CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / Games /
Apa Itu Valorant?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec79e5c10d2957a5036d51c/apa-itu-valorant

Apa Itu Valorant?

Apa Itu Valorant?

Bombastis! Adalah kata yang tepat untuk menggambarkan masterpiece karya Riot Games yang satu ini. Bagaimana tidak? Popularitasnya berhasil ‘mengguncang’ Twitch. Bagi kamu yang masih belum kenal dengan gim satu ini, kamu wajib segera berkenalan dengan apa itu Valorant!

Sebelumnya, gim ini diumumkan dengan kode Project A di bulan Oktober 2019, dan tidak lama setelahnya di bulan Maret lalu, gameplay dari Valorant pun dirilis di YouTube dengan judul The Round.






Setelah berhasil menarik sejumlah antusiasme gamer, versi Closed Beta-nya pun dirilis di bulan April, dan diprediksi bahwa Valorant akan resmi dirilis di tahun 2020.

Sekilas tentang Valorant

Dikembangkan oleh developer kondang Riot Games yang sebelumnya juga sukses mengembangkan League of Legends (LOL).

Bergenre FPS (First Person Shooter), gim ini memiliki kemiripan dengan gim populer seperti Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) dan Overwatch.


Konsep permainannya berfokus pada 2 tim yang saling melawan dan masing-masing tim terdiri dari 5 orang. Mereka akan berlomba untuk memenangkan pertempuran sebagai Attacker ataupun Defender.


Sebelum pertempuran dimulai, tiap pemain akan memilih seorang karakter atau ‘agent’ yang masing-masing memiliki karakteristik dan kemampuan unik.

Gameplay Valorant

Apa Itu Valorant?


Permainan dimulai dengan dua tim yang masing-masing beranggotakan 5 pemain untuk saling memperjuangkan misi mereka, baik itu untuk menanam bom ataupun mencegah dan menjinakkan bom (spike).

Selama bertempur, setiap permainan akan berlangsung selama 24 ronde, dimana tim yang terlebih dahulu memenangkan 13 ronde akan keluar sebagai pemenang. 

Setelah permainan berjalan selama 12 ronde, tim yang awalnya berperan sebagai Attacker akan bertukar posisi menjadi Defender, dan sebaliknya.

Di setiap ronde tersebut, para pemain dibekali satu nyawa untuk menanam/menjinakkan bom. Satu nyawa ini berarti, pemain akan bangkit kembali di ronde berikutnya.

Selain bermain dengan bom, kemenangan juga bisa diraih dengan mengalahkan seluruh karakter lawan.

Berbeda dengan CS:GO, setiap karakter dalam gim ini, memiliki kekuatan khusus yang disertai dengan class, seperti Initiator, Controller, Sentinel, dan Duelist.
Klasifikasi senjata dalam Valorant cukup bervariasi, mulai dari sidearms, submachine guns, shotguns, machine guns, assault rifles, hingga sniper rifles.

Valorant juga memiliki kemiripan dengan CS:GO, terutama dengan adanya mekanisme ekonomi.

Agent Valorant

Nah, tanpa basa-basi lagi, mari kita berkenalan dengan 10 agent ini.

Phoenix

Apa Itu Valorant?


Phoenix merupakan karakter pertama yang diperkenalkan Riot Games. Ia diceritakan sebagai agent yang memiliki kemampuan berelemen api. Kemampuannya ini membuatnya memiliki ciri khas ofensif dengan signature ability-nya: Curveball. Phoenix merupakan karakter penyerang dengan damage yang signifikan, ditambah dengan kemampuan heal dan ultimate ability-nya ala “back to life”.


Jett

Apa Itu Valorant?


Jett merupakan karakter yang berlatarkan berasal dari Korea Selatan. Ia digambarkan sebagai agent yang memanfaatkan elemen angin. Jett didesain untuk bergerak lincah dan gesit, baik untuk menyerang maupun menghindari musuh. Signature ability Jett adalah Tailwind yang membuatnya tampil cepat.

Viper

Apa Itu Valorant?


Viper digambarkan sebagai agent yang berasal dari Amerika Serikat. Seperti namanya, kekuatan ia gunakan adalah zat kimia beracun. Bila lawan tidak mati oleh racun, maka ia akan mati dengan kemampuan mind game-nya. Viper mampu mengontrol area pertempuran dengan signature ability-nya Toxic Screen yang membuat sebuah dinding tinggi di tengah pertempuran.

Sova

Apa Itu Valorant?


Sova merupakan agent dengan spesialisasi mendeteksi lokasi musuh. Peran utama Sova dengan kemampuannya adalah untuk melacak, menemukan, dan menghabisi musuh dengan sekali jalan. Agent yang didatangkan jauh-jauh dari Rusia ini memastikan bahwa musuhnya hanya bisa lari, namun tidak bisa bersembunyi. Signature ability-nya adalah Recon Bolt yang menemukan posisi para musuhnya.


Cypher

Apa Itu Valorant?


Sang pengawas, Cypher, adalah seorang agent kepo yang terus mengintai setiap detil pergerakan musuh. Karakter asal Maroko ini suka sekali mencari tahu informasi dari lawan-lawannya dengan kemampuan khasnya, yaitu Spycam.


Brimstone

Apa Itu Valorant?


Brimstone merupakan agent support dengan banyak senjata hebat. Karakter satu ini akan memberi dukungannnya kepada teman setim agar mendapat banyak keuntungan, seperti menembakkan smokescreen ke area yang ditentukan. Jurus khasnya adalah Sky Smoke.


Sage

Apa Itu Valorant?


Agent dari China ini memiliki kemampuan untuk menghidupkan kembali teman-temannya yang telah tewas. Tidak hanya bangkit dari kubur, Sage juga mampu memulihkan rekan pertempurannya dengan jurus khasnya, yaitu Healing Orb.


Omen

Apa Itu Valorant?


Karakter unik ini memiliki kemampuan yang memberikan mobilitas yang besar disertai opsi utilitas luar biasa. Omen akan sangat merepotkan pertahanan musuh karena kemampuannya yang dapat membutakan musuh, yaitu Paranoia dan signature ability-nya, Dark Cover.


Breach

Apa Itu Valorant?


Jika kamu tipe pemain agresif, maka Breach adalah jodohmu di Valorant dan wajib kamu miliki. Kemampuan utama Breach adalah tembakan bermuatan kinetik dengan daya ledak sangat kuat yang bisa membersihkan area lawan. Signature ability-nya untuk nge-wipe musuh adalah Fault Line.


Raze

Apa Itu Valorant?


Raze adalah agent asal Brazil yang didesain untuk memainkan peranan duelist yang memberi kerusakan besar dan membasmi lawan dengan menggunakan ledakan yang dahsyat. Signature ability-nya Blast Pack akan menanam sebuah peledak yang siap memangsa target.



Mode Kompetitif Valorant

Selain bermain secara kasual, para pemain juga bisa menunjukkan kebolehan bermain mereka di ranked mode. Terdapat 8 tingkatan rank, yang dimulai dari Iron, Bronze, Silver, Gold, Platinum, Diamond, Immortal, hingga Valorant.

Seperti mode kompetitif game lain, cara untuk meningkatkan rank tentu adalah dengan memenangkan permainan.



Apa Itu Valorant?


Mengenai ekosistem esports-nya Valorant, Whalen “Magus” Rozelle dari Riot Games telah mengungkapkan rencananya untuk menciptakan wadah kompetitif profesional untuk para pemain judul gim ini. Walaupun wujud dari turnamen masyhur Valorant masih belum tampak, namun bisa dipastikan bahwa mereka akan segera hadir dari perilisan resmi buku panduan penyelenggaraan turnamen komunitas yang bisa kamu akses langsung dari situs beta.playvalorant.com.

Sumber : Esportsnesia



profile-picture
profile-picture
ridwan890 dan amdar07 memberi reputasi
Where is the sport part from e sport?
emoticon-gagalpaham
media lagi nih, bakal seru
di android ada nih gan ?
di indonesia kurang populer ya gan kayaknya?
Valorant pake source engine yah? Apakah ada botnya?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di