamkan 3 Benih Unggulan Ini Mumpung Anak Belum Gede
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec7e75168cc954a57192be0/tanamkan-3-benih-unggulan-ini-mumpung-anak-belum-gede

Tanamkan 3 Benih Unggulan Ini Mumpung Anak Belum Gede

Tanamkan 3 Benih Unggulan Ini Mumpung Anak Belum Gede

Suatu tanaman akan berbuah manis jika benihnya pun baik. Setidaknya benih yang memenuhi syarat untuk dikembangkan, menjadi tanaman apa pun, yang bermanfaat. Demikian pun pada manusia. Meminjam kata ‘benih’ tersebut, saya mengandaikan ada yang bisa ditanam di dalam diri kita. Terutama yang ditanam di dalam diri anak-anak sebelum mereka dewasa.

Peribahasa mengatakan, “Jika benih yang baik jatuh ke laut, menjadi pulau.” Artinya, orang yang berketurunan baik, ke mana pun perginya akan bersifat baik juga. Saya mengambil peribahasa dan artinya tersebut dari Kamus Besar Bahasa Indonesia V (KBBI V), yang saya instal di ponsel saya. 

Jadi jangan berimajinasi saya sedang membuka buku kamus yang sangat tebal itu ya...hehehe... Semua sudah praktis dan mudah sekarang, jadi instal saja beragam aplikasi yang bermanfaat untuk hidup kita. 

Kembali ke persoalan benih, apa sih yang perlu ditanam di dalam diri anak, mumpung mereka belum gede? Ini setidaknya benih-benih unggulan yang bisa kita pilih.

1. Benih kejujuran

Tanamkan 3 Benih Unggulan Ini Mumpung Anak Belum Gede

Jujur itu pahit! Hmmm...itu mah yang ngomong orang dewasa. Anak-anak tidak mungkin mengatakan hal demikian. Selain cara berpikirnya belum ke arah yang serumit itu, anak-anak pun masih polos, apa adanya. Di sinilah momen yang pas untuk menanamkan benih kejujuran kepada anak.

Setidaknya, saya melakukan ini sejak anak masuk bangku sekolah dasar (SD). Saya mengatakan kepada anak-anak saya, “Jangan menyontek, ya, Nak.” Kebiasaan tidak menyontek ini saya tanamkan kepada anak agar ia mendapatkan nilai dengan cara yang jujur dan elegan.

Tapi memang risikonya kadang pahit....hahaha... Anak-anak bisa mendapatkan nilai yang sangat-sangat buruk! Tapi itu tidak sering sih karena anak-anak saya masih bisa bertahan di angka yang wajar tanpa menyontek. Orangtua yang memberikan saran kepada anak untuk tidak menyontek tidak boleh memarahi anak jika buah hati sedang mendapatkan nilai kurang memuaskan. Tanyakan saja sebabnya dan mintalah untuk belajar lebih giat. Simpel!

Jika anak sudah dibiasakan jujur sejak kecil, semoga kelak ketika dewasa, ia menjadi pribadi yang tidak mudah bohong, menjadi pribadi yang bisa dipercaya, dan menjadi pribadi apa adanya, mudah menjadi dirinya sendiri.

2. Benih kreativitas

Tanamkan 3 Benih Unggulan Ini Mumpung Anak Belum Gede

Dunia anak adalah dunia penuh warna! Dunia kecil yang diisi dengan aktivitas bermain sambil belajar. Di situlah saat yang tepat untuk menanamkan benih kreativitas kepada buah hati. Ini bisa diterapkan saat si kecil masih menikmati pendidikan anak usia dini (PAUD), baik itu pra-TK maupun saat di bangku TK. Aktivitas menggambar, mewarnai, bermain angka, bermain huruf, bermain TTS, dan sebagainya, merupakan wujud penanaman benih kreativitas kepada anak sejak usia dini.

Cara tersebut bisa dilanjutkan ketika anak masuk ke jenjang sekolah dasar (SD) dan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Misalnya, anak diperkenalkan kepada seni mengarang, entah itu mengarang puisi, cerpen, atau bahkan novel anak-anak. Bisa juga diperkenalkan kepada seni mendongeng, seni musik, tari, seni suara, dan lain-lain. Itu adalah bentuk-bentuk benih kreativitas yang sangat penting diberikan kepada buah hati, mumpung anak belum gede.

Nah, kelak ketika besar, anak sudah siap dengan persaingan di dunia kerja, misalnya, karena ia kreatif. Karyawan yang kreatif lebih disukai bos atau atasan dibandingkan karyawan yang hanya ngikut saja apa kata bos, selama kreativitas tersebut untuk keuntungan bersama, bukan untuk hal-hal yang buruk. Atau, anak bisa menciptakan lapangan kerja ketika dewasa, karena benih kreativitas tumbuh sangat subur, dan bisa digunakan untuk merespons perubahan zaman.

3. Benih kewarasan

Tanamkan 3 Benih Unggulan Ini Mumpung Anak Belum Gede

Ups, benih apaan ini? Kewarasan? Rasanya sulit dicerna, apalagi untuk anak-anak. Untuk anak, istilah ini memang sulit, tapi untuk orang dewasa, mudah. Arti waras, saya ambil dari KBBI V, sekali lagi, yang saya tanam di ponsel saya, adalah sembuh jasmani; sehat; sehat rohani yang meliputi misalnya mental dan ingatan.

Saya gampangkan saja, waras meliputi sehat jasmani dan rohani. Ingat kan, ungkapan populer ini, “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.” Nah, tanamkan benih kewarasan dalam diri anak mumpung ia belum besar, agar si kecil punya kesehatan jasmani dan rohani yang baik.

Mudah kok caranya, akrabkan si kecil dengan olahraga, misalnya lari pagi, main bola, main sepeda, dan lain-lain. Gerak deh tuh fisik si kecil, jangan sampai banyak diam. Apalagi banyak main ponsel tanpa ada pergerakan sama sekali. Selain olahraga, perhatikan gizinya, seperti pemberian makanan dan minuman sehat, juga perhatikan asupan vitaminnya.

Sehat rohani bisa diberikan kepada anak, misalnya melalui pembiasaan rajin berdoa, mengenalkan tolong-menolong, menjauhkan anak dari konten pornografi atau konten kebencian, dan lain-lain. Jaga kesehatan rohaninya agar anak tidak terpapar banyak hal negatif yang merusak tumbuh kembangnya sejak kecil.

Jika itu bisa diterapkan maka menanamkan benih kewarasan tidaklah sulit. Namun, jangan lupakan, orangtua pun harus waras saat menanamkan benih ini. Orangtua yang sehat jasmani dan rohani menjadi teladan yang pas untuk anak bertumbuh dan berkembang dengan baik. Mumpung masih kecil, belum gede, tanamkan saja benih-benih ini, dengan penuh cinta kasih dan kesabaran.

Jangan sampai telat, mumpung anak masih polos, imut, dan gampang dibentuk menjadi pribadi yang hebat berkarakter kuat, maka tanamkan tiga benih unggulan itu dari sekarang. 



Foto: pixabay.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rienas82 dan 12 lainnya memberi reputasi
oke om, besok kalo udah nikah ane terapin ke anak ane yah 3 poin ini, PERTAMAX
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Penting mmg, hrs selalu ditanamkan meski sdh terlambat.

sekalipun sdh terlanjur besar, mmg sdh kewajiban sebagai org tua
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah secara gk sadar semua sudah ane lakukan.
semangat biar generasi penerus kita lebih baik.
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
asiyap
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
mantap gan....nice info
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tanamkan akhlak yang mulia.
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
Lihat 2 balasan
jejak👣
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
3poin yang termasuk bagus utk ditanamkan ke anak...tapi kunci utama nya...apa org tuanya juga bs jd contoh dr ke 3 benih ini??itu yg utama...contohnya...jgn sampai jd org tua yg larang anak ngerokok,tp nasehatinnya sambil ngerokok......🥴🥴🥴
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Satu yang terpenting, sebagai orang tua kita dituntut untuk bisa memberikan contoh 3 hal tersebut
profile-picture
profile-picture
herrypengarang dan servesiwi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nice info gan
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
kirain benih tanaman tadi. ..
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
jodoh dimana dimana
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
terima kasih infonya gan. alhamdulillah slama ini scra.tdak langsung sdah kta ajarkan pda anak.
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wah pastinya nih, jujur, kreatif, kewarasan dan tentunya satu yg tidak lupa adalah tanggung jawab yaaaa.
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
Lihat 3 balasan
iya betul gan. ketiga cara ini mendidik dengan baik ini. terimakasih threadnyaa gaan
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jujur si penting bgttt, soalnya kebawa brok ampe gede
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Wawww baru pertama kali denger benih kewarasan juga penting untuk ditanamkan ke anak kita kelaaak
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Nice thread anyway gaaan, informatif dan nambah insight aneee
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bagus nih buat pendidikan anak....apalagi masa masa emas adalah masa yang sangat penting.....
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
menamkan benih² tanggung jawab dari masa kecil emanglah baik bagi pertumbuhanya
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di