CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Heboh! Suara Dentuman Misterius Di Bandung Hari Ini Terdengar Lagi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec7a9df88b3cb1c560d6a2f/heboh-suara-dentuman-misterius-di-bandung-hari-ini-terdengar-lagi

Heboh! Suara Dentuman Misterius Di Bandung Hari Ini Terdengar Lagi

Suara misterius kembali terdengar! Warga hebohkan sosial media karena suara dentuman di Bandung yang terdengar berkali-kali.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!
 
Suara Dentuman Di Bandung

Bukan hanya sekali suara dentuman terdengar akhir-akhir ini. Pernah satu ketika suara dentuman Cumiakkan telinga warga Jawa Tengah.

Pada Jumat (22/05) warga Bandung dikejutkan kembali dengan suara dentuman yang serupa.

Mengutip dari Kontan, suara dentuman tersebut terdengar sekitar pukul 09.18 WIB sebanyak 3 hinggal 4 kali. Kemudian, suara dentuman tersebut muncul kembali sekitar pukul 09.30 WIB.

Suara tersebut terdengar dari kejauhan namun bunyinya cukup keras. Terdengar sepeti suara meriam. Ketika suara dentuman terdengar, kondisi langit cerah.

Heboh! Suara Dentuman Misterius Di Bandung Hari Ini Terdengar Lagi
 
Salah satu warganet menjelaskan dentuman itu terdengar dalam jangka waktu setengah jam sekali.

Beberapa orang mengaku mendengar dentuman serupa yang asalnya dari langit. Mereka yang mengaku tinggal di Caringin, Kopo, Moh Toha, Leuwipanjang, dan Dago mendengarnya.

Salah satu warganet menjelaskan dentuman itu terdengar dalam jangka waktu setengah jam sekali.

"Aku perhatiin tiap setengah jam sekali.. awal denger jam 8 pagi, yang kedua jam 08.30, trus ada lagi jam 09.00," kata @july3787.

@july3787.

"Kopo berkali2 min. Dentumannya 4 sampe 5 kali terus ilang terus muncul lagi selang beberapa menit," ucap @bohlamterang.
 
Dilansir dari PRfm Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, pihaknya telah menganalisis sumber suara dentuman tersebut dari tiga faktor, yaitu dari sisi gempa, cuaca, dan petir.

Dari aktivitas gempa bumi ia katakan, alat seismograf BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa. Ia memastikan tidak ada aktivitas gempa pagi ini di wilayah Bandung Raya.
Senada dengan itu, Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi PVMBG Badan Geologi, Hendra Gunawan, mengatakan tiga gunung api yang mengelilingi Bandung yakni Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Guntur, dan Gunung Gede tidak menunjukkan aktivitas erupsi pada hari ini.

"Kami dari pusat vilkanologi dan mitigasi bencana geologi menyampaikan informasi terkait glaktivitas gunung api di sekitar kota bandung sampai dengan hari ini, tidak dilaporkan adanya erupsi gunung api baik itu dari Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Guntur dan Gunung Gede," ujar Hendra seperti dikutip dari medcom.id, Jumat (22/08).
Hendra mengaku mendapat laporan dari masyarakat di wilayah Kabupaten Bandung serta perbatasan dengan Kota Bandung adanya suara dentuman sebanyak enam kali.

Bahkan ia pun mengaku mendengar suara tersebut namun belum mengetahui asal muasalnya.

"Masyarakat melaporkan adanya dentuman pada pagi hari termasuk di tempat tinggal saya dan beberapa staf yang tinggal didaerah Buah Batu dan Baleendah memang mendengar. Hanya dari pihak vulkanologi menyampaikan bahwa di Bandung Utara maupun Selatan tidak ada aktivitas gunung api," ungkapnya.
Lalu, dari mana asalnya suara dentuman tersebut? Ada yang menjelaskan bahwa suara dentuman misterius dapat berasal dari Skyquake.

Nah, Sobat Finansialku, Skyquake adalah istilah yang digunakan oleh sekelompok orang untuk menyebut suara yang datang dari langit.

Meski begitu, kita tak perlu panik apabila mendengar suara-suara gemuruh yang tak diketahui asal-usulnya itu. Karena fenomena tersebut telah terjadi selama ratusan tahun di seluruh dunia.
 
Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Heboh! Suara Dentuman Misterius Di Bandung Hari Ini Terdengar Lagi
 
Sumber Referensi:
Rian Firmansyah. 21 Mei 2020. Suara Dentuman di Bandung, BMKG: Bukan Aktivitas Gempa PRFm News - https://bit.ly/2WVFdm5
Roni Kurniawan. 21 Mei 2020. Suara Dentuman di Bandung Bukan dari Aktivitas Gunung Api Medcom.id - https://bit.ly/3ea0PRs
Admin. 22 Mei 2020. Hari ini, suara dentuman misterius di Bandung kembali terdengara Kontan.co.id - https://bit.ly/2WQaJSe
Farida Yulistiana. 21 Mei 2020. Suara Dentuman Misterius Pernah Terjadi di Negara Lain, Dari Mana Asalnya? Kumparan.com - https://bit.ly/3gc4Git
https://www.finansialku.com/suara-de...n-di-bandung/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
coba lihat buku fisika gan
Lihat 1 balasan
tentara allah datang
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan monicamey memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Lodong?
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tiap ada kejadian sprti ini bmkg ditanya mulu, n jwbannya selalu ngambang.
kesimpulannya, lain kali bmkg kagak usah ditanya lagi.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emol dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh apollion
Lihat 3 balasan
Meriam karbit itumah brayemoticon-Cool
Biasa menjelang lebaranemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan jagotorpedo memberi reputasi
mungkin itu perang alien melawan gundam dr bumi. ... waks.
Lihat 1 balasan
Jika emang skyquake udh ad ratusan taun sblomnya, apakah di ouluhan taun silam ad britanya di indo? Minimal 10th k blkg lah.

Ane curiga wabah yg ditembakkan dan mledak di udara agar tersebar
Lihat 1 balasan
skyquake
apa langit bisa gempa
bumi sudah menunjukkan tanda2nya. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya.
iihh apa itu yaaa jadi penasaran emoticon-Bingung
2hari kmaren gw jg denger dentuman di jokja
pesawat alien lewat
itu suara JAJUJ MAJUJ mau hadir ke bumi mulai mendobrak penjara tembaga bawah tanah buatan Nabi Zulkarnaen
Diubah oleh nevertalk
Dentuman aneh wkwkw balik kanan takut ke arah timuremoticon-I Love Indonesia


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di