CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Profil Komarudin, Rektor UNJ yang Terjerat OTT KPK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec771a209b5ca5a695f7c08/profil-komarudin-rektor-unj-yang-terjerat-ott-kpk

Profil Komarudin, Rektor UNJ yang Terjerat OTT KPK

Profil Komarudin, Rektor UNJ yang Terjerat OTT KPK

iNews.id – Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Komaruddin. Bersama dia, sejumlah pejabat UNJ serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) turut diperiksa.

Deputi Penindakan KPK Karyoto menuturkan, KPK bersama Inspektorat Jenderal Kemendikbud menggelar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap seorang pejabat UNJ di kantor Kemendikbud pada Rabu (20/5/2020). OTT berawal dari informasi Itjen Kemendikbud.

“Laporan perihal dugaan akan adanya penyerahan sejumlah uang yang diduga dari pihak Rektor UNJ kepada pejabat di Kemendikbud,” kata Karyoto, Kamis (21/5/2020).

Dari informasi tersebut selanjutnya tim KPK menangkap Kepala Bagian Kepegawaian UNJ Dwi Achmad Noor. Barang bukti yang diamankan yaitu uang 1.200 dolar Amerika Serikat dan Rp27.500.000.

Karyoto menerangkan, dari OTT ini, KPK selanjutnya mengamankan enam orang lain termasuk Rektor UNJ Komarudin. KPK menduga, penyetoran uang itu berasal dari instruksi Komaruddin.

“Rektor UNJ sekitar tanggal 13 Mei 2020 diduga telah meminta kepada dekan fakultas dan Lembaga di UNJ untuk mengumpulkan uang THR masing-masing Rp5 juta melalui Dwi Achmad Noor,” ucap mantan wakapolda DIY ini. Uang itu yang selanjutnya disetorkan ke pejabat Kemendikbud.

Komarudin dilantik sebagai Rektor UNJ untuk periode 2019 – 2023 oleh Menristek Dikti Mohamad Nasir. Pelantikan berlangsung di Ruang Auditorium Kemenristek Dikti, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Komarudin sebelumnya terpilih sebagai Rektor UNJ setelah dalam sidang senat pemungutan suara dia memperoleh 61 suara, unggul dibanding dengan dua pesaingnya yakni Sofiah Hartati dengan 16 suara dan Paulina Pannen 23 suara.

Dalam sidang senat tersebut, terdapat 65 anggota senat UNJ yang hadir dan memberikan suara, ditambah 35 suara dari Kemenristek Diktik sehingga total berjumlah 100 suara.

Komarudin merupakan alumnus UNJ. Dia menamatkan Pendidikan S1 Kependidikan saat kampus ini masih bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta. Selanjutnya dia menempuh pendidikan S2 dan S3 di Universitas Indonesia.

Sejumlah jabatan pernah diembannya saat mengabdi di UNJ. Komaruddin antara lain pernah menjabat Pembantu Rektor II dari 1992-2000. Kariernya meningkat dengan dipercaya sebagai Sekjen Depdiknas (sekarang Kemendikbud) dari 2003-2006.

Karyoto mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap tujuh orang yang ditangkap, KPK belum menemukan unsur pelaku penyelenggara negara. Karena itu, dengan mengingat kewenangan, tugas pokok dan fungsi, KPK melalui unit Koordinasi dan Supervisi Penindakan menyerahkan kasus tersebut kepada Polri untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan hukum.

“KPK mengimbau kepada penyelenggara negara untuk tidak melakukan korupsi dan atau menerima gratifikasi, terlebih dalam situasi prihatin saat ini dengan adanya musibah wabah Covid-19,” ucapnya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iNews.id
Akademisi yang mencoreng muka akademisi.

Mana kemarin kadrun yang ngebacot akademisi di rumpi hukum UGM (yang memplesetkan singkatan PSBB) pasti idealis dan netral!

Netral dan senyum manis ke duit ya, drun?? emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mahoICEheart dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
loh masih tangkap tangan?


fix kpk gagal. udahlah bubarkan aja ni lembaga nggak berguna. apalagi bosnya dari "situ". makin rusaklah kpk dibuatnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agam69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh must.cod.ok

Kok OTT? Bearti pencegahannya kurang dong..

OTT thr dibawah 50jt dong emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
entop memberi reputasi
Kok masih ada toh? emoticon-Bingung (S)











































emoticon-Bingung
profile-picture
entop memberi reputasi
Ini kampus pendidikan yang konon mahasiswanya susah lulus krna ribet di ta ya???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
lupis.manis dan entop memberi reputasi
yampun OTT masih aja korupsi lah lagi keadaan begini, mendingan ngumpulin dana bantuan sosial deh tuh buat warga yang perlu di bantu
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
nanti rektornya bilang ngumpulin duit utk dibagi2 kan ke kaum tak mampu....dan seluruh kadrun raya akan menggeruduk KPK... Take a beer!!!!!!!
kasus ecek2
Siapa ini bre? Ane lebih kenal rektor universitas ibnu kadrun emoticon-Malu


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di