CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
KEGIATAN MENYENANGKAN SELAMA DI RUMAH SAJA.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec5e06a10d2955fc61c75ff/kegiatan-menyenangkan-selama-di-rumah-saja

KEGIATAN MENYENANGKAN SELAMA DI RUMAH SAJA.

Oleh: Sri W

Sesuatu yang pasti di tengah pademi seperti sekarang adalah ketidakpastian itu sendiri. Di mana masih belum ditemukannya vaksin Corona, untuk menghentikan virus ini. Akibatnya segala aktivitas yang menjadi rutinitas setiap hari, dilucuti untuk memutus mata rantai pandemi. Social distancing dengan segala atribut dan tata caranya, marak digaungkan, serta karantina wilayah dan PSBB mulai diberlakukan.

Semua orang, secara sukarela atau terpaksa, harus menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut. Untuk mereka yang bekerja di instansi maupun di perusahaan, Work From Home (WFH) adalah salah satu langkah terbaik dalam meredam pandemi COVID-19. Imbauan ini terdengar menyenangkan, karena mereka tak perlu menghadapi kemacetan di jalanan ketika hendak ke kantor. Lebih santai dan memiliki banyak waktu bersama keluarga di rumah.

Namun, bagi sebagian yang lain, WFH cukup menyulitkan mereka karena berbagai alasan seperti kurangnya penguasaan teknologi. Perubahan suasana kerja. Tidak bertemu atasan dan rekan kerja, menyulitkan mereka untuk berkomunikasi secara langsung dan memutuskan sesuatu, serta berbagai gangguan lain yang didapat selama di rumah, membuat pekerjaan tidak efektif.

Agar WFH bisa berjalan lancar, perlu adanya keyakinan yang kuat dari dalam diri bahwa di manapun pekerjaan itu, akan bisa diselesaikan dengan baik. Faktor pendukung lain adalah membuat aturan bersama keluarga dengan menentukan waktu kerja dan waktu bersama keluarga. Selama bekerja siapapun tidak boleh menganggu hingga batas yang telah ditentukan. Dalam hal ini pengertian istri dan anak-anak sangat dibutuhkan.

Selain mereka yang bekerja, ibu rumah tangga dan juga anak-anak pun, merasakan dampak dari diberlakukan social distancing. Aktivitas belajar mengajar satu arah pun harus mereka hadapi dengan sejumlah tugas dan PR yang berjibun.

Akhir pekan yang menyenangkan, biasanya menjadi rutinitas melepas penat dan kebosanan, kini tak lagi bisa dilakukan di luar rumah dan di tempat-tempat wisata, karena harus terkurung di rumah. Mendapati tiap detik waktu yang bergulir menjadi sesuatu hal yang aneh dan tidak dapat didefinisikan dengan kalender, menimbulkan kebosanan dan juga stres.

Selain hidup bersih dan pembatasan sosial, menjaga imun juga bagian terpenting dalam menghadapi serangan virus ini. Agar imun tubuh tetap bagus, kita harus bisa menjaga mood dan hati agar selalu bahagia. Adapun cara yang bisa dilakukan di rumah selama menghadapi pandemi berakhir adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Piknik Keluarga di Rumah.
Ciptakanlah piknik keluarga di rumah dengan memanfaatkan taman depan atau belakang untuk duduk santai dan makan bersama. Atau bisa juga memanfaatkan ruang keluarga, tidur bareng sembari bercerita tentang pengalaman hidup yang bisa djadilam pelajaran kepada anak-anak.

2. Membaca Buku Cerita
Membaca buku cerita salah satu cara efektif membunuh rasa bosan. Orang tua bisa membeli berbagai buku menarik yang tersedia di online shop untuk diberikan kepada anak-anak atau diceritakan kepada mereka. Kebiasaan ini juga dapat meningkatkan minat baca pada anak-anak sedari dini.

3. Menulis.
Selain bisa mengusir jenuh, menulis juga bisa mengambalikan mood yang sedang buruk. Dengan menulis kita bisa menceritakan pengalaman-pengalaman selama berada di rumah. Berbagi tips bermanfaat dan resep makanan, atau menulis sebuah cerita sebagai pengisi waktu luang.

4. Menonton Film
Orang tua bisa memutar film favorit anak-anak dengan mendesain tatanan ruang keluarga yang nyaman mirip bioskop. Orang tua bisa mencari tontonan streaming atau DVD kisah-kisah nabi, film Dinosaurus dan lain-lain yang menghibur dan mengedukasi anak.

5. Memasak Bersama dan Mencoba Berbagai Resep Baru.
Melakukan kegiatan masak dan mencoba berbagai resep sederhana bersama, bisa menjadi selingan dari rutinitas yang membosankan selama di rumah. Masing-masing anggota keluarga bisa saling membagi tugas dsn mengambil bagian dari kegiatan memasak ini.

6. Melakukan Perawatan Wajah dan Tubuh
Lakukanlah perawatan wajah dan tubuh agar tidak bosan. Anak laki-laki bisa mulai rutin mencuci muka, menggunakan cream wajah atau scrub kaki, yang mungkin jarang dilakukan selama ini. Anak perempuannya bisa menghiasi kukunya dengan inai/pacar agar tidak bosan. Ibu bisa mencoba berbagai masker buatan sendiri yang aman dan alami. Bisa juga dengan melakukan creambath ala-ala salon spa. Suami bisa melakukan olahraga di rumah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

7. Mendengarkan Podcast
Mengisi waktu luang dengan mendengarkan topik yang bermanfaat dan menginspirasi, akan sangat membantu kita dalam pengembangan diri dan menghasilkan karya yang berguna.

8. Menekuni hobi.
Hobi bila ditekuni dengan serius, bisa juga mendatangkan rupiah. Seperti membuat kerajinan dan ketrampilan tangan menjahit, merajut, membuat kue, berkebun atau pun menulis.

9. Berbelanja Online
Untuk menghilangkan kebosanan selama di rumah, kita bisa mengunjungi online shop untuk berbelanja kebutuhan yang diperlukan atau membeli barang diskonan yang bisa menghemat pengeluaran.
Berbelanja online sih kayanya ga cowo ga cewe emang bikin seneng sih yaa walaupun abis itu nangis liat rekening wkwk
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di