CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sri Mulyani Prediksi Defisit APBN 2020 Meroket Jadi Rp 1.028 T
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec7a27265b24d20b562faf3/sri-mulyani-prediksi-defisit-apbn-2020-meroket-jadi-rp-1028-t

Sri Mulyani Prediksi Defisit APBN 2020 Meroket Jadi Rp 1.028 T

Sri Mulyani Prediksi Defisit APBN 2020 Meroket Jadi Rp 1.028 T

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN 2020 sebesar Rp 1.028 triliun tahun ini. Nilai tersebut setara dengan 6,27 persen terhadap Produk Domestik Bruto.

Angka itu juga lebih besar dari target defisit APBN yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2020 yang sebesar 5,07 persen atau Rp 852,9 triliun. "Outlook defisit APBN 2020 lebih besar disebabkan adanya kontraksi terhadap penerimaan negara, " kata Sri Mulyani dalam pertemuan virtual Senin, 18 Mei 2020.

Sebaliknya, kata dia, belanja negara justru meningkat karena ada pandemi virus corona Covid-19.

Dia menuturkan defisit itu dalam rangka mendorong ekonomi agar tetap bisa bertahan dalam menghadapi tekanan Covid-19. Menurut dia, pemulihan sektor perekonomian bisa terjadi dengan adanya defisit tersebut.

Adapun untuk bisa mendanai defisit sebesar Rp 1.028,5 triliun itu, dilakukan melalui pembiayaan dan pengadaan surat berharga.

"Hal itu sudah diatur di dalam Perpu maupun di dalam SKB antara Kementerian Keuangan dengan Bank Indonesia," ujarnya.

Dia mengatakan pendapatan negara diprediksi turun 13,6 persen dibanding realisasi tahun lalu yang sebesar Rp 1.691,6 triliun. Sedangkan target pendapatan negara pada Perpres 54 Tahun 2020 sebelumnya termaktub sebesar Rp 1.760,9 triliun.

Kendati begitu, belanja negara diperkirakan mencapai Rp 2.720,1 triliun atau bertambah Rp 106,3 triliun dari postur APBN yang diatur Perpres 54/2020. Menurut Sri Mulyani, tambahan belanja disebabkan adanya penambahan kompensasi Rp 76,08 triliun pada PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN.

link


Kendati begitu, belanja negara diperkirakan mencapai Rp 2.720,1 triliun atau bertambah Rp 106,3 triliun dari postur APBN yang diatur Perpres 54/2020. Menurut Sri Mulyani, tambahan belanja disebabkan adanya penambahan kompensasi Rp 76,08 triliun pada PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Sudah menjadi ketetapan (partai) allah emoticon-Smilie
bener2 meroket nih
satu lagi omongan jokowi yang terbukti
meroket ....
jokowi selalu menepati omongannya tak pernah ngibul seperti gabener
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chemicalbastard dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Roketnya ambyarr emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan cepute memberi reputasi
Sekalinya meroket malah hutang negara dan defisit APBN yang meroket emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)


profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 3 lainnya memberi reputasi
september siap meroket
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
awokwowkwokwok gaspol pak de, roketin aja semuanyaemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan pinkypatrick memberi reputasi
Roket
Tekor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
Sri Mulyani Prediksi Defisit APBN 2020 Meroket Jadi Rp 1.028 T
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Hah?? Toket??


emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan Zhendong.Wanmei memberi reputasi
Edan, harusnya udah tau penerimaan jeblok, rencana pengeluaran harus diteken juga.. ini malah naik..

Ati2 blundernya srimul kalo defisit lebih dr 3 persen pdb, presiden bisa dipecat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh warbound
Kalau wabah pakai teori ekonomi kaga akan bisa menyelesaikan karena kaga ada kepastian kapan selesai civid19 ??
Yg bener harus kebijakan out of the box agak radikal gitu.
Yg paling penting kasih rakyat makan dan negara lebih berperan. Bukan rakyat cari makan sendiri.
Pakai stimulus ribuan T bisa bertahan berapa lama?
Apakah bank2 kaga akan colaps??? Debitur pada kg bisa bayar ? Nilai kredit macet akan naik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kurapbadak dan 3 lainnya memberi reputasi
Tebar Janji →Prediksi Meleset→Cari Alasan→Repeat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
Susah. Mau apa lagi
profile-picture
Zhendong.Wanmei memberi reputasi
efek bancakan di tengah korona.
bagi-bagi duit ke yang tak tepat sasaran.
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan Zhendong.Wanmei memberi reputasi
Gak masalah. Yg penting bentuknya long term liability supaya ada jeda waktu untuk pulih di saat new normal udah berjalan. Berharap rasionya berhasil ditekan lagi kembali ke 25-27%, ga usah kejar bangun infrastruktur dulu untuk 5-10 tahun
Diubah oleh Zhendong.Wanmei
Lihat 4 balasan
semua impor susah juga

ooo ini maksud jkw ekonomi meroket 🤣
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
Yah gaji pejabat dan wakjl rakyatnya aja kagak kira kira banyaknya pensiunnya aja seumur hidup kerja cuman 5 tahun doang lom gajinya
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
Diubah oleh slider88
Apapun masalahnya hutang adalah solusinya!!! Bocah tk juga lebih pinter dari Menkeu payah bener. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di