CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Beberapa Hal Yang Membuat Tulisan Bisa Berkembang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec60146349d0f6a6b3575d3/beberapa-hal-yang-membuat-tulisan-bisa-berkembang

Beberapa Hal Yang Membuat Tulisan Bisa Berkembang

Hallu para penghuni jagat kaskus kembali lagi bersama ane
emoticon-Betty
Quote:

Akhir-akhir ini ane mulai mulai tertarik ke dunia nulis, entah karena setan apa yang ngebuat ane jadi begini. Mungkin aja gara-garanya ane gabut dan revisian skripsi kagak kelar-kelar pas masa pandemi ini. 

Jujur, nulis merupakan kegiatan yang males ane lakuin dulu. Ane gampang mentok ditengah jalan saat bikin tugas yang formatnya kayak nulis artikel dan jurnal, dan klo udah mentok ya akhirnya jadi copas di sana-sini. Dari situ ane jadi paham kalo ngebuat sebuah tulisan itu butuh effort yang gede, kagak semudah buat status di medsos. Walaupun buat status juga perlu mikir sih emoticon-Hammer

Di saat revisian skripsi ane yang makin lama semakin kagak ada habis-habisnya, entah kenapa ane jadi kepikiran pingin bisa nulis thread, artikel, cerpen, pokoknya hal yang berbau tulis-tulis lah. Dengan modal nekad ane mulai tuh ngidupin lagi thread pertama ane, seribu syukur utungnya kagak diapus ama momod, dan disitulah awal perjalanan ane yang sering bikin thread receh.

Tidak berlangsung lama ane ketahuan tuh ama temen-temen yang punya hobi nulis. Di saat itulah obrolan ane mulai berganti kalo ketemu mereka-mereka, yang biasanya ngobrolin ngalur-gidul tapi sekarang jadi sering hal-hal yang berkaitan dengan nulis. Padahal aslinya seringan ngobrol ngawur emoticon-Hammer

Dari obrolan tersebut ane mendapatkan banyak banget masukan tentang dunia nulis. Nah beberapa masukan tersebut ane rangkum tuh menjadi “Beberapa hal yang membuat tulisan bisa berkembang”, kagak usah berlama-lama yuk cekidot.


Harus ada taget yang tepat
Quote:

Lek awakmu nulis gawe diposting ojo ndelok viewer sek, eleng targetmu sing asli iku belajar. Artinya “kalau lu nulis buat diposting jangan liat viewer dulu, ingat target lo yang asli itu belajar”.Yang ane pahami dari kata-kata temen ane, buat target serealalistis mungkin, soalnya ini adalah modal awal.


Konsisten
Quote:

Ngene lo pik, lek iso kudu konsisten, ojo gelendor. Lek wes kadung gelendor kui angel mulai opo sik mok tinggal. Artinya “Gini lo pik, kalo bisa harus konsisten, jangan gelendor. Kalau udah ngelendor jadi sulit untuk mulai apa yang ditinggalkan”.Yang ane tangkep, sebisa mungkin kita harus konsisten, kalau udah gelendor nanti lama-lama akan jadi males dan sulit untuk mulai kembali kalau udah males.


Banyak membaca
Quote:

Njijal moco’o sing rodok akeh. Biasane kui yo ngebantu. Artinya “Coba baca yang agak banyak, biasanya itu membantu”.Yang ane pahami, ternyata banyaknya reverensi itu mempermudah pembuatan sebuah tulisan.


Berani mencoba
Quote:

Ojo wedi njijal. Artinya “jangan takut mencoba”.Sepemahaman ane, kita kagak usah takut menjoba dan lagi pula kita belum tau hasilnya kan.


Sekian trit gajetod kali ini
Moga bermanfaat, klo kagak ya... Yaudah

Ciayo

Beberapa Hal Yang Membuat Tulisan Bisa Berkembang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arju321 dan 8 lainnya memberi reputasi
Pertamax hanya dongeng emoticon-Leh Uga
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Diubah oleh afx98
kemarin udah nyoba nulis, tapi mentok banget. padahal udah mau 2 halaman wkwkwk
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan afx98 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wahhh keren nih gan bantu banget buat penulis pemula kek ane gini
sukses gan threadnya
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan afx98 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
emg ngerjain apapun tuh pasti consistency is key bgt ya..
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan afx98 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
oc dipraktekan langsung gan
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan afx98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tp emang sih klo cuma dibekali dg berani mencoba dan target keknya gak cukup disitu aja deh. tau sendirilah klo mau nulis tp bekalnya aja belom dapet ya fix bakalan susah sih, makanya klo mau nulis ya modalnya harus demen baca dulu
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan afx98 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tp emang sih klo cuma dibekali dg berani mencoba dan target keknya gak cukup disitu aja deh. tau sendirilah klo mau nulis tp bekalnya aja belom dapet ya fix bakalan susah sih, makanya klo mau nulis ya modalnya harus demen baca dulu
https://www.ayamjuara.com
Adu Ayam Online
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan afx98 memberi reputasi
setujuu banget nulis ngalir aja lah wkwkwk
profile-picture
afx98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kadang sih, jadi kadang emang tulisan serasa mandek gt gak berkembang, twrima kasih gan
profile-picture
afx98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
waa terimakasih tipsnya gan. bermanfaat banget nih bagi yang pengen nulis buku ato diary hehe
profile-picture
afx98 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
nah keren neh
profile-picture
afx98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
konsisten sih yg menurut ane paling susah dipertahanin.. biasanya semangat diawal doang.. ntar ditengah² mulai deh goyah apalagi setelah adanya komentar dr org lain wkwk
profile-picture
afx98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
infonya menarik banget gan bermanfaat banget buat ane dan bisa menginspirasi banyak orang nih buat mulai menulis
profile-picture
afx98 memberi reputasi
semoga aja makin banyak nih tulisan yang bisa dibuat oleh pemuda bangsa jangan mau kalah nih sama orang lainn kita juga pasti bisaa
profile-picture
afx98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Udh nyoba nulis tp blm bener2 ke plot jdnya aneh emoticon-Frown
profile-picture
afx98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yg paling penting tuh banyak2in baca dan konsisten sih gan. dg banyak baca kan bisa nambahin kosa kata dan makin banyak ide tuh. klo nekat nulis doang tp ujung2nya gak konsisten susah jg sih, baru setengah gak mau ngelanjutin lagi
profile-picture
afx98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di