CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Cek Komponen ini Jika Mobil Gak Mau Distarter
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec613ef337f93242b26e1b1/cek-komponen-ini-jika-mobil-gak-mau-distarter

Cek Komponen ini Jika Mobil Gak Mau Distarter


Satu hal yang bikin pemilik mobil geram adalah ketika mobil yang ingin dikendarai tiba – tiba gak bisa distarter alias mogok. Nah, kondisi seperti ini sering kali terjadi pada mobil yang minim perawatan. Jika kondisi seperti ini Agan dan Sista alami, kemungkinan besar paling tidak satu dari deretan kompenen ini mengalami masalah.

Cek Komponen ini Jika Mobil Gak Mau Distarter

Kabel – kabel yang terhubung dengan kunci

Tanpa disadari terkadang kabel – kabel yang terhubung langsung ke kunci mobil mengalami masalah. Entah itu ada yang putus atau ada yang lepas. Oleh karena itu pemilik mobil harus memastikan bahwa kabel yang terkelupas tau terputus sudah diperbaiki dan listrik mengalir. Pastikan juga soketnya terpasang sempurna alias tidak kendur.

Dinamo starter

Pada mobil yang sehat, ketika kunci kontak diputar, maka dinamo starter akan memutar roda gila (flywheel) dan menyalakan mesin. Keberadaan dinamo starter membuatmu gak perlu lagi mendorong mobil untuk menyalakan mesinnya. Nah, kalau mesin mobilmu sulit dihidupkan, bagian satu ini bisa kamu curigai sebagai penyebabnya. Salah satu ciri dinamo starter rusak adalah munculnya suara aneh saat mesin dihidupkan.

Altenator rusak

Altenator berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Sehingga jika bagian ini rusak, maka suplai listrik ke aki akan terganggu. Akibatnya aki tidak memiliki tabungan setrum yang cukup untuk menghidupkan mesin. Nah, untuk mengecek apakah alternator bermasalah, kamu bisa menempelkan obeng atau kunci pas ke pulley alternator. Jika obeng atau kunci pas tersebut menempel pada pulley, berarti alternator tersebut masih bagus.

Aki soak

Aki paling sering dikambinghitamkan dalam kasus mobil mogok. Maklum saja, sebab aki adalah sumber utama kelistrikan mobil. Untuk mengecek kondisi aki, kamu bisa menggunakan voltmeter. Tegangan pada aki normal adalah 12,5-12,9 volt. Kurang dari itu, mobil akan sulit distarter.



Post ini telah dihapus oleh KS06
Oke nanti Ane cek
iya biasanya ini. ane paling pertsma ngecek tuh aki sama dinamo starter
profile-picture
kaitokid94 memberi reputasi
sering sering di servis aja gann biar nanti mobilnya lancar hihii
aki soak pengaruh banget sih. harus rajin dicek dah
paling mudah cek aki dulu sih, baru ke perkabelan yg mgkn butuh ngrunut sana sini


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di