CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Sediakan Pelatihan Gratis, Begini Tampilan Situs Prakerja Tandingan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec61a73c8393a5a3a5defe9/sediakan-pelatihan-gratis-begini-tampilan-situs-prakerja-tandingan

Sediakan Pelatihan Gratis, Begini Tampilan Situs Prakerja Tandingan

Sediakan Pelatihan Gratis, Begini Tampilan Situs Prakerja Tandingan

JAKARTA - Program kartu prakerja terus menjadi sorotan. Program yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran itu menjadi polemik setelah diketahui di dalamnya terdapat pelatihan online dengan nilai proyek 5,6 triliun.

Melalui program ini, pemerintah memberikan insentif Rp3,5 juta per orang. Sebesar Rp1 juta di antaranya sebagai biaya pelatihan, Rp600 ribu diberikan per bulan selama empat bulan dan insentif survei Rp150 ribu.

Dalam penyelenggaraan pelatihan kartu prakerja, pemerintah memiliki situs yang harus diakses pendaftar, yakni prakerja.go.id. Ada delapan mitra yang ditunjuk pemerintah dalam pelatihan online. Salah satu di antaranya Skill Academy milik startup Ruangguru.

Baca Juga:

Dalam laman situsnya, Skill Academi menawar banyak kelas pelatihan online. Dari paket pelatihan berbahasa Inggris, cara sukses kerja di masa Corona hingga cara membuat kedai kopi susu dengan modal minim.

Belakangan muncul situs baru dengan nama domain yang mirip dengan prakerja.go. id, yakni prakerja.org. Berbeda dengan prakerja.go.id yang menyediakan paket pelatihan berbayar, prakerja.org menyediakan berbagai kelas pelatihan tanpa biaya alias gratis.

Paket pelatihan yang ditawarkan beragam dengan berbagai kategori antara lain kelas wirausaha dan bisnis. Dalam kelas ini terdapat beberapa tutorial seperti cara ternak ikan cupang, membuat laci dari kardus bekas, kreasi kain perca tanpa mesin jahit.

Adapula kelas pengembangan diri terbaik yang menyediakan tutorial di antaranya cara membuat sistem hidroponik sederhana, contoh interview kerja fresh graduate.

(Baca juga: Sri Mulyani Cairkan Insentif Kartu Prakerja Capai Rp1,6 Triliun)

Prakerja.org juga menyediakan kelas teknologi dan software terbaik yang memberikan materi online tentang pengenalan Adobe Ilustrator, cara instal Windows gratis.

Pengelola situs ini juga menyediakan live training bagi. Adapun materi yang disajikan antara lain training content creator, pelatihan digital yang membahas tentang Google Forms.

Di beranda situsnya, pengelola prakerja.org dengan tegas menyatakan situs yang dibangunnya merupakan bentuk kritik terhadap pemerintah. "Prakerja.org adalah bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program kartu prakerja," tulis pengelola di beranda situsnya.

Pengelola prakerja.go.id juga menegaskan semua informasi yang terdapat di prakerja.org bersifat pendidikan, tidak diperuntukan sebagai keperluan komersial.

"Pemegang hak atas kekayaan intelektual seluruh konten pendidikan dalam Prakerja.org adalah milik masing-masing pencipta konten (author/creator). Dengan demikian, segala bentuk penggandaan dan/atau pengutipan konten menjadi hak dan tanggung jawab masing-masing pencipta konten," tulis pengelola situs tersebut.

Prakerja.org juga menyatakan tidak mengutip biaya apa pun dan tidak menarik keuntungan komersial, serta tidak memberikan insentif apa pun kepada pihak manapun terkait konten yang dipublikasikan melalui prakerja.org.

"Apabila terjadi pendapatan untuk prakerja.org misalnya dari iklan, donasi, ataupun pendapatan lainnya akan dipergunakan seluruhnya untuk pembiayaan operasional prakerja.org," kata pengelola.


Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/...gan-1590030303

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Sediakan Pelatihan Gratis, Begini Tampilan Situs Prakerja Tandingan Mendatang, Indonesia Perlu Menjadikan Sains Sebagai Panglima

- Sediakan Pelatihan Gratis, Begini Tampilan Situs Prakerja Tandingan Wilayah Zona Merah Harus Perpanjang PSBB, Warga Harus Disiplin

- Sediakan Pelatihan Gratis, Begini Tampilan Situs Prakerja Tandingan Syiar Ramadhan, Nusantara Mengaji Gelar MTQ Nasional secara Virtual



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di