CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pohon Kurma Menangis karena Mendengar Dzikir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec647b209b5ca44c83e77a6/pohon-kurma-menangis-karena-mendengar-dzikir

Pohon Kurma Menangis karena Mendengar Dzikir

Pohon Kurma Menangis karena Mendengar Dzikir

Oleh:

 Hassan NH

-

 18/05/2020 - 21:30 WIB



Ramadhan sebentar lagi berakhir. Jadikanlah hari-hari terakhir ini sebagai momentum untuk memperbanyak dzikir kepada Allah. Jangankan manusia, jika dzikir benar-benar diselami, pohon pun merintih karena takut dan cintanya kepada Allah SWT.

Suatu hari, Jabir bin ‘Abdullah Radliyallahu ‘anhu bercerita bahwa ada seorang wanita kaum Anshar berkata kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Wahai Rasulullah, tidakah sebaiknya aku buatkan sesuatu yang bisa baginda pergunakan untuk duduk karena aku punya anak yang pekerjaannya sebagai tukang kayu?”

Mendengar tawaran tersebut, Beliau menjawab: “Silakan bila kamu kehendaki.” Kemudian, wanita itu membuatkan mimbar. Ketika hari Jum’at Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam duduk di atas mimbar yang telah dibuat tersebut.

Lalu batang pohon kurma yang biasanya beliau berkhotbah di atasnya berteriak hingga hampir-hampir batang pohon itu terbelah. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam turun menghampiri batang kayu tersebut lalu memegang dan memeluknya hingga akhirnya batang kayu tersebut merintih dengan perlahan seperti bayi hingga akhirnya berhenti dan menjadi tenang.

Setelah kejadian itu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam berkata:

بَكَتْ عَلَى مَا كَانَتْ تَسْمَعُ مِنَ الذكْرِ

“Batang kayu itu menangis karena dzikir yang pernah didengarnya.” Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dalam kitab Shahiih-nya.

Badruddin al-‘Aini dalam kitab “Umdah al-Qary” (XI/213) menerangkan pelajaran dari hadits ini, yaitu: “Hadits ini mengandung keutamaan zikir, dan mukjizat nyata Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Pelajaran lain, sesuatu yang tidak memiliki ruh, ternyata bisa memahami sesuatu. Hanya saja, hanya saja mereka tidak berbicara laiknya manusia.”

Membaca kisah ini, penulis agak tersentak. Bukan pada titik kemukjizatan Nabi, karena hal itu memang sudah menjadi kelaziman bagi beliau. Tapi, dari sisi bagaimana pohon kurma yang dianggap banyak orang sebagai benda mati, ternyata tidak demikian. Saat mendengar zikir, ia sebenarnya merespons dengan bahasa mereka sendiri.

Bukankah Allah telah berfirman:

تُسَبحُ لَهُ السمَاوَاتُ السبْعُ وَالأَرْضُ وَمَن فِيهِن وَإِن من شَيْءٍ إِلا يُسَبحُ بِحَمْدَهِ وَلَـكِن لا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ إِنهُ كَانَ حَلِيماً غَفُوراً

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.” (QS. AL-Isra [17]: 44)

Mereka juga berzikir, hanya saja manusia tidak paham bahasa mereka. Jika pohon kurma saja bisa menangis lantaran mendengar zikir, lalu bagaimana dengan manusia? Tentu saja, jika manusia memiliki hati yang bersih dan keimanan niscaya akan tersentuh dengan zikir. Al-Qur`an membahasakan:

{إِنمَا الْمُؤْمِنُونَ الذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ} [الأنفال: 2]

“Sesungguhnya orang-orang beriman hanyalah yang apabila disebut nama Allah, maka takut hatinya.” (QS. Al-Anfal [8]: 2)

Rasa takut itu tak jarang bisa mengundang tangis. Bulan Ramadhan yang sebentar lagi berakhir ini menjadi momentum untuk memperbanyak zikir kepada Allah. Sekaligus sebagai evaluasi diri, bahwa terkadang manusia yang punya akal dan pemahaman, masih kalah kualitas dan kuantitas zikirnya daripada tumbuh-tumbuhan dan semacamnya. (Aza)

https://indonesiainside.id/headline/...endengar-zikir


Pohon Kurma Menangis karena Mendengar DzikirPohon Kurma Menangis karena Mendengar Dzikir

Subahenol, DNA mitokondria itu pohon bergetar karena dzikir akhirnya terjadilah penguapan dalam jumlah besar yg berbentuk cairan seperti halnya orang yg sedang menangis

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saeful07 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MUF0REVER
Halaman 1 dari 2
Thread humor kok di BP emoticon-Blue Guy Bata (L)


















emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 4 lainnya memberi reputasi
Patung yang katanya nangis darah juga buanyak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
killthepriest dan 4 lainnya memberi reputasi
munyuk bodoh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 2 lainnya memberi reputasi
jangan goblok ala kadrun terus, katanya malu sebagian daripada iman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 3 lainnya memberi reputasi
Trit troll.. Monggo bacok2an.. Arena sudah disiapkan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 4 lainnya memberi reputasi
Gw baca judulnya aja uda kebahak-bahak

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 4 lainnya memberi reputasi
mau dosa takut ketawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 2 lainnya memberi reputasi
ayo gan muncul ke publik, masa anonymous di kaskus doang? kalah ama bahar bin semit lah ente emoticon-Malu (S)
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kafir mana ngerti hal beginian akakakak
profile-picture
sipit.siput memberi reputasi
Pohon Kurma Menangis karena Mendengar Dzikir

Pohon Kurma Menangis karena Mendengar Dzikir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 2 lainnya memberi reputasi
Nangis nya berek berek ngga tu pohon....


profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
klo nangis ya dibeliin permen ato balon sana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 4 lainnya memberi reputasi
Subhanallah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 2 lainnya memberi reputasi
kenapa nangis ya? heran bukannya harusnya senang ya?
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan MUF0REVER memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pohon Kurma Menangis karena Mendengar Dzikir
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan pertotperbaik memberi reputasi
subhanallah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
slider88 dan MUF0REVER memberi reputasi
TS nya lagi mengalami kegamangan.. mau ikutin agama tapi cuma dianggap doktrin yg bikin gak maju.. mau ikutin science tapi otaknya gak sampe.. bikin thread aja salah kamar.. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 3 lainnya memberi reputasi
bentar lagi pohon kormanya muallaf emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 4 lainnya memberi reputasi
takirain pohon kurmanya nangis gegara dikencingin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wolfzmus dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalau menguap, padahal kondisi disitu panas gersang ... Apa itu tidak membuat pohonnya kemudian menjadi lebih cepat layu dan mati ?
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan MUF0REVER memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di