CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Hardware Review Lab /
Uji Macbook 2010 di tahun 2020 !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec7282d65b24d26e15863d6/uji-macbook-2010-di-tahun-2020

Uji Macbook 2010 di tahun 2020 !

Uji Macbook 2010 di tahun 2020



Uji Macbook 2010 di tahun 2020 !

Sesuai judul diatas di kesempatan kali ini saya akan melakukan uji kemampuan sebuah laptop Macbook mid 2010 di tahun 2020.

Berikut spesifikasi lengkapnya :

https://everymac.com/systems/apple/m...010-specs.html

Sebelumnya Macbook keluaran mid 2010 yang saya pakai ini sudah tidak digunakan lagi dan tergeletak di gudang. Kondisinya sudah sangat memprihatinkan, berdebu, backpanel karetnya terkelupas, dan ada beberapa goresan dan retak usia.

Saya ingat ketika terakhir melihatnya “hidup” sewaktu dipakai oleh salah satu staff di kantor yaitu sekitar tahun 2015-2017 sebagai inventaris untuk mengelola data stok di gudang. Setelah itu entah kenapa tidak dipergunakan lagi dan tersiar kabar bahwa Macbook ini mengalami kerusakan dan padam (game over).

Tepatnya di awal tahun 2020 kemarin saya temukan kembali Macbook ini. Kemudian saya coba untuk membersihkannya terlebih dahulu dan membongkarnya, ternyata di bagian dalam (jeroannya) masih cukup bagus keadaannya. Satu hal yang saya temui adalah kondisi HDDnya yang sudah di upgrade menjadi 1 TB yang sebelumnya hanya 320 GB.

Setelah proses pembersihan selesai, saya mencoba mengisi daya battery dan menghidupkan Macbook ini dari tidur panjangnya. Beberapa kali saya coba namun gagal. Namun setelah beberapa kali saya coba akhirnya Macbook ini berhasil booting dan hidup !

Setelah hidup, saya coba untuk membersihkan data dan merapikan data yang berantakan di Macbook ini dan mengupdate OS, beberapa software, dan firmware yang masih bisa diupdate.

Akhirnya Macbook keluaran mid 2010 sudah bersih dan terupdate semua sofwarenya dan bisa digunakan kembali dengan lancar di tahun 2020.

Berikut link video pengujiannya :



Kesimpulan pribadi dari saya :

Kelebihan :

Untuk kebutuhan ringan seperti Microsoft Office, browser, mendengar music, menonton film sudah bisa dipastikan lancar jaya.

Layar 13.3”nya juga memiliki kualitas warna serta ketajaman yang masih sangat bagus.

Keyboard dan trackpadnya masih sangat enak dipakai, walaupun tidak ada backlit. (Dibanding keyboard dan trackpad laptop Windows keluaran tahun 2010 yang lain pasti sudah ... *)


Kekurangan :

Untuk kebutuhan produktifitas seperti Adobe Photoshop CC 2015 dan iMovie 09 sudah mulai agak berat karena masih memakai storage HDD yang lambat.

Storage HDD wajib diganti menjadi SSD dan mentok di teknologi sata 2 (3 GBps).

Kualitas speaker built in cukup jelas dan bagus tetapi tidak sekuat suara speaker built in laptop jaman now. Jadi memakai headset atau speaker tambahan jadi solusinya.


Demikian hasil pengujian pribadi dari saya dan semoga informasi ini berguna. Apabila ada kesalahan mohon dikoreksi dan dimaafkan ya gan. Terima kasih.



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di