CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sopan Santun, Beda Tempat, Beda Negara, Beda Penerapan-nya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec5ef06facb954cb52b5ef4/sopan-santun-beda-tempat-beda-negara-beda-penerapan-nya

Sopan Santun, Beda Tempat, Beda Negara, Beda Penerapan-nya?

Sopan Santun, Beda Tempat, Beda Negara, Beda Penerapan-nya?
Gbr diambil dr : mastijapanese.blogspot.com

Sopan santun, atau manners dlm Bahasa Asing, sekumpulan perilaku yang sederhana namun memberi warna.

Orang yang tidak punya sopan santun, maka akan dipandang tidak baik.

Meskipun dengan beragam budaya dan tradisi, dari satu daerah ke daerah lain akan beda adat budaya-nya. Beda pula pernak-pernik perilaku yang dilabeli sopan santun ini.

Tetapi intinya kurang lebih adalah (tolong koreksi jika salah, dan tambahkan jika kurang), sopan santun adalah :

- Pisahkan yang privat dengan yang publik.
- Hargai/hormati hak orang lain (jangan lakukan apa yang kamu tidak ingin orang lakukan padamu).
- Ringankan beban orang lain, atau berbagi kebaikan (lakukan kepada orang lain, apa yang kamu harap mereka lakukan untukmu).

Contoh sopan santun, seperti mengucapkan salam ketika bertemu, tidak menerobos antrian, memberikan tempat duduk pada yang lebih lemah, menahan pintu ketika tahu di belakang-nya ada orang yg jg hendak masuk, mengucapkan terima kasih ketika mendapat bantuan (sekecil apa pun), tidak membuang sampah sembarangan, dst.

Semuanya bisa dikelompokkan dan ditarik mundur pada tiga hal di atas.

Sopan Santun, Beda Tempat, Beda Negara, Beda Penerapan-nya?
Gbr diambil dr : InnersTalk.com


Secara hakikatnya adalah kemurahan, keadilan dan kebenaran, tapi dipraktek-kan dan dibungkus dalam hal-hal yang paling sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Kenapa saya menuliskan hal remeh temeh seperti ini?

Karena saya sempat merasa malu bukan main, ketika seorang kawan yang datang dari Filipina sempat tercetus bertanya pada saya dengan nada kecewa, "Kenapa orang Indonesia suka saling serobot tanpa peduli kondisi orang sekitarnya?"

Jadi ceritanya teman saya ini sedang hamil usia 5-6 bulan ketika berkunjung ke Indonesia waktu itu.

Saat dia turun dari pesawat, entah tepatnya di posisi mana, penumpang yang turun dari pesawat (asumsinya mayoritas orang Indonesia, karena tujuan, ciri-ciri dan bahasa), saling menerombol, sehingga kawan saya ini kuatir dengan kehamilannya yang sudah cukup besar.

Mungkin ini hal kecil, tapi bagi dia menjadi sebuah kejutan budaya, karena di Filipina, sebagai seorang ibu yang sedang hamil, dia terbiasa diperlakukan dengan lebih baik.

Sopan Santun, Beda Tempat, Beda Negara, Beda Penerapan-nya?
Gbr diambil dr : TribunNews.com


Ketika dalam antrian misalnya, biasanya mereka akan mendahulukan dia. Di dalam bis, jika kehabisan tempat duduk akan ada yang sukarela memberikan tempat duduknya. Dsb.

Beda tempat, beda adat, mungkin itu jawaban-nya.

Atau mungkin kawan saya itu lagi apes ketemu rombongan yang nggak pas, padahal mayoritas penduduk Indonesia itu ramah dan sopan.

Bagaimana dengan kasus yang sempat saya baca di forum ini, ada kebiasaan baru orang yang posting hasil karya orang lain, tanpa lebih dahulu minta ijin pada penulis aslinya, bahkan tidak mencantumkan sumber-nya.

Menurut agan-agan dan sista-sista bagaimana?

Agak susah bagi saya untuk menjawab, karena ketika saya ditanya, sebagian diri saya ikut merasa malu, teringat kadang-kadang saya pun suka terburu-buru turun dari pesawat dan selap-selip menerobos penumpang lain.

Hanya saja sedikit banyak pertanyaan itu jadi pengingat buat saya. Saya berusaha lebih perhatian pada hal-hal kecil dan sederhana seperti menahan pintu untuk orang lain, mengucap terima kasih, lebih perhatian pada orang di sekitar saya, dsb.

ADD:: Supaya berimbang ya, harus TS tambahkan, TS jg masih sering ketemu di jalan, orang yang menunjukkan manners itu tadi.

Tp TS jg ga bisa obyektif ya, mungkin agan2 dan sista2 bisa saling berbagi, sebenarnya Indonesia ini bagaimana sih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lonelylontong
budaya sini kan emang gitu emoticon-Malu
orang sini itu murah senyum walau suka tawuran emoticon-Smilie
Lihat 5 balasan
Dimanapun harus sopan dong
profile-picture
profile-picture
fias17 dan lonelylontong memberi reputasi
Dimana bumi di pijak di situ langit di junjung. emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
fias17 dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dan ketika ada yang salah kemudian di tegur sehalus mungkin, langsung marah marah/gak trima karna malu, ini udah jadi budaya baru
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan lonelylontong memberi reputasi
ane kuliah di amrik los angeles tmn kuliah ane street racer pas ke sini mah thn 99 kaget ngelihat lalu lintas seliweran rebutan gt blom kopaja dan mikrolet,disini ane tunjukin kebolehan ane nyetir dia ampe stress tegang 🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan decodeca memberi reputasi
jangankan beda negara
di lndonesia, sopan santun tiap daerah itu berbeda
misal,

1. orang Batak atau orang Sumatera atau luar Jawa kalau bicara suka to the poin. menurut orang jawa Solo Yogya, itu tidak sopan.
bahkan di tanah Jawa sendiri, orang Solo Yogya tidak suka dengan to the poin-nya orang Banyumasan dan orang Suroboyoan

2. memanggil Daeng ke orang Bugis sangat tidak sopan
(jadi ingat kasus Ruhut Sitompul saat menyapa Jusuf Kalla dengan sebutab "Daeng")
memanggil orang dengan panggilan "mas" dan "mbak" juga tidak disukai oleh orang luar Jawa
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan decodeca memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
kurang sadar etika sama ga sopan itu beda..kalo di sini banyaknya yg kurang etika. tapi sopan2 sih...yg ga sopan dan ga etika sedikit tapi sering...contohnya motor kalo di jalanan. giliran dia yg nyerempet bahayain kendaraan lain langsung kabur. kalo ketangkep nyolotnya paling gede. giliran di serempet liat2 lawannya kalo lawannya cupu nah nyolotnya paling gede. kalo gedean lawannya kiyeb dah tuh...
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
setiap negara ada masyarakat yg bener" sopan tapi ada juga yg bener" ga sopan. dan perilaku mereka sudah jadi budaya.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
orang jepang paling sopan santun, ketemu orang bungkukin badan

rakyat negara berflower +62 santun dari mana? tawuran aja taunya

di bali liat turis bule, ditipu tuh turis

santun bangetemoticon-Cool

rakyat amerika ga santun tuh, kemana2 bawa senjata*pemain GTA emoticon-Leh Uga

penasaran sama rakyat korut kaya apa
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
Kalau seseorang egoisnya gede amat ..., manners cuma akan mengada .. bila ada pamrih di belakangnya. Entah itu yang bersifat "dunia" atau "akhirat".
profile-picture
profile-picture
GaLaORG dan lonelylontong memberi reputasi
Sedih sih sebenernya gan, aslinya ya mannernya Indonesia bagus..
cuman kayanya terjadi reformasi setelah reformasi (millenials dkk)
emoticon-Ngakak
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
makin ke sini makin ilang si budayanya, tapi semoga masih tetep diterapin
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
katanya di Jepang ente ngasih tempat duduk ke orang tua justru diomelin , yang tua merasa terhina , karena di anggap lemah dan merepotkan
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan ushirota memberi reputasi
Quote:


Mending dulu ada pelajaran P4 kali ya gan?

Mestinya ada pelajaran etika di SD, jangan yg mbosenin, tapi dlm bentuk cerita2 dan diskusi.

Quote:


Bisa jadi, krn ga selamanya orang tua suka dimanjain. Justru makin merasa tua.
Quote:


Betul betulll dan yg bagus salah satunya selalu kasih contoh si emang
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Jangankan beda negara, beda desa aja budayanya udah beda. masalah kek gini itu kita yang harus ngalah dan adaptasi sih hhehe


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di