CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
12 Istri Nabi Muhammad SAW
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec6a336c0cad7064e164f9d/12-istri-nabi-muhammad-saw

12 Istri Nabi Muhammad SAW

12 Istri Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW adalah salah satu Nabi dan rosul sekaligus Nabi dan rosul penutup atau terakhir, beliau adalah salah satu pemimpin yang adil dan bijaksana dan menjadi pedoman bagi seluruh mahluk di muka bumi.

Nabi Muhammad, pernah menikahi 12 perempuan dalam semasa hidupnya dengan alasan yang baik bukan dengan alasan hawa nafsu.

Nabi Muhammad sangat menyayangi dan mencintai semua istri nya, istri pertamanya adalah Khodijah RA, beliau adalah orang pertama yang mengakui ke rosulan Nabi Muhammad dan juga istri pertamanya.

Selain khodijah RA, Nabi Muhammad pernah menikah 11 perempuan dengan alasan baik, berikut ini Nama nama isteri rosul, Umur, keturunan serta alasan nabi menikahinya.

1. Khodijah binti khuwallid RA.

Khodijah adalah istri pertama yang di nikahi nabi Muhammad pada tahun 595 di kota mekah ketika itu Rosulullah berumur 25 tahun dan nabi berumur 40 tahun.

Khodijah adalah seorang janda karena di tinggal wafat oleh 2 suaminya yaitu Abi haleh Al Tamimy dan Oteaq Almakzomy.

Khodijah dan Rosul di karunia Anak laki-laki dan perempuan akan tetapi wafat nama anak laki-laki nya adalah Al Qosim dan Abdullah sedang kan nama anak perempuan nya adalah Zainab, Roqoyyah, ummu Kultsum dan Fatimah.

Alasan Nabi Muhammad menikah khodijah adalah cinta pertama rosul dan orang yang pertama mengakui ke rosulan Nabi.

2. Saudah binti Zama'a RA.

Saudah binti Zama'a adalah istri kedua rosul setelah wafatnya khodijah di nikahi rosul pada tahun 631 Masehi ketika saudah berumur 35 tahun.

Suadah adalah seorang janda yang di tinggal wafat suaminya yang bernama sakram bin Amr' bin abdi syams yang ikut berhijrah ke Kota Habsyah atau sekarang Etophia.

Suadah dan Nabi Muhammad SAW tidak mempunyai anak dari pernikahan nya.

Alasan Nabi Muhammad menikahi suadah ialah menyelamatkan nya dari ke kafiran akibat suadah menjadi dan latar keluarga nya adalah kafir, dan takut saudah di nikahi oleh laki-laki kafir.

3. Aisyah Binti Abu Bakar RA.

Aisyah adalah istri ketiga Nabi Muhammad , aisyah adalah anak dari sahabat rosul yaitu abu bakar yang di nikahi saat aisyah berumur 6 hingga 9 tahun tetapi tidak dalam satu rumah melainkan setelah aisyah cukup umur.

Aisyah di nikahi nabi Muhammad pada bulan Syawal tahun ke 11 ke Nabian atau setelah setahun menikahi istri ke 2 yaitu saudah atau dua tahun dan lima bulan setelah Hijriyah.

Aisyah dan Nabi Muhammad tidak mempunyai keturunan atau anak.

Alasan Nabi Muhammad menikahi Aisyah ialah untuk mendekatkan hubungan keluarga dengan keluarga Abu Bakar karena Abu Bakar adalah salah satu seorang sahabat Nabi dan khalifah pertama setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.

4. Hafsoh binti Umar bin Khattab RA.

Hafsoh adalah istri ke empat rosul setelah aisyah, hafsoh adalah anak dari sahabat rosul yaitu Umar bin Khattab. Beliau menikahi putri Umar bin Khattab pada tahun ke 3 Hijriah setelah perang Badar selesai.

Hafsoh adalah seorang jandan dari suaminya yang telah wafat dalam perang Badar yang bernama Khunais bin Hudzaifah.

Hafsoh dan Nabi tidak mempunyai anak dan keturunan.

Alasan Nabi Muhammad SAW menikahi Hafsoh ialah untuk menghormati suaminya yang wafat dan menghormati ayah nya yaitu sahabat nabi Muhammad Umar bin Khattab yang nanti akan menjadi khalifah setelah Nabi wafat.

5. Zainab binti Khuzaimah RA.


Zainab adalah istri ke lima setelah Hafsoh dan seorang janda karena di tinggal suaminya yang wafat dalam perang Uhud yang bernama Abdullah bin Jhasi.

Zainab di nikahi Nabi Muhammad pada tahun ke 4 Hijriah dan tidak mempunyai anak dan keturunan.

Alasan Nabi Muhammad menikahi Zainab ialah sebagai tanda penghormatan kepada suaminya yang wafat berjihad.

Namun tidak lama setelah menikah dengan Nabi Muhammad Zainab meninggal dunia setelah umur pernikahan nya 2 sampai 3 bulan.

6. Ummu salamah Hindun binti ummayah RA.

Ummu Salamah adalah istri ke emam rosul setelah Zainab yang wafat , Ummu adalah seorang janda dari suaminya yang bernama Abu ummayah dengan meninggalkan 2 anak laki-laki dan 2 anak perempuan.

Ummu Salamah di nikahi Nabi Muhammad pada tahun ke 4 Hijriah dan tidak mempunyai anak atau keturunan.

Alasan Nabi Muhammad menikahi Ummu Salamah ialah menjaga keluarga dan anak-anak Ummu Salamah.

7. Zainab binti jahsyi bin Doyan RA.

Zainab binti jahsyi adalah istri ke tujuh setelah Ummu Salamah, Zainab binti jahsyi adalah seorang janda yang di cerai oleh anak angkat Nabi Muhammad.

Zainab binti jahsyi dan Nabi Muhammad menikah pada tahun ke 5 Hijriah bulan Dzulhijjah dan tidak mempunyai anak atau keturunan.

Alasan Nabi Muhammad menikah Zainab binti jahsyi ialah atas perintah Allah SWT adalah Alquran Surat 33:37 sebagai petunjuk Allah tentang hukum pernikahan.
Zainab binti jahsyi adalah putri dari bibi Nabi Muhammad SAW.

8. Juwairahiyah binti Al-Harits RA.

Juwairahiyah adalah istri ke delapan Nabi setelah Zainab binti jahsyi , di nikahi Nabi pada tahun Ke 6 Hijriah bulan Sya'ban.

Juwairahiyah adalah Seorang janda dari suaminya yang telah wafat yang bernama Masaefeah ibn saufan.

Juwairahiyah adalah putri Dari al Harits bin dhirar yaitu Pemimpin bani Mustalikyanh pernah bekerjasama dengan pembunuh Rasulullah, tetapi dapat di taklukkan Oleh Nabi Muhammad.


Juwairahiyah kemudian menjadi tahanan perang yang di tahan oleh Tsabit bin Qais bin syimas kemudian di tebus oleh Rasulullah dan di nikahi.

Alasan Nabi Muhammad menikahi juwairahiyah ialah untuk melunakkan hati suku nya agar bisa menerima agama Islam.

9. Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan RA.

Ummu Habibah adalah istri ke sembilan setelah juwairahiyah, ketika di nikahi oleh Nabi Ummu Habibah adalah seorang janda dari suaminya yang bernama ubadillah bin jahsy yang murtad kepada Allah SWT, dan menjadi nasrani dan meninggal di kota Habsyah.

Gak muat semua baca aja langsung dari sumber nya disini aku yang nulis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshi250998 dan 5 lainnya memberi reputasi
asik banget nih tiap jam bisa ganti menu emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
hadimarendram dan ayana233 memberi reputasi
Diubah oleh b0c4h.n4k4l
Lihat 4 balasan
Setrooonggg dijaman nya
profile-picture
yoshi250998 memberi reputasi
Kebanyakan istri nabi dinikahi unt kepentingan dakwah, kyk pengusaha kaya, putri para sahabat & pimpinan kabilah, janda perang, duta negara sahabat & juga wanita cerdas sbg jembatan ilmu bagi para penerus setelah beliau wafat
Lihat 2 balasan
Lemon trees
gak pnya anak bukan berarti gak wik wik kan? emoticon-Wakaka
Bukannya di buku suci maksimal 4 ya?

Selebih itu haram!
Lihat 2 balasan
Alhamdulillah, salah satu berkah bisa menjadi kekasih Tuhan semesta alam.
Berarti seminggu istri pertama minggu kedua istri kedua seterusnya begitu bukan main emoticon-Leh Uga
jadii, mau pake masehi apa hijriyah emoticon-Ngakak
profile-picture
snoopze memberi reputasi
Diubah oleh thomasshelby
jadi pengen main lari lari
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di