CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Harga Rumah Turun, Saat yang Tepat Untuk Investasi Properti?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec79bf09a972e40b0219013/harga-rumah-turun-saat-yang-tepat-untuk-investasi-properti

Harga Rumah Turun, Saat yang Tepat Untuk Investasi Properti?

Harga rumah turun gede-gedean akibat pandemi. Apakah ini saat yang tepat untuk mulai investasi properti?

Ketahui jawabannya di berita Finansialku di bawah ini!
 
Harga Rumah Seken Turun Sampai 30 Persen!

Lagi, semakin banyak sektor yang jadi korban gara-gara penyebaran virus corona di Indonesia.

Kali ini datang dari sektor properti. Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) mencatat adanya penurunan harga rumah sebanyak 20-30 persen.
Ini tidak terkecuali rumah-rumah yang ada di kawasan elit di Jakarta seperti Pondok Indah.

Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia mengatakan kalau fenomena ini sudah masuk ke dalam batas yang tidak wajar.

“Properti sekunder itu terkoreksi mulai dari 20 persen sampai 30 persenan. Mungkin ada yang lebih, tapi jarang sekali, tergantung pada kebutuhan si penjual.” Katanya dikutip laman ekonomi.bisnis.com, Senin (18/05).

Harga Rumah Turun, Saat yang Tepat Untuk Investasi Properti?
 
Lukas mengatakan, koreksi di pasar bisa mencapai 20 sampai 30 persen untuk rumah mewah dan ruko strategis yang harganya di atas Rp 1 miliar.
Sementara untuk properti yang berada di bawah Rp 500 juta, penurunan harga dianggap tidak terlalu parah, yaitu terkoreksi 10 persen, lebih rendah dibandingkan dengan properti seharga Rp 1 miliar ke atas.

Senada dengan pernyataan Lukas, Senior Associate Director Era Graha, Igantius Raymond Gunawan juga menyatakan hal serupa saat diwawancarai di kesempatan berbeda.

“Koreksinya variasi, enggak bisa ditentukan, ada yang 20-30 persen bahkan kemarin ada hampir 40%. Tergantung kebutuhan si owner. Tapi kalau yang lain rata-rata 15-20 persen.” Katanya, dikutip dari laman cnbcindonesia.com, Rabu (20/05).
Raymond mengatakan kalau besar atau kecilnya penurunan tentu bergantung sepenuhnya pada pemilik rumah.

Apabila sang pemilik menjual rumah dalam keadaan terdesak, tidak menutup kemungkinan harga rumah turun.

Sebaliknya, jika memang menjual rumah dalam kondisi yang tidak terlalu terjepit, maka harga rumah cenderung normal bahkan bisa lebih tinggi.

Dia juga menyebutkan beberapa contoh kasus pemilik rumah yang harus menjual aset karena harus membayar tagihan bank, dan merelakan harga rumahnya anjlok sebesar 40 persen.

Harga Rumah Turun, Saat yang Tepat Untuk Investasi Properti?
 
Sementara itu, hasil survei dari Indonesia Property Watch (IPW) yang dilansir dari laman finance.detik.com, ada beberapa segmen rumah yang mengalami penurunan pesat hingga 50,1 persen di kuartal 1 tahun 2020.

Dilaporkan kalau segmen rumah dengan harga di bawah Rp 300 jutaan turun menjadi 62,5 persen dari 68,8 persen jika dibandingkan dengan kuartal yang sama 2019 lalu.

Adapun segmen rumah dengan harga di atas Rp 1 miliar ke atas mengalami penurunan ke level 46,0 persen jika dibandingkan dengan presentasi satu tahun sebelumnya, yaitu 36,4 persen.
 
Waktu yang Tepat untuk Investasi Properti?

Penurunan ini, jika dilihat dari kacamata investasi, tentu menjadi momentum yang ditunggu-tunggu bagi para investor properti.

Pasalnya, fenomena harga rumah turun ini jarang terjadi dalam persentase yang bisa dibilang cukup tinggi.

Tapi nyatanya, masih ada beberapa investor yang belum terjun dan masih melakukan ancang-ancang untuk mendapatkan harga yang lebih miring lagi.
Memang, bukan cuma sekedar menangkap momentum, tapi jika tidak tahu waktu yang paling tepat, investor bukannya mendapat untung malah buntung.

Oleh karena itu, Sobat Finansialku perlu bantuan pihak ketiga yang kompeten di bidang investasi seperti perencana keuangan. Perencana keuangan dapat membantu Sobat Finansialku untuk mengambil keputusan apakah perlu berinvestasi properti disesuaikan dari profil risiko, tujuan keuangan, hingga kondisi kesehatan finansial masing-masing investor.
 
Bagaimana pendapat Sobat Finansialku tentang fenomena tak berkesudahan ini? Jangan ragu sampaikan pada kami lewat kolom komentar,  ya!

Sobat Finansialku juga bisa mendiskusikan fenomena ini bersama rekan atau keluarga dengan membagikan artikel ini lewat pilihan platform yang tersedia, lho!
 
Harga Rumah Turun, Saat yang Tepat Untuk Investasi Properti?

Sumber Referensi:
Ferry Sandi. 19 Mei 2020. Sudah Tak Wajar, Harga Rumah Terjun Bebas Sampai 30%. Cnbcindonesia.com - https://bit.ly/2AL5nPK
Danang Sugianto. 26 April 2020. Ini Segmen Rumah yang Harganya Turun Paling Dalam. Finance.detik.com - https://bit.ly/2TmKi4J
Ferry Sandi. 20 Mei 2020. Harga Rumah Terjun Bebas, Pondok Indah Anjlok Sampai 40%. Cnbcindonesia.com - https://bit.ly/2WLUZQl
https://www.finansialku.com/harga-rumah-turun/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Di daerah gw ga turun turun

emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
sulaiman2802 dan setiapmenit memberi reputasi
mudah²an bisa lepas dr badai corona
Diubah oleh daroi
BUBBLE POOF lmao kasian yang kemarin invest property senin harga naik emoticon-Leh Uga
profile-picture
apollion memberi reputasi
Diubah oleh dashmad
harga turun kalo ga ada duit mau bayar pake apa? pake daun?
profile-picture
agh05t memberi reputasi
Meski turun ga ada duit buat beli emoticon-Shakehand2
Yg dlu taon kupat lima harga tanah 500rb, taon 80 harga 50jt, sebelom krismon 120jt, sekarang 8M.
Akibat koronak kitak turun jadi 5M sajah.
profile-picture
apollion memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Apanya yg turun paling cicilan tahun pertama.. tahun berikutnya bunga mencekik
Turun kalau orang BU atau sdh mau dista sama bank.emoticon-Traveller
Turun karena ga ada yang beli emoticon-Smilie

Ga ada yang beli karena ga punya uang emoticon-Smilie

Ga punya uang karena ga ada rejeki dari (partai) allah emoticon-Smilie
Yang dibuat liquiditynya gk ada


Bank aja nolak cairin cek 100 juta keatas harus prosesi ribet dulu

Beli trus gak ada duit selama masa karantina, belum kalau kena corona. emoticon-Busa
Orang saat ini lebih milih pegang duit, buat kebutuhan mendesak dulu. Kecuali duitnya kelebihan, bisa aja jadi spekulan properti. Untung-untungan kalau pandemi selesai <1 tahun, bisa dijual mahal nanti. Kalau lebih 1 tahun? Simpen dah tuh rumah. emoticon-Embarrassment 🏠🍜
Diubah oleh Jangan.maling
Yg beli sapa
Kredit aja skrg susah
Bank bakalan mikir kerasemoticon-Cape deeehh
Hah diskon mau 50%?
mending nyimoan duit deh..
biar aja developer pusing..
sebelum corona harga gila2an..
profile-picture
chang.nana memberi reputasi
belinya pake apa gan
yg kelas menengah otw jadi kaum miskin, yg miskin makin miskin
akhirnya yg bisa beli ya dia lagi dia lagi ,yang anti kena potongan thr , yg anti kena phk meski negara krisis (iykwim) emoticon-Ngakak
Juni masih bakal turun lagi ane yakin
Apalagi kalo psbb masih berlaku sampe taun ajaran baru, wuih itu pas kebutuhan ortu2 lagi naik buat sekolahin anak
ogah gue beli nunggu tahun depan aja paling nanti jatuh lagi kena diskon hingga 70 persen😁😁😁😁
yg mahal2 yg turun banyak..
belum turun ini mah, harganya tetep stabil. coba tunggu sampe akhir tahun mungkin udah turun
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di