CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Lawan COVID – 19, Hong Kong Kembangkan Alat Peramal Penyakit dan Tes Swab Kilat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec7a5e5b84088684c2ee012/lawan-covid--19-hong-kong-kembangkan-alat-peramal-penyakit-dan-tes-swab-kilat

Lawan COVID – 19, Hong Kong Kembangkan Alat Peramal Penyakit dan Tes Swab Kilat


Sebuah inovasi dilakukan oleh dua perusahaan Bioteknologi Hong Kong guna melawan penyebaran virus corona. Mereka mengembangkan sebuah alat yang bisa meramal penyakit dan tes swab kilat. Tes swab ini diklaim hanya butuh waktu 15 menit untuk bisa diketahui hasilnya. Mereka juga mengklaim, meskipun cuman butuh waktu 15 menit, tingkat keakuratannya cukup tinggi.

Hal ini tentu sudah lebih cepat dari rata-rata tes swab virus corona di dunia yang bisa makan waktu setengah hari atau lebih. Inovasi ini tentu kabar baik untuk tenaga medis yang menghadapi pasien dalam jumlah banyak. Alat canggih ini dinamakan ALiA atau Array Based LED induced flourescence Immunoassay. Ukuran alat ini sebesar rice cooker dengan berat Cuma 5 kg. Cara kerja alat ini adalah dengan menganalisa sampel droplet tes swab hidung atau sarah yang diletakkan pada chip kecil.

 Lawan COVID – 19, Hong Kong Kembangkan Alat Peramal Penyakit dan Tes Swab Kilat

Sekali uji bisa sampai 5 panel sekaligus untuk deteksi aneka penyakit berbeda. Analisa akan selesai dalam 15 menit. ALia sedang diuji di RS Prince of Wales Hong Kong. Kalau layak medis, dia akan siap digunakan tenaga medis dalam 3 bulan mendatang.

Selain alat tes swab, mereka juga mempunyai alat yang diberi nama Govita Tech. Ini merupakan alat pemindai biomarker. Alat ini akan memindai molekul, gen, dan karakter lain untuk meramalkan potensi penyakit pada seseorang.

Teknologi ini akan melibatkan Artificial Intelligence untuk menganalisa 300 biomarker terkait imunitas, kondisi mental, kesehatan kardiovaskular, komposisi tubuh, hormon dan potensi kanker. Teknologi ini sudah dipakai di beberapa klinik di Hong Kong sebagai upaya pencegahan penyakit pada pasien.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
keren bangeet, semoga makin banyak alat pendeteksi begini. bisa di produksi massal juga, biar bisa digunaain negara lain juga...
walopun udah mulai banyak bermunculan teknologi pendeteksi virus tp menurut ane blm ada yg memberikan hasil yg memuaskan..
For fun aja ini ma...
ayo dong bikin alat secepatnya wkwkwk ane gak tahan mau liburan
Kalo 15 menit berarti sehari bisa periksa banyak banget dong ya
semoga bermanfaat


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di