CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Peneliti RI Berhasil Ungkap 7 Urutan Genome Corona, Jokowi: Menghasilkan Vaksin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec5aab482d49558e63f4f84/peneliti-ri-berhasil-ungkap-7-urutan-genome-corona-jokowi-menghasilkan-vaksin

Peneliti RI Berhasil Ungkap 7 Urutan Genome Corona, Jokowi: Menghasilkan Vaksin

Peneliti RI Berhasil Ungkap 7 Urutan Genome Corona, Jokowi: Menghasilkan Vaksin
TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memeberikan kabar gembira tentang penelitian virus corona. Ia mengungkap jika peneliti Indonesia berhasil mengungkap tujuh urutan genome lengkap yang sangat berguna untuk pengembangan vaksi Virus Corona.

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi melalui akun Instagram miliknya, Rabu (20/5/2020).

Ia mengatakan saat ini dunia sedang beradu cepat dalam menangani wabah Covid-19.

"Kita harus menjawabnya dengan inovasi dan karya nyata," kata Presiden Jokowi.

Dan melihat besarnya semangat inovasi anak-anak bangsa ini, dirinya optimistis bahwa hal-hal yang dahulu dianggap tak mungkin dan tak terpikirkan, kini bisa dilakukan secara mandiri.

"Saya bahkan berharap lebih jauh, bahwa kita mampu menghasilkan vaksin sendiri," katanya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengungkapkan kegembiraannya terkait hasil penelitian lembaga Eijkman.

"Saya gembira, lembaga Eijkman sudah mendapatkan data mengenai tujuh urutan genome lengkap yang sangat berguna untuk pengembangan vaksin. Saya juga senang komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan Covid-19," katanya.

Untuk itu, diperlukan kerja sama dan kolaborasi erat antarkekuatan anak bangsa.

Menurutnya lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, dunia usaha dan industri, serta masyarakat harus saling bergandeng tangan untuk mewujudkannya.

"Dunia industri harus berani berinvestasi, masyarakat juga mencintai produk-produk dalam negeri, dan kita terus-menerus memperbaiki ekosistem yang kondusif bagi bagi tumbuh dan berkembangnya inovasi dan industrialisasi serta mentalitas bangga kepada produk dalam negeri," katanya.

Menurut Eijkman Amin Soebandrio, Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM), tipe virus corona di Indonesia bermutasi untuk menyesuaikan diri dengan kondisi di sini.

Meski demikian, belum lama ini, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengungkapkan akan mengedarkan serum anti Covid-19 dalam beberapa bulan lagi.

Berdasarkan rapat bersama DPR RI, Bambang menuturkan tengah menggarap serum antivirus corona pada Selasa (5/5/2020).

"Kita juga coba kembangkan serum Anticovid-19 oleh Biofarma, lembaga pemerintah non-kementerian, dan ITB.

Dibutuhkan 2-3 bulan untuk kita bisa mendapatkan serum yang ampuh menghadapi Covid-19,"
ucapnya.

Sementara itu, Bambang juga menyebut bahwa vaksin virus corona di Indonesia akan mulai diproduksi pada awal tahun 2021.

Bahkan Bambang menyebutkan, tengah melakukan uji klinis terhadap sejumlah obat-obatan yang selama ini digunakan untuk menanganai Covid-19 seperti chloroquine dan avigan,
juga uji klinis terhadap terapi plasma darah atau convalescent plasma.
"Saat ini sedang dan sudah dilakukan riset terkait convalescent plasma,

di mana plasma dari pasien yang sudah sembuh," kata Bambang di Graha BNPB, Jakarta, dikutip dari Kompas.com pada Minggu (3/5/2020).

Plasma darah tersebut kemudian diujicobakan untuk diterapi kepada pasien Covid-19 dengan gejala atau kondisi berat.

Dari pengujian yang dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), menurut dia, hasilnya cukup melegakan.

"Namun tentunya riset ini harus dilaksanakan pada skala yang lebih besar.

Oleh karena itu BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) bekerjasama dengan Kemenkes akan melakukan riset yang lebih besar lagi,

melibatkan beberapa RS di daerah untuk mengembangkan convalescent plasma ini," kata dia.

Berbagai upaya tersebut dlakukan untuk meningkatkan kesembuha Covid-19 di Indonesia.

Terlepas dari itu, per tanggal 6 Mei 2020, jumlah pasien sembuh dari corona tela mencapai 2.197 orang. (*)

https://manado.tribunnews.com/2020/0...aksin?page=all

Nah... Ini mantab emoticon-2 Jempol


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
devilkillms dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries3.0
Halaman 1 dari 2
Prestasi gw klaim
owwee
Ini kok mulai kebanyakan ngasih php, kayak trump. Mending gaya jinping, keputusan mantap tidak plin plan
Alhamdulillah.

Ironisnya mendengar berita gembira untuk bangsa Indonesia ini, kadrun di Pertamax malah kelojotan.

Aneh. Apakah kadrun tidak senang dengan temuan ini dan tidak senang jika kemudian diproduksi vaksin di negeri sendiri???

Astaghfirullah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
klise... di negara lain juga ngomongnya bakal ada vaksin dalam "beberapa bulan"emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
regexp27 dan crockoaches memberi reputasi
terlalu php sementara tangan kiri menaikkan bpjs ga mikir banyak yg diphk, gak kasian dgn rakyat sendiri

ane melihatnya cuma meredakan suasana dgn memberi harapan² yg susah terjadi biar masyarakat tenang
Nah klo ilmiah gini kan enak dengernya,ada plasma darah,avigan dsb. Jangan nasi kucing,ijin nya susah,merek mobil lah dsb..emoticon-Traveller
profile-picture
LordFaries3.0 memberi reputasi
anggaran kemristeknya d pangkas, mintanya banyak.
seperti biasa masih aja ngegampangin bisanya.
klo segampang itu bikin vaksin, negara lain udah punya duluan kali. lol
profile-picture
crockoaches memberi reputasi
Baguslah bsa bikin vaksin sendiri emoticon-Nyepi
profile-picture
LordFaries3.0 memberi reputasi
Php lagi kah ??
Lihat 1 balasan
Udh bnyak malah yg nyampe uji klinis dan blom berani janji janji sorgaemoticon-Leh Uga
profile-picture
crockoaches memberi reputasi
astajim
ternyata jokowi adalah elite global
antek wahyudi mamarika remason illucinati kontrasepsi
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
loh bukanya indonesia sudah paten kan vaksinya?
cajupit oil itu??
gimana sih? ni rejim
emoticon-Ngakak
Made in Indonesia

Entah kenapa sy jd ragu kualitasnya, mungkin kerana minyak angin cap corona

emoticon-Berduka (S)
profile-picture
crockoaches memberi reputasi
Lihat 1 balasan
meghasilkan bersin
kita liat gimana hasilnya
#JokowiKingofPrank









SELAMAT DATANG DI ERA NEW KODOK emoticon-Selamat
profile-picture
crockoaches memberi reputasi
Omongan dan kenyataan selalu jauh berbeda emoticon-Stick Out Tongue
bukan nga seneng vaksin nga ketemu cuma pklah otak

america aj segitu maju nya masih belum ketemu
masa mau di samain sama yg ngaku nasi kucing,empon empon jd obt kolorna

fanatik buta bgt cebong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eltosicu3 dan 2 lainnya memberi reputasi
Percayakan saja kepada Pak Jokowi.
Pandemi ini akan cepat berakhir.
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan regexp27 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Vaksin paling cepet development nya di dunia rekornya utk penyakit gondok, taun 60-an
Butuh 4 taun sampe jadi fully-approved vaksin yg terbukti aman dan ampuh

Zika, dr 2016 baru 2018 jd sampel vaksin utk clinical testing
Butuh 24 bulan

Ada proses yg gabisa di skip dan mutlak butuh waktu dlm bikin vaksin ataupun obat penyakit apapun
Yg jelas tes efek samping, krn efek samping ada yg jangka pendek dan jangka panjang (1-2 taun baru muncul)
Itu salah satu yg mutlak butuh waktu

Optimis boleh, bangga silakan
Tapi jangan php
Realistis dulu lah
Who aja blm berani klaim kpn keluar vaksin buat covid, baik utk yg fully tested&approved ataupun utk emergency use
profile-picture
dispenserr memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di