CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Sports / ... / Soccer & Futsal Room /
Striker Paling Tajam di Dunia Berdasarkan......FAKTA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec737122525c31d5d0642d3/striker-paling-tajam-di-dunia-berdasarkanfakta

Striker Paling Tajam di Dunia Berdasarkan......FAKTA

Halo, para penggila bola!
Gol adalah yang paling ditunggu-tunggu dalam pertandingan bola, dan yang job descriptionnya adalah mencetak gol ya jelas STRIKER. Maka tidak heran kan kalau sering kali pemenang Balon D'Or atau Pemain Terbaik Dunia biasanya didominasi oleh striker, karena mereka seringkali mencuri lampu sorot perhatian dibandingkan pemain di posisi lainnya.
Alangkah bahagianya penulis ketika mempelajari bahwa sekarang ada suatu variabel yaitu Ekspektasi Gol atau xG yang bisa dipakai sebagai tolak ukur yang lebih objektif mengenai kemampuan striker dalam menjebol gawang lawan. Bagi yang belum memahami xG bisa lihat artikel ini untuk keterangan lebih jelasnya.
Drum roll please......DUM! DUM!! DUM!!! PYENGGG!! Inilah hasil data rekap kami mengenai striker paling ganas untuk musim 2019/2020 (terbatas hanya di 5 liga utama Eropa dan sampai sebelum terhenti karena COVID-19)

Striker Paling Tajam di Dunia Berdasarkan......FAKTA
sumber: understat.com dan transfermarkt.com


Yup..kita ukurnya dari surplus xG, yang mana berarti gol aktual-Ekspektasi Gol, semakin besar semakin tajam striker tersebut. Kalau kita lihat contohnya di urutan ke-8, Fransesco Caputo dari Sassuolo, dari kualitas peluang yang dia miliki seharusnya dia hanya bisa mencetak 8.9 gol sepanjang musim 2019/20, tapi pada kenyataannya dia berhasil mencetak 13 gol, jadi ada 4.1 surplus yang menunjukkan kualitas ketajaman individualnya Fransesco Caputo. Juaranya ternyata adalah Ciro Immobille dari Lazio, Serie A dengan surplus 6.78!! Tidak heran Lazio tahun ini memberikan perlawanan sengit pada penguasa Serie A, Juventus. 
Beberapa fakta menarik lainnya:
1. Dari top 8 striker paling tajam, hanya 2 yang berusia di bawah 25 tahun, ternyata pengalaman dan mental juga faktor penting seorang striker, tidak hanya melulu speed, power, dan stamina.

2. Selain Jadon Sancho, striker-striker lainnya relatif tidak bernilai mahal menurut data dari transfermarkt.com. Jadi kalau ada klub yang mengincar pemain tajam tapi budget pas-pasan bisa mulai PDKT nya ke 7 pemain di atas.

3. Serie A Italia sebagai liga yang terkenal defensif justru menyumbangkan 4 pemainnya sebagai yang tertajam di Eropa. Sementara English Premier League menyumbangkan 2, disusul Bundesliga Jerman dan Ligue 1 Perancis masing-masing 1 saja. Sementara La Liga Primera Spanyol malah 0.
4. Tidak adanya Messi dan CR7 di daftar ini tentu saja menjadi kontroversi tersendiri. Tentu saja, seorang pemain dinilai terbaik tidak hanya dari kontribusi mencetak golnya saja, tapi banyak faktor lainnya juga. Tapi kalau kita LIAT DATA, maka jelas..dua pemain tersebut bukanlah yang tertajam di musim ini. Supaya tidak penasaran cek di link kita di https://asbotik.blogspot.com/2020/05...ng-tajam.html

Kalau ada hal menarik lain yang terlewatkan dari data ini, silakan taruh di comment, nanti coba kita bahas juga...OK!!
Sampai jumpa, guys!

profile-picture
yuki26 memberi reputasi
Diubah oleh nunuque


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di