CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec5f2d0337f937bea0af7c9/pengin-tempe-yuk-bikin-ala-handmade-ajah

Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah

Buat Tempe Ala Handmade, yuk!


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


Hai, Sahabat Kaskus .... Apa kabar nih? Selalu sehat dan bahgia, ya. Aamiin. Kali ini ane mau share cara pembuatan fermentasi tempe nih. Ada yang suka tempe kah di sini? Pasti banyak yang suka dengan makanan satu ini ya.


Tempe terdiri dari bahan fermentasi antara campuran ragi dan kedelai. Setelah jadi tempe bisa diolah dengan digulai, digoreng, dibacem, oncom, ditumis, dioseng, dibuat apa saja rasanya enak. Bahkan dimakan mentah juga bisa katanya. Ane sih belum pernah coba. Hehehe.


Tempe atau tempeh sebutan di luar negeri ini. Sangat diadopsi cara pembuatan Indonesia. Tempe ini sangat mahal di Amerika lho. Harga perkilonya mendekati 200000, lebih mahal dari daging dan ayam. Keren, ya. Jadi yang makan tempeh adalah orang kaya. Emm


Berikut ane bagikan cara pembuatan tempe, ya.


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


1. Rendam kira-kira 900 gram kacang kedelai. Masukkan ke dalam air dingin selama 24 jam.


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


2. Sambil diremas dan digosok, buang kulitnya sampai bersih, lalu bilas dengan air bersih.


3. Rendam kembali selama 30 menit hingga 60 menit.


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


4. Rebus di atas api selama 60 menit.

5. Biarkan semalaman dalam air rebusan tersebut.

6. Periksa setiap kacang benar-benar bersih dari kulit dan pastikan sudah terbelah dua.


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


7. Rebus kembali di atas api sedang selama 30 menit.


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


8. Saring sampai tiris dari air, dan biarkan sampai benar-benar dingin.

9. Untuk 900 gram, tambahkan setengah sendok makan ragi tempe (pakai yang halal, ya) dan satu sendok tepung beras berkualitas tinggi untuk hasil lebih baik. Lalu campur bersama kacang kedelai.


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


10. Masukkan bahan dalam kantong ziploc sesuai ukuran selera anda.


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


11. Tusuk sejajar dan berurutan. Bolak balik agar sirkulasi udara masuk dengan sempurna. Sehingga pengembangan jamur berhasil dengan baik.


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


12. Susun di rak dengan dialasi koran. Lalu tutup dengan koran lagi. Bila cuaca tidak dingin, tak perlu ditutup dengan koran.


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


13. Setelah 36 jam, tempe jadi dan siap diolah dan disajikan bersama orang tercinta.


Kita tinggal mengolah sesuai selera,


Disambel pakai kacang tanah


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


Tumis


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


Disambel pakai Pete


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


Digoreng


Quote:



Disambel pakai Kemangi


Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah


Bagaimana, Sahabat Kaskus? Yuk bikin tempe sendiri ajah. Bisa juga dijual ke tetangga lho. Bisnis rumahan yang cocok saat Lockdown seperti ini.


Sekian dulu ya thread sederhana dari ane. Silahkan berdiskusi dengan santun dan santuy.


Belajar Bersama Bisa dan Terima Kasih

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2



Sumber : Opri
Pict By Fb Teman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
annlaska dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh embunsuci
Halaman 1 dari 2
Singgah, Sahabat Kaskus 😊😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wah kayanya enak emoticon-Genit






























klo dibikinin emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
wah pengen tempe jadinyaa nihhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
tempe ya? makanan yg legend bnget tuh. sering kok ane makan tempe mentah. sista cobain dech, enak lho
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Quote:


Ane ga mikir smpe kstu sih, dah kebiasaan dri kecil gan makan tempe mentahemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Wkwkwkk. Boleh boleh sinih yuk

Quote:


Hihi. Yuk cus eksekusi, Sis.

Quote:


Iye kah? Waah kapan kapan ane cuba deh. Penisirin juga nih. Emm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Silahkan dicoba sis, tp jngn bnyak2 dlu klw lom biasa, tar sakit perut lg
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya, ane sering kok. Buat ane yg lahir n besar di desa dah biasa tuh. Tp kalau buat orang yg tinggal di kota n ga biasa mungkin terdengar sedikit ekstrim x makan tempe mentah. Tp yg biasa ane makan dlu masih bener2 asli handmade, dibungkus daun jati gitu n bentuknya jg kecil sebesar telapak tangan anak2 gtu. Low yg sekarang bnyak dijual di pasar2, yg gedhe2 bungkusnya plastik tuh ane lom prnah nyobain sih
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Wuih, samaan berarti yak. Di desa ane banyak yg usaha handmade tempe kaya gitu. Masih lesrari n bertahan smpe skrng
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Di kampung ane jg sist, msh bnyak sawah ma kebun. Rumah masih jarang2. Duh, jd inget kampung, pengen pulkam hehehe.......
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Iya nih, lg ga boleh mudik. Lebaran di perantauan za
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
rumit gan,tp seger neh ada jual online gak? 🤣
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Diubah oleh hard_dick
Lihat 1 balasan
brp biaya produksinya klo pakai ziplock? bisa direuse?
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Amiiiiinnnnnn, semoga za sist
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya gan, amiiiiinnnn
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
krucuk krucuk ini perut
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jualan tempe brayemoticon-Cool
tempeh di jepang masih di produksi
Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Enak juga nasi anj*ng

Pengin Tempe? Yuk Bikin Ala Handmade Ajah
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Jdi kangen tempe goreng bikinan emak emoticon-Mewek









Bata goreng garing emoticon-Bata (S)
profile-picture
makola memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di