CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mungkin Gak sih Oli Mesin Basi Karena Mobil Lama Gak Dipakai
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec6165e09b5ca0f2346e0e0/mungkin-gak-sih-oli-mesin-basi-karena-mobil-lama-gak-dipakai

Mungkin Gak sih Oli Mesin Basi Karena Mobil Lama Gak Dipakai


Diterapinnya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar dan anjuran untuk lebih banyak beraktivitas di rumah karena pandemi virus corona, membuat orang tidak menggunakan mobil mereka untuk bepergian. Mereka hanya memarkir mobil begitu aja di rumah. Membiarkan mobil lama dirumah memiliki dampak positif dan negatif. Positifnya sih biaya untuk bahan bakar jadi bisa dikurangi. Sementara dampak negatif katanya jauh lebih banyak dari positifnya GanSis. Salah satunya masalah pada sistem pelumas.

 Mungkin Gak sih Oli Mesin Basi Karena Mobil Lama Gak Dipakai

Ada yang bilang mobil yang kelamaan gak digunakan akan membuat oli mesinnya menjadi basi. Emang benar ya?

Setelah Ane telusuri, ternyata oli mesin gak bakalan basi atau kadaluwarsa GanSis, meskipun gak mobil gak digunakan dalam kurun waktu yang lama. Katanya usia oli mesin akan berkurang ketika dipakai, karena dia akan terkontaminasi dengan karbon pembakaran. Tapi kalau basi karena gak dipakai itu gak benar GanSis.

Tapi meskipun demikian, membiarkan mobil kelamaan terparkir tetap akan berdampak pada sistem pelumas. Oli mesin yang lama gak dipakai akan menimbulkan penumpukan di bak oli. Kondisi ini dikhawatirkan akan menimbulkan slush atau lumpur. Adanya lumpur akan mengganggu operasional mesin ketika akan dikendarai.

Nah, supaya gangguan tersebut gak terjadi, banyak mekanik menyarankan untuk rutin memanaskan mesin mobil, paling gak 3 hari sekali. Memanaskan mesin mobil dengan teratur bisa melancarkan sirkulasi pada komponen – komponen di dalam mesin. Selain panaskan, kondisi mobil akan jauh lebih baik jika sesekali dikendarai, ya paling gak jalan muter – muter rumah atau komplek aja.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuciank dan 2 lainnya memberi reputasi
Apalagi zaman pandemi skrg, banyak mobil jarang digunakan ya gan
basi mah bahasa mekanik di sini aja, yang bener jadi lumpur. karena pengendapan di ruang mesin, kalo udeh lama gk di pake mendingan ganti oli baru sebelumnya di flush dulu.
Bukan aki nya gan??
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ane juga jarang Pake boil pribadi gaes
bak oli kan memang buat nampung oli, kalau kendaraan lama nggak dipakai pasti hmpir sbagian besar oli engine akan turun ke bak oli walau masih ada sisa di jalur" lubricating.
brkumpulnya oli di bak oli sprtinya nggak ada hubungannya dgn terbntuknya "lumpur", biasanya oli berubah bentuk fisik seperti lumpur atau susu ketika ada kontaminasi dari luar, misal air, fuel, tp kandungan gram akibat keausan yg terlalu bnyak kmungkinan juga bisa mnjadikan fisik oli sprti "lumpur"
cmiiw.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di