CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kenang Masa Reformasi, Amien Rais Heran: Mengapa Saya Dulu Begitu Berani?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec63c3a82d4956a1028e10a/kenang-masa-reformasi-amien-rais-heran-mengapa-saya-dulu-begitu-berani

Kenang Masa Reformasi, Amien Rais Heran: Mengapa Saya Dulu Begitu Berani?

Kenang Masa Reformasi, Amien Rais Heran: Mengapa Saya Dulu Begitu Berani?

Suara.com - Politikus senior Amien Rais blak-blakan menceritakan soal proses reformasi pada Mei 1998 silam.

Untuk diketahui, Amien Rais adalah satu dari sejumlah elite yang berbalik arah dari mendukung rezim Orde Baru menjadi lawannya.


Pembalikan arah politiknya itu terjadi setelah gerakan mahasiswa dan rakyat penentang Soeharto semakin membesar dan mendapat simpati banyak pihak.

Amin mengklaim. dirinya dan keluarga sempat mendapat teror dan ancaman selama menyuarakan Reformasi.

Saat-saat menjelang Reformasi itu, Amien Rais mengaku pernah mendapat telepon gelap yang mengancamnya. Mulanya, Amien menantang balik penelepon misterius tersebut.

"Hei, kamu siapa? ke sini saja kalau mau ngomong-ngomong," kata Amien menceritakan di YouTube Refly Harun yang diunggah pada Kamis (21/5/2020).

Namun, nyali Amin Rais goyah ketika penelepon itu mengancam keluarganya.

"Waktu itu saya agak grogi ketika mereka mengatakan 'Hei Amien Rais, saya tahu loh jadwal anak-anakmu sekolah di mana, kapan, nanti kita siram air raksa biar buta dan lain-lain.' Tapi saya berdoa Ya Allah mudah-mudahan enggak," kisah Amien Rais.

Selain itu, Amien melanjutkan, istrinya juga sempat mendapat kabar bohong soal keselamatan Amien Rais.

"Istri saya jam 8 pagi ditelepon bilang 'Pak Amien Rais kecelakaan di Jalan Magelang, meninggal dunia' terus istri saya balas 'Mas, Mas Amien baru saja berangkat ke kampus," kata mantan Ketua MPR ini sambil menertawakan kisah itu.

Rentetan ancaman itu diakui Amien terjadi sekitar setahun sebelum Soeharto lengser dari kursi kepresidenan.

Mengenang ancaman yang sempat menyerang dirinya dan keluarganya, Amien Rais sampai heran dengan dirinya sendiri di masa menjelang Reformasi itu.

"Saya juga kadang-kadang juga mikir mengapa saya kok dulu begitu berani. Saya tidak tahu juga," kata Amien yang kemudian menjelaskan bahwa saat itu dirinya sedang berhadapan dengan birokrasi yang kuat.

"Yang kita hadapi kan sebuah mesin birokrasi, mesin militer, mesin politik yang kokoh. Tidak terbayangkan bisa turun secara konstitusional. Tapi itu meyakinkan saya bahwa rakyat itu memang pemilik kedaulatan sejati," kta Amien Rais.

https://www.suara.com/news/2020/05/2...-begitu-berani

Yang punya keberanian ....mahasiswa dan aktivis
Yang berjuang dari awal.....mahasiswa dan aktivis
Yang jadi korban....mahasiswa dan aktivis.
Yang di garis depan....mahasiswa dan aktivis.
Yang ngaku2 bapak reformasi ....amien rais

Joke yg tidak lucu mbahemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stomap dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Halaman 1 dari 4
krn belum setua skrg..
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:

Entah apaaaa yang mrasuki siii Mbah ...oak...oak...oak... DJ Gagak emoticon-Ngakak
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Mei 1998 gw mau naik kelas 2 SMP waktu itu, gak perduli sama politik. Sibuk belajar biar minimal peringkat 10 besar, Amien Rais tokoh reformasi atau bukan gak penting banget di tahun 2020 emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 4 lainnya memberi reputasi
Suka tidak suka, memang harus diakui. Terlepas dari kebajingan nya, Amien tetaplah Amien.

Orang ini orator ulung 1998, harus diakui
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 4 lainnya memberi reputasi
Ayo Pak Amien bikin partai baru!

Partai Amanah Nasional Demokrasi Edukasi Masyarakat Indonesia

Disingkat PANDEMI.

emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
patra.yosh dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Dia ada diantara "Golkar" dan Mahasiswa. Orang ini punya andil besar, tanpa mengesampingkan faktor2 lain.

suka tidak suka, menang ini faktanya. Sebrengsek brengseknya Amien, Jauh lebih bagus dari wowok yg kabur ke jordania emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 5 lainnya memberi reputasi
percuma skrg ga berani
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:


Ngebacot ulung iya..

Mahasiswa sudah berjuang.
Gedung MPR/DPR sudah berhasil ditaklukkan.

Ini orang baru datang.
Panggil pers dan media.
Ngebacot seolah itu hasil dari pergerakannya. emoticon-Wakaka

Noh Om @n4z1 salah satu saksinya waktu itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Bapak Provokator Nasional....
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
ane mah nyimak komen" aja
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Tema anti-KKN dolo yak dari si mbah Amien Rais.
namun ternyata ndak semudah teorinya yak emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan extreme78 memberi reputasi
berani karena sudah tinggal terima beres
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 3 lainnya memberi reputasi
Tapi itu meyakinkan saya bahwa rakyat itu memang pemilik kedaulatan sejati," kta Amien Rais.

Betul rakyat memang pemilik kedaulatan sejati. Nyatanya pemimpin yg sekarang pun dipilih rakyat juga kan, jadi ya jangan aneh-aneh emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Walaupun sekarang Buzzer Cebong menggiring opini Mbah Amien ini sebagai sosok Sengkuni karena banyak menyerang Rezim Mukidi, tapi tidak dipungkiri kalau Reformasi itu memang salah satu hasil kinerja Mbah Amien!

Kalian para Buzzer Cebong bisa hidup enak saat ini juga karena gebrakan dari Mbah Amien!

Sayangnya, bayaran Buzzer merusak idealis kalian!

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Amien Rais dulu vokal soal ada saham keluarga cendana di Freeport Indonesia....

Soeharto denger terus bilang mulut Amien itu lebih bahaya daripada gusdur...

Lewat tangan Habibie dibungkam itu mulut Amien...

Sempet diem itu orang lama,jiper juga sama Mbah Harto...

Gara2 krismon itu orang muncul lagi...dapet momentum...


Kalo gak ada krismon Amien Rais cuma mas-mas biasa...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 8 lainnya memberi reputasi
di belakang Amien Rais ada Amerika Serikat ... yg bilang Amien Raisin orator ulung + tokoh reformasi munkin saat itu masih netek emaknye emoticon-Leh Uga dia ngga tau klo si Rakus ini diusir mahasiswa bahlan dilemparin botol-botol minuman saat orasi..., orang ini bahkan memprovokasi menuju death trap ke Istana yg disitu si Kivlan Zein sdh bersiap men"tiananmen"kan massa Mahasiswa, untungnya korlap2 Mahasiswa di lapangan sdh tahu hal itu & gak terpancing ...
biar lo tau Drun siapa si Sengkuni Raisin ini emoticon-Imlek emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
taikucingloh dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Entah kenapa dulu ane ngefans ma ni orang
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan bajier memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nebeng perjuangan mahasiswa aja bilang berani emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
loe gak pernah digaplok popor bedil aja lagu bener kong...noh sebelah gue si napitupulu pernah kegaplok popor bedil sama boot aparat.tuh baru berani...tsaah...penumpang gelap reformasi aja belagu kong...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 4 lainnya memberi reputasi
Karena lu dulu bokek mati pun ga mengapa. Kalo skrg kan takut Karena udah ada harta


emoticon-Traveller

Tebak2an basi
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di